Saat ini banyak diantara Kita berusaha mencari cara baru untuk mengemat uang. Sayangnya dalam usaha pencarian cara-cara menghemat uang, Kita cenderung lupa menjalankan ide-ide sederhana (cenderung kuno). Memang sesuatu yang dianggap baik di masa lalu belum tentu baik di masa yang akan datang. Tidak ada salahnya Kita coba lihat 5 Cara Menghemat Uang.

saving-tips_2245371b 5 Cara menghemat uang

 

Cara Menghemat Uang 1: Beli Barang Bekas

Cara mengehamat uang yang paling mudah adalah membeli bahan bekas. Cara paling sederhana ini belum tentu cocok untuk semua produk. Tetapi membeli barang-barang bekas: mobil bekas, rumah, konsol permainan, barang-barang elektronik bahkan payung dan jaket adalah cara mudah menghemat uang.

Sebelum membeli barang bekas harus ada strategi khusus yaitu membeli tidak pada saat dibutuhkan, tetapi akan dibutuhkan. Wah ini maksudnya membeli barang yang tidak dibutuhkan? Ya, Kita membeli barang-barang yang tidak Kita butuhkan sekarang tetapi nanti pasti dibutuhkan. Pernah dengar ada orang-orang yang sering mengatakan: Kalo lagi dibutuhkan tidak ketemu, tetapi kalo lagi tidak dibutuhkan malah kelihatan. Nah itu strateginya, membeli barang-barang bekas tidak boleh terburu-buru.

Contoh Ada seorang Ibu berjanji pada anaknya, Nanti waktu bagi rapor (3 bulan lagi) apabila nilai si anak bagus, Ibu akan membeli sebuah PS3. Tidak ada salahnya jika Ibu tersebut mulai mencari PS3 bekas dari sekarang. Lihat dan cek PS3 di toko-toko barang bekas dari segi fungsi, harga dan lain-lain. Memahami apa yang akan Kita butuhkan di masa depan, memudahkan Kita mencari, membeli dan menghemat uang.

 

Cara Menghemat Uang 2: Hemat Energi

lampu-hme1 menghemat uang

[Baca juga : 10 Pekerjaan Sampingan yang Menghasilkan untuk Ibu Rumah Tangga, Mompreneur]

 

Cara menghemat uang ini adalah cara yang paling mudah dan murah, yaitu memanfaatkan energi sesuai kebutuhan. Paling gampang adalah matikan lampu atau listrik-listrik saat tidak dibutuhkan.

 

Cara Menghemat Uang 3: Kurangi Biaya penyebab Bocor Halus

Menghemat uang dengan mengurangi bocor halus adalah hal yang kecil dan mudah dijalankan. Sebelumnya pernah dengar mengenai bocor halus? Nah kalo belum pernah dengar Bocor Halus keuangan silakan baca terlebih dahulu:

70-cara-mengatasi-kesulitan-seperti-para-miliarder-yang-harus-andatiru-1-finansialku

[baca juga : Mengatur Keuangan Keluarga: BOCOR HALUS]

 

Contoh gampangnya adalah: Sebulan berapa kali ntraktir temen? Emang ga boleh traktir temen? Boleh kok, Cuma jangan lebay (tiap hari, pagi siang sore), traktir boleh secukupnya atau dalam batas wajar.

 

Cara Menghemat Uang 4: Beli dalam Kuantitas Besar

Meminta diskon kepada penjual biasanya lebih mudah dilakukan jika Kita membeli dalam kuantitas besar. Sayangnya tidak semua barang bisa Kita beli dalam kuantitas besar. Contoh keluarga muda yang masih memiliki anak berumur di bawah satu tahun, kebutuhan popok pasti cukup banyak kan? Nah saatnya membeli dalam jumlah besar, agar bisa mendapatkan diskon.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan Anda memiliki ruangan yang cukup apabila membeli dalam kuantitas besar.
  2. Beli hanya produk-produk yang Anda yakin akan digunakan.
  3. Untuk barang-barang mudah rusak, pastikan Anda tidak membeli dalam kuantitas karena Anda tidak akan punya waktu untuk menggunakannya sebelum barang tersebut menjadi rusak.

 

Cara Menghemat Uang 5: Gunakan Transportasi Umum atau Sepeda

women_s_gray_bike_to_work_pants_2 menghemat uang

[Baca juga : Begini Caranya, Punya Taman di Rumah dan Tetap On Budget]

 

Bepergian dalam jarak kurang dari 2 km, nah ini saatnya Kita bisa gunakan sepeda. Menggunakan transportasi umum atau sepeda dapat menghemat biaya. Khusus untuk sepeda ada manfaat-manfaat tambahan yaitu latihan cardio gratis. Berkendara dengan sepeda dapat dikatakan sehat di badan, sehat di dompet.

 

Kesimpulan

5 Cara menghemat uang adalah:

  1. Beli Barang Bekas
  2. Beli Barang Bekas
  3. Kurangi Biaya penyebab Bocor Halus
  4. Beli dalam Kuantitas Besar
  5. Gunakan Transportasi Umum atau Sepeda

 

Punya ide lain cara menghemat uang? Jangan lupa dishare, semoga Kita dapat saling belajar cara menghemat uang.

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuMembeli atau Menyewa RumahBaca
finansialkuApa itu Kebebasan KeuanganBaca
finansialkuMengajarkan Anak untuk Mengelola KeuanganBaca
finansialkuWaspadai Penipuan Kartu Kredit dan Kartu DebitBaca
finansialkuRencana Keuangan Ketiga: Dana PendidikanBaca