Berikut ini akan dikupas tuntas mengenai resolusi keuangan. Dan juga bagaimana tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk melakukan gebrakan baru di perekonomian Anda. Yuk, simak selengkapnya.

 

Pentingnya Resolusi Keuangan 

Penting bagi Anda mulai saat ini untuk menyusun resolusi keuangan. Dengan begini dapat membantu Anda untuk lebih menyusun pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya. Dengan begitu, Anda jadi memiliki tabungan yang cukup banyak jika kita telaten dalam menabung. 

Tabungan ini nantinya bisa digunakan sebagai dana darurat jika kita sedang dalam keadaan yang tidak terduga. Seperti sakit, kecelakaan, atau bahkan kehilangan benda-benda yang harus segera diganti dengan yang baru. 

[Baca Juga: Resolusi Keuangan Tahun Baru : Saatnya Menata Keuangan Keluarga]

 

Tips Menyusun Resolusi Keuangan 

Mengingat betapa pentingnya menyusun resolusi keuangan sebagai pegangan masa depan, maka Anda harus mengetahui beberapa tips berikut ini.

 

Mengetahui Pengeluaran Pada Tahun 2021 

Sisihkan waktu Anda beberapa saat untuk meninjau langsung atau menghitung ulang beberapa saja uang yang sudah Anda keluarkan pada tahun 2021 lalu. Perlu Anda ketahui pula berapa pendapatan pada tahun 2021 dan juga berapa pengeluaran Anda selama satu tahun. 

Hal ini untuk mengetahui apakah apa yang Anda dapatkan seimbang dengan pengeluarannya. Anda bisa menyimpan catatan ini di dalam handphone

Atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi Finansialku yang memiliki banyak fitur keuangan. Download sekarang dan langsung praktikkan.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Pencatatan keuangan ini nantinya akan lebih memudahkan Anda dalam membuat rencana pengeluaran dari hasil pendapatan Anda di tahun selanjutnya. 

Karena dengan adanya pertimbangan ini semua proses keluar masuknya uang bisa dikontrol. Terlebih lagi jika pengeluaran Anda lebih banyak dari pada dengan penghasilan Anda setiap bulannya.

Maka sangat penting untuk mengatur keuangan dan menggunakan uang dengan bijak. Karena jika tidak, Anda tidak akan bisa menyimpan uang yang bisa digunakan untuk dana darurat. 

 

Sisihkan Uang untuk Bersedekah 

Seberapapun penghasilan kita, jangan pernah lupa untuk menyisihkan sedikit dari apa yang kita miliki untuk membantu mereka yang tidak mampu. Anda juga harus menuliskan berapa anggaran yang biasa digunakan untuk bersedekah kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Jumlah uang yang digunakan untuk bersedekah ini pun harus di pertimbangkan pada setiap pengeluaran. Hal ini mencegah terjadinya pengeluaran yang berlebih untuk setiap tahunnya. 

 

Meningkatkan Nilai Tabungan 

Untuk mencapai sebuah resolusi keuangan yang lebih maksimal dan optimal di tahun yang baru ini, maka selain mencari dan berusaha mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga harus meningkatkan nilai uang untuk ditabung. 

Jika sebelumnya Anda bisa menabung sebesar Rp 1 juta setiap bulannya. Maka pada tahun 2022 ini, Anda harus bisa menyisihkan jumlah yang lebih besar pada setiap bulannya.

Hal ini dilakukan agar terjadi peningkatan pada urusan keuangan Anda. Sehingga nantinya tidak merepotkan orang lain jika kita dalam keadaan terdesak dan sangat membutuhkan uang dalam jumlah yang banyak. 

Anda juga bisa mulai berinvestasi di tahun ini. Banyak sekali instrumen investasi yang bisa Anda pilih, namun pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jika Anda mau mengetahui lebih dalam mengenai investasi saham, Anda bisa baca ebook berikut ini.

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

 

Disiplin dalam Membayar Tagihan 

Setiap orang pasti memiliki tagihan untuk dibayarkan setiap bulannya. Ada yang memiliki tagihan pada pinjaman online, sampai dengan tagihan pada aplikasi pembelanjaan online. Usahakan Anda selalu membayarnya dengan waktu. 

Mengapa demikian? Karena, jika Anda terlambat membayar tagihan tersebut, maka bisa jadi Anda akan dikenai dengan lebih dari 5% dari total tagihan yang Anda miliki.

Dengan begitu maka anggaran pengeluaran akan semakin banyak dan juga tidak sesuai target yang sudah disusun di awal bulan. 

[Baca Juga: Begini Cara Mengatur Pendapatan Jika Punya Utang Besar]

 

Membuat Rencana Terbaik 

Siapapun harus memiliki planning atau rencana tentang apa saja yang ingin dilakukan di masa depan. Termasuk hal-hal yang bisa Anda lakukan saat sudah tidak bekerja atau pensiun. 

Setidaknya, Anda harus memiliki usaha sampingan yang bisa memberikan penghasilan setiap bulannya untuk mencegah terjadinya krisis keuangan di saat darurat.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan hingga pada surat wasiat. Hal ini mencegah terjadinya perebutan harta di saat Anda sudah tiada. 

Atau jika dalam perkawinan yang Anda jalani sudah memiliki buah hati, maka Anda bisa memberikan seluruh atau sebagian harta yang Anda miliki untuk sang buah hati.

Karena saat ini tidak sedikit orang-orang yang memperebutkan harta setelah sang pemilik resmi dari harta tersebut meninggal. 

Sehingga surat wasiat ini nanti dapat menjadi penentu dan juga surat yang kuat dan sah di mata hukum untuk mempertahankan sesuatu yang memang sudah menjadi hak milik dari sang ahli waris. 

 

Mempertimbangkan Iuran Dana Pensiun 

Dana pensiun yang nantinya diterima tidak sebanyak saat Anda masih bekerja di tempat tersebut. Sehingga, Anda harus mempersiapkan hal-hal di luar dugaan yang mungkin saja terjadi. 

Selain itu Anda juga harus memiliki usaha sampingan yang bisa terus menopang kehidupan Anda di hari tua. Selain itu juga bisa menjadi penghasilan tambahan bagi Anda di masa tua.

Seperti contohnya, Anda bisa memulai membuka usaha rumah makan, rumah kost, ataupun usaha-usaha sampingan lain seperti toko-toko sembako dan yang lainnya. 

Hal-hal inilah yang nantinya akan menyelamatkan tabungan masa tua yang Anda miliki dari terjadinya krisis moneter pada keuangan Anda. 

[Baca Juga: Apa Reksa Dana Bisa Jadi Solusi Untuk Dana Pensiun?]

 

Anda Bisa Meluangkan Waktu Sejenak 

Ketika Anda merasa mulai jenuh dan lelah dengan apa yang sudah dijalani selama ini, maka Anda memerlukan sejenak waktu untuk beristirahat. Mulailah dengan mengobrol santai dengan pasangan atau melakukan piknik sesekali dengan seluruh anggota keluarga. 

Hal ini nantinya dapat me-refresh kembali pikiran Anda dan menghilangkan sedikit rasa jenuh dan juga bosan dengan kehidupan yang monoton.

Sehingga jika Anda sudah mulai lebih segar, Anda bisa kembali menata bagaimana kehidupan ke depan dan juga perencanaan keuangan kedepannya bagaimana. 

Karena semua ini perlu dipikirkan dengan matang-matang dan juga sungguh-sungguh karena menyangkut hari tua dan juga masa depan bersama pasangan ataupun masa depan diri kita sendiri.

Jangan sampai kita menderita di masa-masa yang seharusnya kita tinggal duduk santai dan menikmati hidup dan juga masa tua bersama pasangan kita yang sudah menemani sejak dahulu. 

 

Kesimpulan 

Itulah tadi beberapa hal yang berkaitan dengan resolusi keuangan yang bisa Anda pelajari untuk mendapatkan keadaan keuangan yang lebih baik dan stabil.

Terutama di tengah pandemi seperti ini harus pintar-pintar dalam menyiapkan dana darurat serta pembagian penghasilan setiap bulannya. 

Karena jika tidak, kita akan terjerumus di mana masa-masa kesulitan saat menghadapi pandemi yang semakin parah dan kita tidak memiliki dana cadangan di dalam tabungan yang bisa digunakan untuk bertahan hidup.

 

Jadi, sudah siapkah Anda untuk menyusun resolusi keuangan 2022? Yuk, bagikan pengalaman Anda di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini pada rekan-rekan lainnya. Semoga bermanfaat.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Anggun P. Situmorang. 5 Desember 2021. 5 Tips Menyusun Resolusi Keuangan 2022. Merdeka.com – https://bit.ly/3rMmaJd

 

Sumber Gambar:

  • Cover – Unsplash