Apakah Anda pernah mendengar crowdfunding asli buatan Indonesia? Jika Anda belum pernah mendengarnya, Anda dapat mengunjungi situs WUJUDKAN.COM. Finansialku.com akan membahas sebuah crowdfunding asli buatan Inddonesia.

Wujudkan.com Crowdfunding Asli Buatan Indonesia

 

Crowdfunding Asli Buatan Indonesia – WUJUDKAN.COM

Wujudkan.com adalah sebuah perusahaan startup yang menawarkan jasa crowdfunding di dunia kreatif. Sebelumnya, penulis akan sedikit bercerita mengenai crowdfunding. Crowdfunding adalah website yang memungkinkan seseorang untuk menjalankan kampanyenya dengan tujuan meminta bantuan dari orang-orang dalam rangka mendanai proyeknya.

Selama ini crowdfunding lebih dikenal di luar negeri, belum ada crowdfunding asli buatan Indonesia, sampai lahirlah sebuah startup dengan judul WUJUDKAN.com. Berikut ini adalah tampilan website WUJUDKAN.com.

Wujudkandotcom Crowdfunding Asli Buatan Indonesia

 

Situs wujudkan.com dilahirkan oleh empat orang Indonesia bernama Mandy Marahimin, Zaki Jaihutan, Dondi Hananto dan Wicak Soegijoko. Mereka adalah lulusan pertama dari kelas Jakarta Founders Institute.

Secara konsep crowdfunding wujudkan.com memiliki kemiripan denga kickstarter.com. Keduanya bergerak di bidang pendanaan usaha kreatif, seperti film, teknologi unik, barang-barang kerajinan, konser, penerbitan buku dan lain sebagainya. Anda dapat mendatangi website resmi wujudkan.com untuk mengetahui aturan main sebelum menjalankan kampanye Anda.

Di Indonesia, situs crowdfunding memang terbilang masih sangat baru, dan jarang orang yang menyadari keberadaannya. Salah satu proyek terbesar yang dijalankan oleh website wujudkan.com adalah film dari Mira Lesmana dan Riri Reza, dengan kebutuhan dana sebesar Rp 300.000.000. Dana tersebut digunakan untuk syuting film berjudul Atambua 39 Celcius yang menceritakan kehidupan di Nusa Tenggara Timur.

atambua-259x400 Wujudkan.com Crowdfunding Asli Buatan Indonesia

 

Permasalahan yang dihadapi situs crowdfunding di Indonesia adalah sebuah kepercayaan. Banyak orang yang tidak percaya ketika mereka mendonasikan uangnya untuk sebuah proyek, dana tersebut dapat menjalankan proyek tersebut. Keberhasilan pendanaan film Atambua melalui crowdfunding dikarenakan orang-orang percaya pada nama besar Mira Lesmana dan Riri Reza.

 

Kesuksesan Crowdfunding di Luar Negeri

Apa yang menyebabkan kampanye crowdfunding di luarnegeri lebih besar dan lebih sukses? Satu hal yang kurang diperhatikan oleh pembuat kampanye adalah VIRAL. Ketika seseorang menjalankan kampanye untuk pendanaan proyek di situs crowdfunding, jangan berasumsi ada orang yang tiba-tiba mau mendanai. Pelaksana kampanye harus melakukan kampanye, memasarkan proyeknya melalui pemasaran jaringan (online marketing). Setidaknya terdapat website resmi, akun social media, serta follow up atas kampanye crowdfunding tersebut.

 

Kesimpulan

Penulis merasa bangga atas situs crowdfunding asli buatan Indonesia. Semoga situs crowdfunding tersebut dapat diperkenalkan lebih jauh lagi di Indonesia. Situs ini dapat digunakan sebagai salah satu bentuk pendanaan bagi pengusaha UMKM, pengusaha kreatif yang akan menjadi entrepreneur baru.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai crowdfunding di Indonesia.

 

Artikel Finansialku terkait dengan crowdfunding:

finansialku Situs Crowdfunding Awal Kisah Sukses Pebble Baca
finansialku Top 10 Situs Crowdfunding untuk Pendanaan Baca
finansialku Pendanaan Online untuk Bisnis Online Baca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku Investasi Bitcoin di Indonesia menurut Bank Indonesia Baca
finansialku 5 Karakteristik Orang yang Bebas Utang Buruk Baca
finansialku Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Menuju 5000 Lagi? Baca