Apa saja pekerjan sampingan yang dapat menghasilkan untuk ibu rumah tangga, mompreneur? Simak 10 pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan sebagai mompreneur.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Para Mompreneur, Kenali 10 Pekerjaan Sampingan yang Menghasilkan untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi wanita yang telah menikah, menjalankan peran sebagai seorang ibu rumah tangga tentu akan menjadi prioritas utama. Hal ini akan sangat menyenangkan, mengingat semua waktu yang dimiliki dapat dicurahkan untuk mengurus seluruh anggota keluarga. Namun, pada beberapa kesempatan, seorang ibu rumah tangga juga seringkali memiliki sejumlah waktu luang di sela-sela kesibukannya sehari-hari, sehingga memungkinkan mereka untuk bisa menjalankan kerja sampingan.

 

10-pekerjaan-sampingan-yang-menghasilkan-untuk-ibu-rumah-tangga-mompreneur-finansialku

[Baca Juga : 5 Cara Mencapai Kebebasan Keuangan unuk Para Perempuan Indonesia]

 

Kerja sampingan yang dapat dijalankan di rumah, memilii banyak manfaat seperti ibu meningkatkan produktif, dapat mencurahkan kreatifitas dan juga kemampuan yang mereka miliki. Hal ini akan membuat para ibu rumah tangga lebih bahagia, terutama jika pekerjaan sampingan tersebut memang sesuai dengan minat mereka. Meski pada awalnya hanya sebagai hobi semata, namun kerja sampingan juga sangat menjanjikan, sehingga sangat tepat dijadikan sebagai peluang usaha untuk menambah penghasilan tambahan.

 

Pekerjaan Sampingan yang Tepat dan Menghasilkan

Meski ada banyak jenis pekerjaan di luar sana, namun sangat penting untuk menemukan satu yang paling tepat dan dapat menghasilkan dengan baik. Kami sering menemui ibu-ibu yang “kebakaran jenggot”, buka usaha ini, buka usaha itu, dah akhirnya gagal fokus. Padahal yang namanya menjalankan bisnis itu butuh modal uang, modal tenaga, modal pikiran dan modal waktu. Niat awalnya ingin menambah pemasukan, eh malah jadi nambah pengeluaran. Sebelum Anda terjebak dengan kondisi itu kenali dulu, 3 jenis penghasilan:

  1. Penghasilan Aktif : penghasilan yang didapat karena seseorang bekerja, menukarkan waktu, keringat, pikiran, uang dan terkadang perasaan untuk menghasilkan uang.
  2. Penghasilan Investasi : penghasilan yang didapat karena seseorang menggunakan uangnya untuk menghasilkan uang.
  3. Penghasilan Pasif : penghasilan yang didapat karena aset Anda bekerja menghasilkan uang.

 

10-pekerjaan-sampingan-yang-menghasilkan-untuk-ibu-rumah-tangga-mompreneur-2-finansialku

[Baca Juga : Anda  Juga Bisa Jadi Kaya dengan Cara Ini]

 

Kebanyakan ibu rumah tangga dan tips-tips di internet hanya focus pada penghasilan aktif. Kali ini kami juga akan share penghasilan dari investasi dan penghasilan pasif.  Simak beberapa pilihan kerja sampingan berikut ini, yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga:

 

#1 Penghasilan Aktif dari Membuka Usaha Katering

Pekerjaan ini sangat tepat bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak dan senang bereksperimen di dapur dengan berbagai resep pilihan. Bisnis katering adalah salah satu jenis bisnis yang tidak pernah sepi, sebab sepanjang tahun orang-orang akan selalu membutuhkan layanan tersebut. Menyediakan berbagai pilihan makanan yang digemari oleh banyak orang, akan membuat usaha ini dapat berjalan dengan lancar dan berumur panjang. Usaha katering ini dapat dimulai dari skala kecil, yakni dengan menawarkan dan memenuhi kebutuhan orang-orang terdekat, seperti: tetangga, teman, keluarga, sahabat. Namun jika ditekuni dengan giat, maka usaha katering rumahan ini bisa saja berkembang menjadi besar dan memiliki pelanggan yang banyak.

mengapa-papa-sudah-mikirin-waris-padahal-masih-sehat-finansialku

[Baca Juga : 5 Tips Mengembangkan Bisnis Kuliner dan Rumah Makan Milik Anda]

 

#2 Penghasilan Aktif dari Menjadi Seorang Penulis, Freelance Online

Anda dapat menjalankan bisnis atau pekerjaan sampingan yang berhubungan dengan hobi dan IKIGAI. Jika Anda memiliki bakat dan minat yang besar di bidang menulis, maka menjadi seorang penulis profesional dapat dijadikan sebagai pilihan. Anda dapat memanfaatkan beberapa website (contoh : projects.co.id dan sribulancer) untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penulis freelance.

 

#3 Penghasilan Aktif Menjalankan Bisnis Tanaman

Usaha yang satu ini juga patut dijadikan sebagai pilihan, terutama jika memiliki pekarangan yang cukup luas untuk dijadikan lahan tanam. Namun, meski tidak memiliki lahan yang luas, bertanam dengan menggunakan media tanam hidroponik dapat dijadikan sebagai pertimbangan. Saat ini, berbagai sayuran dan buah organik sangat digemari, dan tentu saja ini dapat dijadikan sebagai peluang kerja yang baru bagi ibu rumah tangga yang memang memiliki minat berkebun.

 

2 Jurus Membesarkan Bisnis dan Menjadi Miliarder - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 2 Jurus Membesarkan Bisnis dan Menjadi Miliarder]

 

#4 Penghasilan Aktif  Membuat Aneka Kerajinan Tangan

Keahlian dalam membuat berbagai jenis kerajinan tangan juga dapat dijadikan sebagai  kerja sampingan. Hal ini bahkan akan terasa menyenangkan dan mudah dilakukan dengan adanya jaringan internet, di mana berbagai jenis kerajinan tangan dapat dipelajari dan dibuat dengan mudah. Bukan hanya itu saja, internet juga dapat mempermudah proses pemasaran hasil kerajinan tersebut. Buatlah berbagai kerajinan tangan yang berkualitas  dan memiliki pangsa pasar yang luas, sehingga kelak akan mudah dipasarkan.

 

#5 Berinvestasi Emas atau Logam Mulia

Pada kondisi tertentu, Anda sebagai ibu rumah tangga mengalami kesulitan untuk menjalankan bisnis. Tidak ada salahnya. Jika Anda fokus untuk berinvestasi. Anda dapat memanfaatkan investasi logam mulia atau emas. Untuk investasi emas, sebaiknya pilih emas jenis logam mulia.

bagaimana-cara-investasi-ala-ibu-rumah-tangga-finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana Investasi Logam Mulia ANTAM atau Perhiasan Emas ya ?]

 

#6 Berinvestasi Uang Asing

Jika Anda hobi travelling tidak ada salahnya Anda berinvestasi uang asing. Sebaiknya belilah uang asing dalam bentuk bank note atau uang beneran. Jangan melakukan pembelian atau investasi mata uang asing (forex) dengan skema future, jika belum menguasai. Anda dapat membeli dollar atau mata uang asing di bank atau money changer. Cara berinvestasi mata uang asing yang sering dilakukan ibu-ibu adalah : beli di harga yang murah dan jual pada saat harga naik.

 

#7 Berinvestasi Reksa Dana

Investasi reksa dana dapat menjadi salah satu alternative untuk sumber pemasukan investasi. Investasi reksa dana tidak perlu dikontrol setiap hari. Anda cukup memilih perusahaan manajer investasi dan produk reksa dananya. Perusahaan manajer investasi tersebut yang akan membantu mengelola uang Anda.

Jangan Bingung Memilih Reksa Dana, Pilih yang Sesuai Tujuan Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula]

 

#8 Penghasilan Pasif dengan Membeli Waralaba Laundry, Makanan, Tempat Les

Pada poin sebelumnya, kita hanya focus pada penghasilan aktif dan penghasilan investasi. Kali ini Anda perlu mempertimbangkan penghasilan pasif. Salah satu cara mendapatkan penghasilan pasif adalah dengan menggunakan warlaba (franchise). Anda dapat membeli dan menjalankan waralaba laundry, makanan atau tempat les.

 

#9 Membuat Website dan Bisnis Pasif Online

Sebagai ibu rumah tangga, Anda juga dapat menjalankan bisnis online. Anda dapat membuat sebuah blog atau website (bahkan vlog) yang dapat menghasilkan pemasukan otomatis dari iklan, penjualan produk, menjadi sponsor dan lain sebagainya.

Apakah Karyawan Bisa Memiliki Pendapatan Pasif dengan Bisnis Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Apakah Saya Bisa Memiliki Pendapatan Pasif dengan Bisnis Online?]

 

#10 Penghasilan Pasif dengan Menciptakan Karya Musik, Tulisan, Permainan untuk Royalti

Apakah Anda termasuk seorang ibu rumah tangga yang kreatif, mampu membuat novel, buku karangan fiksi atau non fiksi, menulis lagu atau malah membuat games? Anda dapat menggunakan kemampuan dan bakat tersebut untuk mendapatkan penghasilan pasif. Ya dalam industry kreatif dikenal istilah royalty. Untuk lebih mengenal penghasilan pasif, Anda dapat membaca di sini.

 

Pilih yang Sesuai Minat dan Memiliki Peluang Cerah

Memulai sebuah usaha yang menjanjikan atau pekerjaan sampingan, bukanlah sebuah hal yang baru bagi ibu rumah tangga. Apapun yang menjadi alasan utamanya, pada umumnya hal ini dilakoni untuk mendapatkan sejumlah penghasilan tambahan. Pilih pekerjaan yang sesuai minat dan kemampuan, tentunya yang memiliki peluang yang cerah dan juga menjanjikan.

 

5 Cara Menambah Penghasilan Gak Pake Ribet

 

Sumber Gambar

  • Mompreneur – https://goo.gl/apqddg dan https://goo.gl/QHpZdO

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang