239 Ilmuwan di dunia kompak sebut virus corona menular lewat udara, dan meminta WHO untuk revisi rekomendasi covid-19!

Ketahui informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Ilmuwan Temukan Bukti Virus Corona Menular Lewat Udara, Apa Kata WHO?

Total 239 peneliti yang tersebar dari 32 negara menggegerkan masyarakat dunia setelah mereka meminta WHO untuk revisi peraturan terkait Covid-19.

Hal ini dikarenakan ternyata virus corona menular lewat udara dalam partikel kecil.

Para ilmuwan ini menyatakan kalau mereka berhasil mendapatkan bukti terkait klaim tersebut yang akan dirilis dalam jurnal yang akan dipublikasikan pekan depan.

Virus corona ini menyebar lewat udara, baik dari percikan dalam jumlah besar yang biasanya terjadi setelah pasien bersin.

Selain itu, bisa juga menyebar lewat partikel yang lebih kecil yang bertahan di udara di dalam ruangan, yang bisa menular saat seseorang menghirup napas, sebagaimana dikutip New York Times, Sabtu (04/07), melalui laman merdeka.com, Senin (06/07).

 

Partikel ini dikenal dengan sebutan aerosol yang punya kemampuan untuk terbang sejauh puluhan meter, dan mampu mencapai orang yang jaraknya 1,8 meter.

Bukan cuma itu, aerosol ini juga diklaim bisa berada di udara untuk waktu yang lama.

Salah satu bukti yang menjadi dasar dari klaim para ilmuwan ini adalah korban Covid-19 ini selalu bertambah di seluruh dunia dari tempat-tempat ramai.

Tempat-tempat yang disebutkan, seperti restoran, bar, kantor, pasar, hingga kasino.

Lebih lanjut ditulis News York Times, apabila penularan Covid-19 melalui udara ini merupakan faktor penting dalam pandemi ini, terutama di ruang ramai dengan ventilasi yang buruk, konsekuensi penanganan yang tepat ini menjadi yang terpenting.

239 Ilmuwan Kompak Bilang Virus Corona Menular Lewat Udara! 01

[Baca Juga: Finansialku Podcast Eps 60 – Virus Corona dan Investasi Saham]

 

Maka masker diperlukan di dalam ruangan, bahkan ketika orang-orang yang ada di dalam ruangan menerapkan praktik jaga jarak aman.

Bukan cuma rakyat non-medis, tapi juga petugas medis diwajibkan untuk memakai masker N92 yang bisa mencegah partikel terkecil ketika mereka merawat pasien Covid-19.

Begitu pula dengan sistem ventilasi di sekolah, rumah jompo, rumah tinggal, dan perkantoran harus mulai meminimalkan perputaran udara.

Selain itu, diperlukan juga penambahan sistem saringan udara serta sinar ultraviolet yang bisa membunuh partikel virus yang mengambang di udara dalam jumlah kecil di ruangan tertutup.

 

Sementara, dalam kesempatan berbeda, juru bicara WHO, Tarik Jasarevic mengatakan kalau pihaknya sudah mengetahui klaim para ilmuwan mengenai virus corona yang menular lewat udara.

“Kami mengetahui artikel itu dan sedang meninjau isinya dengan pakar teknis kami.” Katanya, dikutip laman republika.co.id, Senin (06/07).

Kepala Teknis Pencegahan dan Penularan Penyakit WHO, Dr. Benedetta Alegranzi juga menambahkan hal ini sudah menjadi pembahasan panas sejak beberapa bulan lalu.

“Terutama dalam dua bulan terakhir, kami sudah berulang kali mengatakan bahwa kami mempertimbangkan penularan lewat udara tapi itu tidak didukung dengan bukti yang kuat dan jelas.” Katanya kepada New York Times melalui laman merdeka.com, Senin (06/07).

 

Sebagaimana kita ketahui, hingga saat ini WHO masih mengklaim kalau virus corona hanya bisa menular lewat dua cara, yaitu droplets, dan permukaan barang yang terkontaminasi, meski sempat diingatkan oleh 36 pakar pada April lalu, kalau Covid-19 punya kemungkinan bisa menular lewat udara.

Kala itu, WHO memang langsung mengundang Lidia Morawska, sang pemimpin dari kesatuan 36 pakar tersebut.

Sayangnya, diskusi ini tidak menghasilkan keputusan yang baik. Beberapa ahli yang juga diundang hadir oleh WHO mengatakan kalau Covid-19 bukan airbone.

Sementara itu, penyebaran Covid-19 di seluruh negara sudah mencapai 11.327.790 per Senin (06/07) kemarin.

Adapun di Indonesia, jumlah kasus positif sudah mencapai angka 64.958 pasien yang positif, dengan 29.919 pasien yang sembuh, dan 3.241 total pasien meninggal dunia.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Tetap di Rumah

Sobat Finansialku, meski new normal telah diberlakukan di Indonesia, bukan berarti kita bisa seenaknya keluar rumah tanpa ada keperluan yang mendesak.

Mari tetap diam di rumah, melakukan kegiatan di rumah, apabila masih bisa dilakukan di rumah.

Untuk Sobat Finansialku yang terpaksa harus berkegiatan di luar rumah, Finansialku tidak pernah akan bosan mengingatkan untuk tetap melakukan protokol kesehatan yang diwajibkan.

Finansialku berharap, kita semua tetap ada di lindungan Tuhan YME dan sehat selalu sampai garis finish nanti.

 

Lakukan Hal Baik Di Tengah Situasi yang Menakutkan

Sobat Finansialku, pandemi Covid-19 sepertinya belum terlihat kesudahannya. Oleh karena itu, belum ada kata terlambat bagi kita untuk membantu saudara-saudara kita yang tengah berperang dengan virus corona.

Sobat Finansialku bisa mendonasikan sebagian harta untuk membantu meringankan beban mereka bersama Finansialku, dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Berapa jumlahnya, kami sangat berterima kasih atas kebaikan dan kepedulian Anda. Semoga, donasi ini akan memberikan senyuman mereka kembali dalam menjalankan hidup!

 

Apakah Sobat Finansialku setuju dengan klaim para ahli mengenai virus corona yang bisa menular lewat udara? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikan permasalahan ini bersama rekan dan keluarga dengan membagikan berita Finansialku melalui pilihan platform yang tersedia. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Thea Fathanah Arbar. 06 Juli 2020. 239 Peneliti Klaim Virus Corona Menyebar di Udara, Kata WHO?. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3gwFAdG
  • Pandasurya Wijaya. 06 Juli 2020. 239 Ilmuwan Simpulkan Virus Corona Menular Lewat Udara, Desak WHO Revisi Penanganan. Merdeka.com – https://bit.ly/2ZIxxnk
  • Admin. 06 Juli 2020. Ratusan Ilmuwan Sebut COVID-19 Menular Lewat Udara. Viva.co.id – https://bit.ly/3iE4D08
  • Sefti Oktarianisa. 06 Juli 2020. Ratusan Peneliti Sebut Ada Bukti Corona Menyebar di Udara. https://bit.ly/2ZMDhMT
  • Admin. 06 Juli 2020. Corona Disebut Menular Lewat Udara, WHO Didesak Revisi Aturan. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3gD0PdX
  • Idealisa Masyrafina. 06 Juli 2020. Ilmuwan Sebut Virus Corona di Udara Bisa Menginfeksi. Republika.co.id – https://bit.ly/3iBwQEX
  • Admin. 05 Juli 2020. Ancaman Serius! Ilmuwan Sebut Virus Corona Menular Melalui Udara. International.sindonews.com – https://bit.ly/2DhHUHb
  • Admin. 06 Juli 2020. Data Sebaran. Covid19.go.id – https://bit.ly/31SzWP6

 

Sumber Gambar:

  • Corona 01 – https://bit.ly/3e9eYOa
  • Corona 02 – https://bit.ly/2DhGBrK