Sobat Finansialku, apakah Anda tahu cara analisis kompetitor bisnis? Ternyata caranya mudah loh, simak caranya dalam artikel berikut ini.

Finansialku akan bahas tuntas jadi jangan di skip ya…

 

Cara Analisis Kompetitor Bisnis

Saat menjalankan bisnis dalam sektor apa pun, kompetitor adalah objek yang mutlak dan akan selalu ada.

Di belahan dunia mana pun, setidaknya akan ada satu kompetitor di sektor bisnis yang sama. Tenang, ini adalah hal yang wajar. Justru adalah hal yang sehat dan mesti terjadi di dunia bisnis.

Bahkan, kompetitor bisnis bisa menjadi pihak yang terus memotivasi Sobat Finansialku untuk menciptakan inovasi dalam produk maupun pemasarannya.

Tentunya, bukan cuma Sobat Finansialku saja yang merasakannya, kompetitor kita pun merasakan hal yang sama.

Masing-masing dari kita tentu terus mencoba banyak hal untuk diterapkan agar menjadi nomor satu dan menjadi produk yang banyak diminati target konsumen.

Tapi ada kalanya, kita tidak bisa terus memaksakan diri untuk berjalan lurus tanpa melihat ke kiri kanan.

Wow! Ternyata Begini Mudahnya Cara Analisis Kompetitor Bisnis! 01 Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis UMKM, Cara Sederhana Membuat Bisnis “Naik Kelas”]

 

Ada waktunya kita tidak bisa memberikan inovasi atau strategi terbaru untuk jalannya proses bisnis kita.

Itulah yang akhirnya membuat kita mau tidak mau, melakukan analisis dari semua aspek pemasaran kompetitor kita.

Ini jadi hal penting dilakukan, agar kita mendapatkan ide dan inovasi dari kegiatan promosi yang dilakukan kompetitor.

Bukan cuma itu, dengan melakukan analisis ini, kita menjadi lebih tahu apa kelebihan dan kekurangan kompetitor kita.

Tapi ingat, jangan sampai melakukan analisis yang licik dan merugikan kompetitor kita, ya! Bagaimana pun, Sobat Finansialku harus menghargai segala kerja keras kompetitor dalam menjalankan bisnisnya.

Agar terhindar dari sikap tersebut, Sobat Finansialku harus mengetahui, apa saja aspek-aspek yang bisa dianalisis tanpa harus khawatir merugikan kompetitor. Di antaranya adalah:

 

#1 Cara Analisis Kompetitor Bisnis dengan Aspek Siapa dan Apa

Unsur analisis kompetitor bisnis yang pertama adalah, mengumpulkan siapa saja yang menjadi kompetitor Sobat Finansialku.

‘Siapa’ di sini tentunya merujuk pada pebisnis atau perusahaan yang memiliki bisnis serupa atau bahkan sama dengan Sobat Finansialku.

Kumpulkan jadi satu data mengenai siapa saja yang menjalankan bisnis di sektor yang serupa atau bahkan sama.

Setelah mengetahui siapa saja kompetitor bisnis kita, kini Sobat Finansialku perlu mengetahui produk apa yang menjadi unggulan dari masing-masing kompetitor, dan apa yang menjadi ancaman untuk kemajuan bisnis Sobat Finansialku.

Selain itu, Sobat Finansialku juga harus tahu kompetitor mana yang termasuk ke dalam pesaing langsung dan pesaing tidak langsung.

Mengutip laman ekrut.com, nyatanya ada dua jenis pesaing yang harus diketahui dan membagi setiap kompetitor kepada setiap kualifikasi yang ada.

  • Pesaing Langsung; adalah kompetitor bisnis yang memiliki penawaran dan produk unggulan yang persis sama seperti produk Sobat Finansialku.
  • Pesaing Tidak Langsung; adalah kompetitor bisnis yang berada di sektor yang sama, tapi tidak menawarkan layanan dan punya produk unggulan yang sama.

Dari dua jenis pesaing di atas, Sobat Finansialku bisa membagi daftar kompetitor yang sudah ada untuk dimasukkan ke dalam masing-masing jenis dengan mempertimbangkan kualifikasi yang cocok.

 

#2 Analisis Media Sosial

Sebagaimana kita tahu, di zaman serba teknologi ini, proses pemasaran produk bukan hanya melalui dunia nyata, kini di dunia maya pun bisa.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan pemasaran melalui dunia maya, salah satunya adalah melalui media sosial.

Dari media sosial yang dimiliki oleh tiap-tiap kompetitor tersebut, Sobat Finansialku bisa melakukan analisis yang cukup mendalam dengan parameter seperti:

  • Aktivitas dan Popularitas;

Yaitu memantau tingkat popularitas kompetitor di mata konsumen, serta intensitas aktivitas yang dilakukan kompetitor dalam mempromosikan brand awareness yang bisa diukur dengan tingkat interaksi dalam setiap unggah dari kompetitor.

  • Citra dan Reputasi;

Adalah kegiatan mengukur citra dan reputasi kompetitor kita di media sosial, baik atau buruk.

Kalau baik, Sobat Finansialku bisa mencari alasan kenapa kompetitor bisa membangun citra yang baik.

Sementara kalau buruk, Sobat Finansialku juga bisa mencari alasan kenapa reputasinya bisa buruk.

Hal itu bisa menjadi red flag untuk bisnis Sobat Finansialku agar tidak melakukan hal yang sama bila buruk.

  • Konten;

Terakhir, Sobat Finansialku bisa menganalisis jenis konten apa yang selalu diunggah oleh kompetitor, lalu melakukan perbandingan dengan konten yang Sobat Finansialku miliki.

 

#3 Analisis Strategi

Cara melakukan analisis kompetitor bisnis lainnya, Sobat Finansialku bisa menganalisis strategi yang digunakan tiap-tiap kompetitor dalam menarik perhatian.

Setiap kompetitor pastinya memiliki strategi tersendiri dalam memasarkan produk mereka, mulai dari mencari kesempatan untuk menyerang kompetitor yang lemah, hingga mencari kelemahan kompetitor yang paling tinggi, dan menjadikannya keunggulan untuk mereka.

Strategi-strategi ini, bisa dikumpulkan sebagai bahan pertimbangan untuk Sobat Finansialku dalam merancang strategi yang tepat untuk bisnis Sobat Finansialku nantinya.

 

#4 Analisis SEO

Apabila ada kompetitor yang memiliki website sebagai salah media dalam memasarkan produk mereka, artinya Sobat Finansialku harus melakukan analisis SEO pada struktur situs resmi mereka.

Analisis SEO ini biasanya mencakup pada menganalisis keyword, headings, tags, Judul, internal link, image alt, hingga struktur URL dari setiap posting-an mereka.

 

#5 Analisis SWOT

Cara analisis kompetitor bisnis yang ke-lima adalah lakukan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dari bisnis pesaing.

Cari tahu apa kekuatan dari masing-masing kompetitor, termasuk kekuatan yang dimiliki oleh bisnis Sobat Finansialku, yang tidak dimiliki kompetitor.

Kemudian kelemahan dari bisnis masing-masing kompetitor, yang bisa dijadikan celah bagi Sobat Finansialku untuk menonjolkan keunggulan produk bisnis.

Jangan lupa juga untuk melakukan analisis kelemahan pada bisnis Sobat Finansialku, ya!

Hal ini dilakukan agar Sobat Finansialku bisa se-segera mungkin untuk membenahi atau minimalkan kesempatan kompetitor mengetahui kelemahan bisnis kita.

Kemudian terakhir, cari ancaman dari setiap kompetitor bisnis yang bisa menghancurkan kemajuan bisnis Sobat Finansialku.

Setelah mengetahui semua data ini, Sobat Finansialku bisa menggunakannya sebagai pertimbangan dalam mengembangkan bisnis Sobat Finansialku, tentang apa yang harus dan tidak harus dilakukan.

banner -pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis

 

#6 Keuangan

Terakhir, ini adalah analisis internal yang harus dilakukan oleh Sobat Finansialku untuk menjaga keseimbangan finansial dari bisnis yang dilakukan.

Untuk melakukan analisis keuangan, Sobat Finansialku tentu membutuhkan bantuan ahlinya, dalam hal ini adalah, perencana keuangan.

Tenang, Sobat Finansialku tidak perlu pusing dan habiskan waktu untuk mencari perencana keuangan, karena Finansialku punya perencana keuangan yang bisa membantu Sobat Finansialku dalam menganalisis keadaan keuangan bisnis Sobat Finansialku.

Untuk menganalisis keuangan bisnis Sobat finansialku, Anda hanya perlu memiliki Aplikasi Finansialku.

Apakah Anda sudah punya aplikasinya? Kalau belum Anda bisa download di Google play store maupun App store.

Atau klik tautan di bawah ini untuk mulai mengunduhnya.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Itulah beberapa cara analisis kompetitor bisnis yang bisa dilakukan Sobat Finansialku. Apakah Sobat Finansialku punya analisis lain yang bisa ditambahkan?

Kalau ada, jangan sungkan sampaikan lewat kolom komentar, ya!

Jadilah pebisnis yang sehat dan adil, dengan membagikan artikel ini pada rekan dan keluarga pebisnis yang pastinya membutuhkan informasi. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nur Rosita Dewi. 12 Januari 2020. Strategi dan contoh analisis pesaing dalam marketing. Ekrut.com – https://bit.ly/3hHsR9s
  • Ilham Saputra. 20 Desember 2017. Pentingnya Menganalisis Kompetitor Di Media Sosial. Blog.nolimit.id – https://bit.ly/2Cq6cyp

 

Sumber Gambar:

  • Wow! Ternyata Begini Mudahnya Cara Analisis Kompetitor Bisnis! 01 Finansialku – https://bit.ly/3rpm8oi
  • Wow! Ternyata Begini Mudahnya Cara Analisis Kompetitor Bisnis! 02 Finansialku – https://bit.ly/3rqeWrM