Waralaba Martabak: Siapa sih yang tidak suka martabak? Saking terkenalnya, kini bisnis martabak sudah merambah ke waralaba loh!

Bisnis ini ternyata terus berkembang dari bisnis rumahan hingga ke waralaba yang mendunia. Mau jadi juragan martabak juga?

Yuk simak syarat dan harga waralaba martabak berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Bagaimana agar Sukses Berbisnis Waralaba Martabak?

Mau berbisnis waralaba martabak? Pastinya setiap pebisnis yang hendak memulai bisnisnya memiliki satu tujuan, yakni sukses. Siapa sih yang mau memulai bisnis tanpa ada harapan untuk sukses.

Nah, oleh karena itu Anda perlu memastikan beberapa hal sebelum memilih sebuah bisnis waralaba dan mulai menjalankannya.

Pertama-tama yang perlu dipertimbangkan tentunya modal. Sama seperti bisnis pada umumnya, Anda perlu mempersiapkan lokasi, peralatan dan inventory untuk memulai bisnis waralaba (franchise). Lalu dimanakah perbedaan bisnis sendiri dan bisnis waralaba?

Dalam bisnis waralaba, umumnya Anda juga perlu membayar franchise fee dan royalty and advertising fee sebagai pengganti dari biaya training, prosedur, serta pemasaran yang sudah disiapkan oleh franchisor (penyedia waralaba).

Dengan demikian, dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memulai sebuah bisnis waralaba.

Ada banyak cara untuk mempersiapkan modal berbisnis waralaba, misalnya saja dengan bantuan franchisor, pinjaman dana tradisional, dana dari Franchise Financing Company, hingga dana pribadi.

Untuk menentukan pembiayaan yang tepat, tentunya Anda perlu tahu kapan Anda bisa membeli bisnis waralaba dengan kondisi keuangan Anda saat ini.

Quiz Ketahui Tipe Kepribadianmu Saat Menyimpan Uang Di Dompet 02 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Untungnya, semua itu kini lebih mudah dengan adanya aplikasi Finansialku. Anda bisa menghitung berapa dana yang harus disimpan atau diinvestasikan setiap bulannya hingga seluruh dana terkumpul.

Pertama-tama, log in ke dalam aplikasi Finansialku yang sudah Anda download tadi. Ada kode voucher POTONG50RIBU lho!

Kemudian Anda bisa masuk ke fitur “Kalkulator Dana Membeli Barang” dalam menu “Rencana Keuangan” di aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa biaya yang perlu dikumpulkan setiap periodenya demi memperoleh modal beli waralaba.

Caranya, masukkan seluruh informasi yang dibutuhkan seperti berikut ini:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih Dana Membeli Barang.
  3. Masukkan nama barang yang akan Anda beli
  4. Masukkan harga barang saat ini.
  5. Masukkan berapa lama lagi Anda akan membeli barang tersebut, contoh 1 tahun lagi, 2 tahun lagi dan seterusnya.
  6. Masukkan dana atau uang yang sudah Anda miliki saat ini.
  7. Masukkan data inflasi atau kenaikan harga barang tersebut (satuan persen % per tahun).
  8. Masukkan estimasi hasil investasi: perkiraan hasil investasi setiap tahunnya (dalam satuan persen % per tahun) ke dalam “Kalkulator Dana Membeli Barang”, kemudian klik “Hitung”.

 

Mari melihat contoh perhitungannya sebagai berikut:

Pak Andi ingin membeli sebuah waralaba martabak lokal seharga Rp35.000.000. Rencananya Pak Andi akan membeli waralaba dalam 3 tahun ke depan setelah modal terkumpul.

Saat ini, Pak Andi baru memiliki uang sebesar Rp15.000.000. Perkiraan kenaikan harga waralaba sebesar 10% per tahun. Estimasi hasil investasi sebesar 12% per tahun. Maka berapa uang yang harus diinvestasikan oleh Pak Andi?

 

Maka kira-kira hasil yang akan muncul di laman aplikasi Finansialku akan seperti ini:

Bingung Berbisnis Tengok Peluang Bisnis Waralaba Barbershop yang Menguntungkan 05 Dana Membeli Barang - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Waralaba Sabana Fried Chicken, Waralaba Lokal dengan Cita Rasa Internasional]

 

Setelah klik “Hitung”, maka akan muncul hasil seperti ini:

Kesimpulan

Kekurangan dana sebesar RP. 25.511.080. Anda harus berinvestasi sebesar RP. 592.222 per bulan selama 36 bulan, dengan asumsi inflasi tahunan 10% per tahun dan estimasi hasil investasi 12% per tahun.

 

Artinya, Anda masih kekurangan dana sebesar RP. 25.511.080 dan harus mulai berinvestasi sejak saat ini sebanyak RP. 592.222 per bulan selama 36 bulan untuk membeli waralaba seharga 35 juta rupiah tersebut.

Bagaimana, mudah sekali kan menghitung dana beli waralaba dengan aplikasi Finansialku?

Cukup masukan informasi dengan lengkap dan klik “Hitung”. Voila, hasil perhitungan langsung muncul.

Maka jangan ragu untuk mengunduh aplikasi Finansialku sekarang juga, dan hitung dana beli waralaba sekarang juga!

Setelah siap memilih bisnis waralaba dengan pembiayaan yang pasti, yuk melihat alternatif waralaba martabak yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Finansialku telah merangkumnya dengan jelas berikut ini:

 

Alternatif Waralaba Martabak (Termasuk Syarat dan Harganya)

Dalam ramainya bisnis martabak modern, semakin banyak pemain bisnis yang menjalani ranah bisnis martabak ini. Tapi tentunya tidak sembarang bisnis bisa Anda pilih.

Anda perlu mempertimbangkan syarat dan harga waralabanya bukan? Jangan lupa untuk mengecek juga kualitas dan minat masyarakat terhadapnya.

Untuk membantu perbandingan Anda, kami menyediakan rangkuman alternatif waralaba martabak yang sedang digandrungi dewasa ini, termasuk syarat dan harganya.

Mau Buka Waralaba Martabak Cek Dulu Syarat dan Harga Waralabanya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

 

Yuk simak ulasannya berikut ini:

 

#1 Markobar

Apakah Anda pernah mendengar soal martabak yang satu ini? Bisnis martabak kekinian yang dilakoni putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, bersama rekannya Arif Setyo Budi itu mampu meraup omzet yang lumayan menggiurkan.

Saat diwawancarai oleh detikFinance, Arif mengatakan, dengan harga per loyang antara Rp40-100 ribu, satu outlet Markobar bisa meraup omzet hingga Rp5 juta per hari.

Dengan perhitungan, 1 hari bisa terjual 50 loyang. Bila omzet harian itu dikalikan sebanyak 30 hari, maka omzet yang dihasilkan bisa mencapai Rp150 juta/bulan.

“Ya 50 loyang lah per hari. Martabak kita antara Rp40-100 ribu per loyang. Omzet tinggal dikalikan aja.”

 

Melihat omzet begini besar, pastinya banyak pebisnis yang ingin menjadi mitra Markobar. Minat para calon mitra ini dijawab oleh Gibran Rakabuming Raka selaku pemiliknya.

Kisah Sukses Gibran Rakabuming Raka, Pendiri Markobar 01 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Menurutnya, syarat untuk franchise tidak sulit. Masyarakat tinggal menyiapkan lahan pribadi dengan luas sesuai dengan keinginan tempat usaha.

Gibran menjelaskan paket waralabanya sudah lengkap dengan bahan-bahan martabak, pelatihan terhadap karyawan, dan kebutuhan lainnya sehingga akan memudahkan calon mitra untuk berbisnis.

Gibran menjelaskan franchise Markobar dipatok harga Rp300 juta dengan jangka 2 tahun. Namun kerja sama bisa diteruskan bila tetap berkomitmen untuk mengembangkan usaha kuliner ini.

Gibran pun menjelaskan, dengan minat masyarakat yang begitu besar Markobar mematok target 100 waralaba dalam setahun ke depan.

“Saya targetin itu setahun bisa 100 franchise.”

 

#2 Martabak Joeragan

Mau dapat profit Rp5-20 juta per bulan dari franchise martabak? Martabak Joeragan solusinya.

Martabak Joeragan merupakan martabak halal satu-satunya di Indonesia. Martabak Joeragan membuka peluang usaha kemitraan untuk semua wilayah di Indonesia.

Paket kemitraannya sendiri sudah sangat lengkap, sehingga Anda sebagai franchisee tinggal menyiapkan lokasi (tempat/outlet) dan karyawan saja sebagai syaratnya.

Mau Buka Waralaba Martabak Cek Dulu Syarat dan Harga Waralabanya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Paket yang ditawarkan dibanderol seharga Rp30 juta, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Penghasilan 100% untuk Mitra
  • Royalti Fee 0-3% per bulan
  • Support System 100%
  • BEP 7-10 bulan
  • Training
  • Supply bahan baku utama
  • Supporting marketing
  • Menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan
  • Support Management (Quality Control)
  • Hotline Customer Service

 

#3 Martabak San Francisco

Siapa tidak kenal dengan martabak asli khas Bandung yang satu ini? Tepatnya tahun 1965, Bapak Bong Kap Djun alias Pak Adjun seorang perantau asli Bangka memulai usahanya dengan menjual martabak.

Lokasi pertama dia menjual martabak ini adalah di depan kantor PLN, Jl Asia Afrika, Bandung.

Terilhami oleh lagu Scott McKenzie yang berjudul “San Francisco,” pada tahun 1967 kue ekonomi ini berubah nama menjadi Martabak San Francisco. 

Karena rasanya yang luar biasa, Martabak San Francisco diterima dengan sangat baik oleh masyarakat dan segera menjadi unggulan di bidang bisnis martabak.

Alhasil, Martabak San Francisco mulai menawarkan paket kemitraan.

Konsep waralaba ini sudah dikembangkan dari tahun 2011 hingga saat ini sudah membuka tempat di Depok, BSD, Bintaro, Cibubur, Kelapa Gading hingga Pekanbaru. Khusus untuk waralaba ini memang dibuka khusus untuk daerah di luar Bandung.

Siapa yang Tidak Kenal Martabak San Fransisco yang Selalu Eksis di Tanah Air 06 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bisnis Startup itu Sebenarnya Apa? Apakah Menguntungkan?

 

Konsultan bisnis Martabak San Francisco, Adrianus mengungkapkan paket waralaba yang tersedia bagi para mitranya dibanderol harga berkisar dari Rp400juta hingga Rp500 juta.

Biaya itu sudah termasuk fee senilai Rp125 juta untuk periode 5 tahun. Pembagian profit margin-nya sendiri adalah 30% sampai 50% dari gross sales. Dan diestimasikan periode balik modal mitra hanyalah 18 hingga 20 bulan saja.

Adrianus menjelaskan:

”Saya melihat dari sudut pandang para investor, alasan pertama pasti ekonomis, apakah bisnis ini menguntungkan atau tidak. Kedua, keunikan itu sendiri, mereka jadi tertarik karena melihat pola kami, sistem kami yang memang jadi identitas martabak San Francisco. Tapi semua kembali pada angka. Jadi mereka lebih yakin karena merasakan sendiri apa yang kami tawarkan terbukti dengan hasilnya.”

 

Jalani Waralaba Martabak Sukses

Setelah melihat beberapa rahasia di atas, apakah Anda sudah membayangkan bagaimana memulai bisnis martabak ini dan waralaba seperti apa yang sesuai bagi Anda?

Jika Anda masih ragu, konsultasikan permasalahan keuangan dan bisnis Anda kepada perencana keuangan Finansialku.

Dengan sertifikasi yang jelas, perencana keuangan Finansialku akan membantu Anda dalam berbisnis tanpa harus khawatir dengan pengaturan keuangan.

Gunakan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku supaya Anda bisa berkonsultasi dengan para perencana keuangan Finansialku yang profesional.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman Anda supaya mereka sama-sama mendapatkan informasi yang sama. Indahnya berbagi.

 

Sumber Referensi:

  • Citra Fitri Mardiana. 14 Jul 2017. Ramai Bisnis Martabak, Bagaimana Prospeknya? Detik.com – https://bit.ly/32iiHUZ
  • Mukhlis Dinillah. 25 Mar 2018. Mau Buka Gerai Markobar? Ini Harga Paket Franchise dan Syaratnya. Detik.com – https://bit.ly/2SbLLJ5
  • Admin. Peluang Usaha Kemitraan Martabak MJ. Martabakjoeragan.com – https://bit.ly/2XCZjOP

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba Martabak 01 – https://bit.ly/2JGgIBt
  • Waralaba Martabak 02 – https://bit.ly/2XElpFz
  • Waralaba Martabak 03 Martabak Joeragan – https://bit.ly/2LOqZ0U

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG