Work From Home atau Kerja dari Rumah bukan berarti mageran, ya. Nah, bagaimana cara dan tips bekerja dari rumah yang tepat?

Simak ulasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

5 Hal yang Bisa Kamu Supaya Efektif Work Form Home

Sobat Finansialku, ada satu hal yang bikin deg-deg-ser saat hidup di bawah langit yang sedang tercemar virus corona ini, yakni keluar rumah dan melakukan interaksi sosial.

Kita tak pernah tahu apakah saat makan di restoran pinggir jalan, kita duduk satu meja dengan orang yang positif corona atau tidak. Kita juga tidak bisa memarahi orang yang batuk hanya karena mulutnya tak tertutup masker.

Kedua anggapan di atas tentu perlu penjelasan yang komprehensif, tapi mari kita bicara sisi lainnya saja.

Sebetulnya, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan tiga poin himbauan tentang pencegahan virus corona, begini isinya;

Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah.

 

Poin ketiga tentu bukan perkara sulit, poin kedua telah dilaksanakan oleh Pemda setempat. Tapi tunggu, ada satu poin yang utama, yakni Kerja dari Rumah alias Work From Home, apakah itu sudah terjadi?

Jawaban pastinya Sobat Finansialku tahu sendiri.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Supaya Work From Home Efektif 02

[Baca Juga: Tangkal Corona, Ini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Atau Imunitas]

 

Work From Home atau Kerja dari Rumah adalah sebuah konsep kerja di mana para pekerja dapat membereskan pekerjaannya dari rumah.

Kerja dari rumah keputusannya memang kembali pada kebijaksanaan pemberi kerja, namun jika kamu mendapat hak istimewa tersebut, kami akan kasih tahu tips bekerja di rumah tanpa mager, berikut penjelasannya;

 

#1 Curi Waktu untuk Rebahan

Kerja di kantor nyaris tak mungkin dapat waktu untuk rebahan. Jika kamu beruntung bisa Kerja dari Rumah, artinya kamu tidak harus berada di depan laptop seharian sampai mata pegel alias kerja tanpa jeda.

Sekali-kali beristirahatlah barang 5-10 menit untuk rebahan. Toh, tidak ada teman kerja yang menegurmu.

 

#2 Cari Makanan Kesukaan

Saat di kantor, kita bisa jeda minum atau makan siang dengan menu warteg yang itu-itu saja. Nah, saat Kerja dari Rumah, kamu bisa punya kesempatan membeli menu makan favorit disekitar rumah.

 

#3 Tentukan Pojok Kerja

Kerja dari Rumah bisa memberikan kebebasan penuh untuk kamu menentukan tempat kerjamu, bisa di atas tempat tidur, di hadapan jendela, atau memilih di halaman belakang yang ada kolam ikannya. Itupun jika ada.

Tentukan pojok kerja yang sekiranya mendukung energi Sobat Finansialku untuk tetap semangat.

 

#4 Memilih Jam Kerja

Bekerja di rumah bukan berarti harus mengikuti jam kerja yang berlaku di kantor. Sobat Finansialku bisa lebih leluasa memilih jam kerja.

Misalnya jam kerja kantor mulai dari jam 8, kamu bisa melonggarkannya, mulai jam 10 pagi misalnya. Tapi jangan lupa, kerjaanmu harus beres ya.

 

#5 Videocall Teman Kerja

Kalau biasanya di kantor, Sobat Finansialku, saling ghibah dengan teman kerja perihal mana yang ada duluan antara telur dan ayam, hal ini juga bisa dilakukan saat Kerja dari Rumah dengan fitur grup-videocall.

Manfaatnya hal ini bisa sebagai obat pereda bosan!

 

Kerja dari Rumah Bukan Berarti Mager

Ingat, Sobat Finansialku, Kerja dari Rumah bukan berarti kamu berleha-leha alias mageran.

Kamu harus tetap produktif, dan ingat tak semua orang bisa punya kesempatan untuk Kerja dari Rumah, manfaatkan itu dengan hal-hal yang positif.

 

Bagaimana Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa lho tuangkan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara lewat platform yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya, dan juga jaga selalu kesehatan!

 

Sumber Referensi:

  • Anggi Mayasari. 16 Maret 2020. Work From Home Diberlakukan, Ini Cara Agar Efektif Kerja dari Rumah. Wolipop Detik – https://bit.ly/3d27XiO
  • Nolly Artha. 16 Maret 2020. Hindari Corona, Ini 6 Manfaat Positif Work from Home. IDN Times- https://bit.ly/2TT24Nt
  • Admin. 16 Maret 2020. Biar tetap produktif dan gak forsir tenaga, kami punya tipsnya. Asumsi.co – https://bit.ly/38WxuXs

 

Sumber Gambar:

  • WFH 01 – http://bit.ly/2Ug931S
  • WFH 02 – http://bit.ly/2TWjTve