Virus corona bukan hanya menyerang banyak pasien di dunia. Keganasannya berhasil buat harga minyak dan emas terjun bebas.

Cek berita lengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Harga Emas dan Minyak Terjun Bebas

Setelah sempat naik dan bahkan berada di jalur tertingginya selama lima bulan terakhir ini, harga emas malah dilaporkan melorot.

Akibat dari masifnya penyebaran wabah virus corona, harga saham sempat dibuat turun karena investor beralih pada emas dan logam mulia yang dinilai sebagai aset aman atau safe haven.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa harga emas di pasar spot global naik ke 0,75 persen menjadi US$1.585,8 per ounce, dan mengalami kenaikan hingga 4 persen, yang mana menjadikannya berada di jalur terbaiknya sejak bulan Agustus kemarin.

Emas berjangka di AS juga dilaporkan naik sebesar 0,1 persen menjadi US$1.590,8 per ounce.

Sedangkan dilaporkan dari laman cnbcindonesia.com, mengawali perdagangan minggu ini, Senin (03/02) harga emas malah turun sebanyak 0,46% ke level US$1.582,6/troy ons.

Meski dilaporkan mengalami penurunan, tapi emas masih berada di rentang level tertingginya selama lima bulan terakhir.

Bernasib serupa dengan emas, harga minyak mentah dunia dilaporkan menurun pada perdagangan pekan kemarin, Jumat (31/01).

Penurunan yang terjadi dalam empat minggu berturut-turut ini juga disebabkan karena meningkatnya kekhawatiran pelemahan dan ketidakstabilan kurva ekonomi akibat wabah virus corona.

Virus Corona Makin Ganas, Minyak dan Emas Terjun Bebas 02

[Baca Juga: Lakukan 5 Langkah ini Agar Tidak Tertular Virus Corona]

 

Mengutip laman cnnindonesia.com, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Maret anjlok 13 sen menjadi US$58,16 per barel.

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman bulan Maret turun sebanyak 58 sen ke level US$50,97 per barel.

Sementara itu, virus corona dilaporkan semakin buas. Per Senin (03/02) hari ini, dilaporkan bahwa total kematian di Provinsi Hubei mencapai 56 orang dengan total kasus yang tercatat hingga hari ini menjadi 16.000-an kasus.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), melakukan beberapa upaya pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia. Jokowi menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri dan kepala lembaga membahas virus corona di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (02/02) kemarin.

Dari rapat tersebut dihasilkan enam poin yang terdiri dari:

  1. Memulangkan total 243 orang WNI dan 5 Tim Aju dari Wuhan. Mereka dilaporkan akan melalui masa observasi selama 14 hari, yang akan melibatkan 42 tim penjemput WNI dari Wuhan.
  2. Menteri Kesehatan bersama dengan tim akan membuka kantor di Natuna, yang mana akan diberikan update perkembangan dari waktu ke waktu.
  3. Menutup penerbangan langsung dari dan ke Mainland China mulai hari Rabu (05/02), pukul 00.00.

  1. Semua pendatang yang datang dari China dan sudah berada di China dalam kurun waktu 14 hari, tidak diizinkan masuk dan melakukan transit di Indonesia.
  2. Memberhentikan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrivals untuk warga negara Republik Rakyat Tiongkok yang bertempat tinggal di mainland
  3. WNI untuk sementara dilarang melakukan perjalanan ke mainland

 

Sobat Finansialku, Finansialku membutuhkan bantuan Anda untuk sama-sama mengulurkan tangan, bergotong royong dalam membantu saudara-saudara kita yang ekonominya terdampak langsung oleh virus corona.

Mereka tidak bisa hidup tanpa bantuan kita!

Oleh karena itu, mari kita tanggalkan ego, bersama-sama membantu meringankan beban mereka dengan memisahkan sebagian kekayaan kita untuk berdonasi bersama Finansialku. Tekan tombol di bawah ini, terima kasih!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Dinamika masih terus jadi sorotan seiring dengan menyebarnya virus corona ke berbagai negara di dunia. Terus pantau berita terbaru dunia dan financial news lainnya di finansialku.com!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2 Februari 2020. Setop Penerbangan RI-China, Ini 6 Perintah Jokowi Soal Corona. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2uhtTVA
  • Wangi Sinintya Mangkuto. 3 Februari 2020. Corona Makin Mematikan, Korban Tewas Kini 361 Orang. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2Sbxnkt
  • Admin. 3 Februari 2020. Virus Corona Buat Harga Minyak Anjlok. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2SbQtHo
  • Tirta Citradi. 3 Februari 2020. Virus Corona Makin Ganas, Harga Emas Malah Melorot. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/36VzFto
  • Yazid Muamar & Irvin Avriano Arief. 3 Februari 2020. Corona Bikin Cemas, Siap-Siap Harga Emas Melesat Lagi. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2vL75hA

 

Sumber Gambar:

  • Minyak Emas dampak Corona 01 – http://bit.ly/2ShqiPm
  • Minyak Emas dampak Corona 02 – http://bit.ly/2OlcMsM