Bagaimana cara memaksimalkan hasil investasi reksa dana untuk pemula? Berikut ini 5 tips yang dapat Anda manfaatkan untuk memaksimalkan investasi reksa dana, khusus untuk pemula.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Sekilas Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang sedang populer di Indonesia. Banyak orang-orang yang mulai menjadi investor pemula di reksa dana. Peningkatan jumlah investor reksa dana bukanlah hal yang aneh, karena reksa dana adalah investasi yang cukup praktis dan memiliki banyak keuntungan.

5 Cara Memaksimalkan Hasil Investasi Reksa dana untuk Pemula - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana]

 

Investor pemula biasanya adalah investor yang belum memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan. Mereka juga belum memiliki strategi untuk berinvestasi. Sebenarnya investasi reksa dana dapat dioptimalkan, jika para investor pemula ini mau meluangkan waktunya untuk mempelajari investasi reksa dana. Pertanyannya bagaimana cara memaksimalkan hasil investasi reksa dana untuk pemula?  

 

5 Cara Memaksimalkan Hasil Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Berikut ini 5 cara memaksimalkan hasil investasi reksa dana untuk pemula:

 

Memulai dari Angka Kecil

Memulai berinvestasi adalah tindakan positif yang harus diapresiasi. Bagi pemula, berinvestasi idealnya dimulai dari jumlah yang kecil. Tujuannya adalah memperkecil risiko, dengan jumlah investasi yang masih dalam batas toleransi. Batas toleransi adalah angka dimana Anda tidak merasa keberatan, jika terjadi kehilangan atau penurunan jumlah.

 

Belajar investasi itu ibarat orang belajar berenang. Namanya orang belajar berenang tentu saja harus masuk ke air kan? Tetapi masuk airpun pastinya ke kolam yang dangkal terlebih dahulu. Nah berinvestasi dengan angka kecil ini sama dengan kolam yang dangkal. Tujuannya jika hasil investasi reksa dananya turun, maka kerugian maksimum masih dalam batas toleransi.

[Baca Juga: Apa Jadinya Jika Uang Ngopi untuk Investasi?]

 

Misal Pak Ronald adalah karyawan swasta dengan penghasilan Rp 3.000.000 per bulan. Nah saat ini dia memutuskan untuk mengurangi jatah nonton bioskop dan ngopi-ngopi sebesar Rp 100.000 per bulan. Uang tersebut digunakan untuk berinvestasi di reksa dana. Uang sebesar Rp 100.000 masih dalam batas toleransi. Artinya jika sampai terjadi risiko (harga reksa dana turun), maka tidak akan menganggu kondisi keuangan Pak Ronald. Ow ya Anda juga dapat berinvestasi reksa dana mulai dari Rp 100.000.

 

Tingkatkan Pengetahuan Mengenai Investasi Reksa Dana

Selain memulai dari angka kecil, Anda juga harus meningkatkan pengetahuan tentang investasi reksa dana. Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghitung keuntungan berinvestasi, memahami jam transaksi reksa dana, bagaimana cara melakukan strategi dollar cost averaging, bagaimana cara mengurangi fee jual dan beli, kapan waktu yang tepat untuk melakukan switching, bagaimana cara membaca fund fact sheet, bagaimana cara memabaca prospectus dan lain sebagainya. Jika Anda mau belajar tentang investasi reksa dana, mulailah dari mempelajari istilah – istilah.

 

Tingkatkan Pengalaman Berinvestasi Reksa Dana

Tahukah Anda berapa banyak produk reksa dana yang ada di Indonesia? Yup jawabannya lebih dari 500 produk reksa dana. Bagaimana cara Anda memilih produk reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Jawabannya adalah dengan pengalaman. Anda perlu mencoba berinvestasi, memahami karakteristik produk, mempelajari kondisi ekonomi Indonesia dan lain sebagainya. Menurut kami tidak ada produk investasi reksa dana yang hebat sekali. Yang ada adalah produk investasi reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi Anda harus memiliki strategi dalam memilih produk dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Minimalkan Biaya-Biaya dalam Investasi Reksa Dana

Tahukah Anda biaya-biaya apa saja yang dikenakan kepada Anda saat berinvestasi reksa dana? Coba cek kata-kata “fee”, biasanya ada “fee beli”, “fee jual”, “switching fee” dan lain sebagainya. Nah usahakan cari reksa dana yang memberikan promo atau penawaran tanpa fee.

[Baca Juga: Mengenal Biaya-Biaya Reksa Dana]

 

Coba mari kita berhitung, sebuah reksa dana menghasilkan keuntungan sebesar 10%. Jika Anda membeli di bank A, Anda dikenai fee beli dan fee jual sebesar 2%. Jadi hasil bersih investasi Anda dalah 8%.

Produk yang sama ditawarkan oleh Bank B. Perbedannya bank B memberikan penawaran dengan diskon fee masuk, sehingga Anda hanya dikenakan fee jual sebesar 1%. Jika hasil investasi reksa dana 10%, maka keuntungan bersih Anda adalah 9%. Jadi kalau memang bisa menghemat biaya, kenapa tidak? Berita baiknya salah satu keuntungan investasi reksa dana melalui online adalah tidak ada fee beli dan fee jual. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencobanya kan?

[Baca Juga: Investasi di Reksa Dana Online]

 

Miliki Strategi dan Rencana Keuangan

Apakah Anda pernah mengendarai mobil atau motor di tempat baru tanpa menggunakan gps? Apa yang Anda rasakan? Tentu saja Anda akan merasa bingung dan tentu saja mudah tersesat bukan?

 

Iklan Bareksa 2 - 728x250 - Jangan Menunda Investasi Reksadana Online

 

Sama seperti berinvestasi reksa dana, banyak pemula yang berinvestasi tanpa menggunakan peta atau gps. Berinvestasi hanya modal “NEKAT”, “DITAWARI TEMAN”, “IKUT-IKUTAN TEMAN” atau “HANYA MAIN”. Jika Anda benar-benar ingin memaksimalkan hasil investasi reksa dana, maka Anda harus memiliki rencana keuangan (financial planning).

[Baca Juga: Berinvestasi Sesuai dengan Rencana Keuangan]

 

Sebuah rencana keuangan, akan membantu Anda untuk menentukan strategi investasi. Berapa jumlah yang harus diinvestasikan? Membantu dalam memilih produk investasi reksa dana yang tepat. Intinya jika Anda berinvestasi dengan rencana keuangan, Anda memiliki arah dalam melangkah.

 

Solusi Memaksimalkan Hasil Investasi Reksa Dana untuk Pemula adalah …

Dapat kita simpulkan lima hal yang dapat Anda lakukan, sebagai investor pemula untuk memaksimalkan hasil investasi:

  1. Mulai dari jumlah investasi yang kecil dan dalam batas toleransi. Artinya apapun hasil investasinya, tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan Anda.
  2. Berinvestasilah pada pendidikan dan pengetahuan mengenai investasi reksa dana.
  3. Berinvestasi dengan jumlah kecil artinya Anda berenang di kolam yang dangkal. Agar Anda lebih jago Anda perlu lebih banyak latihan dan pengalaman.
  4. Minimalkan biaya-biaya yang ada dalam investasi reksa dana.
  5. Berinvestasi dengan menggunakan rencana keuangan dan strategi investasi.

 

Apakah Anda sudah mengetahui tujuan hidup dan IKIGAI Anda? Silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom komentar berikut ini.

 

Sumber Gambar:

  • Success – http://goo.gl/nZ3P0d

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang