Jangan sampai kamu salah memilih warna foundation ya! Cari tahu warna yang cocok untuk kulit wajahmu di sini.

Salah memilih warna foundation bisa berakibat fatal. Alih-alih ingin memoles wajah untuk riasan yang lebih cantik malah mengakibatkan wajahmu terlihat seperti sedang memakai topeng. Gak mau kan?

Masalah tersebut tidak akan terjadi jika kamu tahu warna foundation apa yang cocok untuk kulitmu.

Berikut panduan dalam memilih warna foundation.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tampil Natural dengan Warna Foundation yang Sesuai

Penggunaan foundation seringkali disalahartikan. Banyak perempuan menggunakan foundation untuk mengubah warna kulit wajah menjadi lebih terang.

Padahal, fungsi foundation sendiri adalah untuk meratakan warna kulit dan menutupi ketidaksempurnaan wajah dari jerawat atau noda hitam, bukan untuk mengubah warna.

Persepsi seperti inilah yang justru menimbulkan masalah baru pada riasan seperti ketidakseimbangan warna kulit wajah dan kulit leher. Jika sudah demikian, kamu akan terlihat seperti memakai topeng yang terlihat enggak banget, deh!

Ini Panduan Memilih Warna Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit! 02 - Finansialku

[Baca Juga : Jangan Kebalik, Ini Urutan Menggunakan Skincare yang Benar!]

 

Sebagai makeup base, foundation memiliki peranan penting sebagai penentu keberhasilan riasan seseorang.

Maka, kamu perlu memperhatikan warna foundation seperti apa yang cocok untuk kulit wajahmu. Warna foundation yang tepat akan membuat kamu tetap terlihat natural but flawless!

 

Panduan Memilih Warna Foundation yang Cocok dengan Warna Kulit

Foundation memiliki warna yang sangat beragam. Di setiap kemasan foundation, kamu akan menemukan keterangan warna yang berbeda-beda. Ivory, beige, honey, tan, bronze, dan masih banyak lagi.

Lalu, kamu harus pilih yang mana? Tenang, berikut panduan memilih warna foundation yang cocok dengan warna kulitmu.

 

#1 Cari Tahu Warna Dasar Kulitmu

Kebanyakan orang salah memilih warna foundation karena mereka tidak tahu warna dasar kulit mereka sendiri. Nah, untuk mengetahui apa warna dasar kulitmu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu warna undertone kulit yang kamu miliki.

Warna lapisan bawah kulit atau undertone dibagi menjadi tiga kategori, yaitu warm (kuning), cool (pink), dan netral.

Cara melihatnya mudah saja kok, kamu hanya perlu mengangkat pergelangan tanganmu ke bawah sinar matahari atau lampu yang terang. Kemudian lihat apa warna pembuluh darahmu.

Bila warnanya kebiruan atau ungu, berarti kamu memiliki undertone cool.  Bila warnanya hijau, berarti kamu memiliki undertone warm. Bila warna pembuluh darahmu merupakan percampuran warna hijau dan biru, berarti kamu memiliki undertone netral.

Ini Panduan Memilih Warna Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sakti Beli Alat Make Up Lengkap, Meski Gaji Rp3 Juta]

 

Begitu kamu tahu warna undertone kulitmu, kamu akan lebih mudah menentukan pilihan warna foundation yang tepat. Berikut beberapa panduan warna yang bisa kamu pertimbangkan.

  1. Untuk kamu yang memiliki undertone cool, maka kamu memiliki kulit yang cenderung berwarna putih. Pilihlah foundation dengan warna pink, ivory, atau bronze agar kulitmu tidak terlihat pucat.
  2. Untuk kamu yang memiliki undertone warm, maka kamu memiliki kulit yang cenderung berwarna kuning langsat. Pilihlah foundation dengan warna yellow, beige, golden, honey, atau caramel dengan menyesuaikan tingkatan warna kulit.
  3. Untuk kamu yang memiliki undertone natural, maka kamu memiliki kulit yang cenderung berwarna sawo matang. Pilihlah foundation dengan warna natural beige, beige, walnut, atau espresso untuk menyamakan tone-nya.

 

Nah, beberapa warna untuk setiap undertone di atas masih harus dibandingkan lagi agar benar-benar sesuai dengan warna kulit wajahmu. Caranya adalah dengan mencoba foundation langsung pada kulit leher.

 

#2 Lihat Kode Warna Foundation Pada Kemasan

Perhatikan deskripsi angka dan huruf yang ada di kemasan produk. Hal ini dapat memudahkan kamu dalam melihat warna-warna yang telah disebutkan di atas.

Jika kamu memiliki kulit putih atau kuning langsat, shade foundation dengan angka 10 sampai 20 akan menjadi pilihan. Namun jika kulitmu sawo matang atau lebih gelap, shade dengan angka besar cocok untukmu.

Biasanya, label huruf untuk mengkategorikan jenis undertone juga tertera pada label. Seperti “C” yang berarti undertone Cool, “W” berarti Warm, dan “N” berarti Neutral.

 

#3 Aplikasikan Beberapa Pilihan Warna Foundation Pada Leher atau Pipimu Lalu Bandingkan

Banyak orang mencoba foundation di pergelangan tangan atau punggung tangan mereka. Hal ini jelas salah karena warna kulit tangan kadang berbeda dengan warna kulit wajah.

Jadi daripada menyesal membeli foundation dengan warna yang salah, lebih baik kamu langsung mencobanya dengan mengoleskan foundation langsung ke bagian pipi atau leher.

Kamu bisa mencoba beberapa warna yang sesuai dengan warna undertone-mu (seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya) secara sekaligus sebagai bahan perbandingan.

Oleskan 3-4 warna secara berdekatan di bagian pipi atau leher lalu usapkan merata. Lihat, warna mana yang paling menyatu dengan kulitmu.

 

#4 Coba Foundation di Tempat yang Pencahayaannya Baik

Saat akan mencoba foundation, pastikan kamu mencobanya di tempat dengan pencahayaan yang baik. Pencahayaan ruangan sangat berpengaruh terhadap keaslian warna kulit dan warna foundation.

Jika kamu mencobanya di tempat yang pencahayaannya kurang, kemungkinan warna kulitmu akan terlihat lebih gelap atau malah sebaliknya, terlihat lebih terang. Dengan demikian bisa jadi kamu salah memilih warna foundation.

 

#5 Biarkan Foundation Selama 15-20 Menit

Saat kamu mencoba foundation di counter makeup, jangan langsung memutuskan untuk membelinya sesaat setelah kamu mencobanya. Kamu perlu tahu bagaimana reaksi yang ditimbulkan foundation itu di kulitmu.

Jadi jika kamu ingin mencoba foundation, kamu gak boleh gengsi! Jangan ragu untuk memakai produk selama 15-20 menit sebelum benar-benar membelinya.

Kamu bisa keliling-keliling dulu di toko atau mall tersebut sambil melihat produk lainnya. Hal ini dikarenakan ada beberapa produk yang mengalami perubahan warna asli setelah diaplikasikan pada kulit beberapa menit.

 

#6 Pilihlah Foundation dengan Warna yang Lebih Terang

Setelah beraktivitas seharian, wajah yang menggunakan foundation biasanya akan berubah menjadi lebih kusam atau gelap. Hal ini disebabkan oleh foundation yang mengalami oksidasi begitu terkena panas, baik panas matahari maupun panas dari suhu tubuh.

Jadi, agar warna foundation tetap terlihat bagus di wajah meskipun telah seharian digunakan, kamu bisa memilih warna foundation satu tingkat lebih terang dari warna kulit.

 

Hal-hal Penting Lain yang Harus Kamu Ketahui Saat Memilih Foundation

Tak hanya warna, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilih foundation yang tepat. Hal ini menjadi penting karena akan berpengaruh terhadap tampilan wajah secara keseluruhan dan efek samping pada kulit wajah itu sendiri.

Nah, beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut.

 

#1 Beda Kebutuhan, Beda Jenis Foundation

Selain warna, jenis foundation juga menentukan keberhasilan pemakaian foundation itu sendiri. Kini, banyak sekali jenis foundation yang bisa kamu temukan di toko-toko makeup.

Mulai dari yang cair, krim, stick, sampai tinted. Setiap jenis foundation memiliki kelebihannya masing-masing, maka kamu disarankan untuk memilih berdasarkan jenis coverage yang kamu butuhkan.

Jenis foundation cair atau krim teksturnya lebih kental sehingga akan lebih tebal ketika diaplikasikan. Kelebihan dari jenis foundation ini adalah full coverage sehingga cocok untuk kamu pakai menghadiri acara atau kegiatan besar.

Sedangkan jenis foundation tinted atau BB Cream teksturnya lebih ringan namun cukup untuk menutupi noda-noda di wajah dan meratakan warna kulit. Jadi, kamu bisa memilih jenis foundation ini untuk riasan sehari-hari.

 

#2 Sesuaikan Bahan Dasar Foundation dengan Jenis Kulitmu

Bahan dasar foundation juga berbeda-beda sehingga kamu harus selektif dalam memilih mana yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jenis foundation untuk kulit wajah berminyak akan berbeda dengan jenis foundation untuk kulit kering.

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak dan cenderung berjerawat, sebaiknya pilihlah foundation yang berbahan dasar minyak atau oil based. Kamu disarankan untuk menggunakan water-based foundation yang cukup ringan dan non-comedogenic agar tidak menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

Sebaliknya, untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering maka sebaiknya kamu memilih foundation berbahan dasar air yang dapat menghidrasi kulitmu.

Nah, foundation oil-based yang mengandung moisturizer bisa jadi cocok untukmu. Tapi tetap hindari foundation yang terlalu kental supaya tidak menimbulkan crack di kulit yang kering.

Ini Panduan Memilih Warna Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Wajib Punya! Alat Make Up Ini Harus Ada Di Dalam Tas Kamu]

 

Sementara untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya jika kamu menghindari foundation dengan kandungan pewangi terlalu kuat, alkohol dan juga paraben ya.

Mengapa hal ini penting? Karena kesesuaian jenis foundation dengan kulit wajahmu akan mempengaruhi seberapa tahan lama foundation yang kamu gunakan.

Jadi walaupun kamu sudah memilih shade atau warna foundation yang tepat, jika bahan dasar foundation tidak sesuai dengan karakteristik kulit maka akan menjadi sia-sia.

 

#3 Bagaimana Cara Mengaplikasikan Foundation untuk Hasil Makeup Natural?

Pakai foundation juga ada aturannya, lho. Supaya hasil makeup kamu terlihat natural maka kamu harus mengaplikasikan foundation dengan benar.

Pertama-tama, bersihkan wajah sampai benar-benar bersih. Gunakan pelembab terlebih dahulu dan aplikasikan primer supaya pori-pori tersamarkan. Barulah kamu dapat menggunakan foundation.

Disarankan untuk menggunakan brush untuk membaurkan foundation di wajah. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan jari-jari tangan untuk meratakan. Jangan lupa cuci tangan dulu ya!

 

Makeup Sempurna dengan Foundation yang Tepat

Foundation menjadi salah satu tools makeup yang sangat dibutuhkan untuk riasan yang sempurna. Tapi tak bisa sembarangan, kamu harus bisa memilih warna, jenis, hingga kandungan dalam foundation yang cocok untuk kulit wajahmu.

Selain itu, kamu juga perlu untuk memahami cara yang tepat dalam mengaplikasikan foundation agar tetap terlihat cantik sepanjang hari. Semoga bermanfaat!

Kesehatan diri pastinya harus jadi prioritas kamu, tapi kesehatan keuangan juga penting lho!

Jangan lupa untuk selalu menganggarkan uangmu untuk membeli kebutuhan untuk kulitmu.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini memiliki fitur anggaran dan juga fitur catatan keuangan untuk membantumu mengelola keuangan pribadi.

Yuk, unduh aplikasinya di Google Play Store dan Apple App Store sekarang juga!

playstore icon
appstore icon

 

Kamu juga bisa belajar cara mengatur keuangan melalui e-Book gratis dari Finansialku berikut!

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

Takut belanja over budget, kamu bisa buat anggaran yang mudah untuk diterapkan seperti cara Finansialku berikut.

 

Tampil cantik dengan foundation yang cocok! Adakah salah satu panduan di atas yang kamu lewatkan?

Jika ya, kamu bisa mengubah cara memakai foundation-mu mulai sekarang. Yuk, bagikan artikel ini jika bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi Halodoc. 12 Juli 2018. 6 Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit. Halodoc.com – https://bit.ly/2YPCJX0
  • Atifa Adlina. 11 Februari 2020. Ini 7 Cara Tepat Memilih Shade Foundation Sesuai Warna Kulit. Review.bukalapak.com – https://bit.ly/2Dewx37
  • Admin. Cara Memilih Warna Foundation Yang Sesuai Dengan Kulit Untuk Hasil Makeup Natural. Maybelline.co.id – https://bit.ly/34OTkxG

 

Sumber Gambar:

  • Warna Foundation 01 – https://bit.ly/2QSjUOx
  • Warna Foundation 02 – https://bit.ly/2Gdfwrc
  • Warna Foundation 03 – https://bit.ly/32ULFvp
  • Warna Foundation 04 – https://bit.ly/2QS8een