Perencana keuangan atau financial planner adalah profesi baru di Indonesia. Profesi ini lahir pada awal tahun 2000an. Para pembaca pernah mendengar profesi ini? Yuk mari kita berkenalan dengan profesi perencana keuangan. Pada artikel ini tim Finansialku hanya membahas singkat mengenai perencana keuangan. Untuk lebih detilnya kita akan bahas lebih dalam pada artikel-artikel berikutnya.

profesi perencana keuangan

 

Profesi Perencana Keuangan

Perencana keuangan adalah profesi yang bertugas untuk membantu Anda atau klien menyiapkan rencana keuangan. Rencana keuangan sendiri berisi tujuan-tujuan keuangan yang akan dicapai oleh klien, seperti rencana pensiun, dana pendidikan, rencana investasi, rencana pengamanan (asuransI), dana darurat, rencana membeli mobil baru, rumah dan lain-lain.

Pertanyaan mengapa harus dibuat rencana keuangan? Ok, jawabannya cukup simpel, karena tidak semua apa yang kita ingin capai dapat dipenuhi oleh kondisi keuangan kita. Coba bayangkan berapa contoh kasus:

Berapa dana yang yang perlu dipersiapkan seseorang yang mau menikah: dana pernikahan (baju, eo, makanan, tempat, dan lain-lain), rumah (beserta perlengkapannya) dan mobil. Berapa waktu yang perlu Anda siapkan? Bagaimana cara Anda mempersiapkan (melalui investasi di deposito, reksadana, emas, obligasi property atau lain-lainnya)?

  • Apabila Anda ingin pergi berliburan atau perjalanan Ibadah, berapa yang harus dipersiapkan? Berapa lama? Bagaimana cara mempersiapkannya?
  • Perencana keuangan hadir untuk membantu Anda, mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda.

Perencana keuangan di Indonesia umumnya dibedakan menjadi dua yaitu:

Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Menurut Perencana Keuangan, Apakah Kita Boleh Hutang ?]

 

1. Perencana keuangan yang independen

Perencana keuangan independen biasanya memiliki kantor atau badan hukum sendiri. Mereka memasang harga berdasarkan biaya untuk nasihat-nasihat keuangan, seminar keuangan dan jasa pembuatan rencana keuangan. Kelebihannya adalah nasihat-nasihat keuangan lebih beragam (seperti produk investasi).

 

2. Perencana keuangan yang dependen atau terafiliasi dengan perusahaan

Perencana keuangan dependen biasanya bergabung dengan perusahaan investasi dan mereka mendapatkan penghasilan dari fee penjualan produk keuangan. Biasanya perencana keuangan ini bekerja sama dengan sekuritas, bank-bank penjual produk investasi dan tentunya perusahaan asuransi. Mengenai detil produknya jelas pasti lebih jago perencana keuangan dependen, karena perencana keuangan dependen mengetahui rahasia dapur perusahaan investasi.

 

Cara Kerja Perencana Keuangan

Cara kerja perencana keuangan adalah sebagai berikut:

Step 1
Menentukan tujuan bersama. Penetapan tujuan ini dilakukan bersama-sama antara perencana keuangan dan klien.

Step 2
Mengumpulkan data-data yang relevan. Data-data ini biasanya di dapat dari data-data external (misal biaya pendidikan, biaya pernikahan) dan data internal (pendapatan per bulan, pola konsumsi klien).

Step 3
Analisa informasi yang telah didapatkan. Analisa dilakukan dengan menggunakan ilmu-ilmu perencana keuangan. Perencana keuangan telah mendapatkan pendidikan untuk dapat melakukan perhitungan-perhitungan yang diperlukan.

Step 4
Pembuatan rencana keuangan. Perencana keuangan akan mendiskusikan hasil perhitungan yang mereka dapat dengan klien.

Step 5
Implementasi strategi untuk menjalankan rencana biasanya dilakukan dengan nasihat: kemana sebaiknya Anda berinvestasi, konsumsi apa yang perlu ditekan, bagaimana cara meningkatkan pendapatan, dan lain-lain.

Step 6
Mengawasi dan meninjau ulang rencana keuangan. Kegiatan ini 100% perlu bantuan dari klien, karena perencana keuangan tidak mengurus pengeluaran harian klien. Klien sebaiknya memiliki catatan atas pemasukan dan pengeluarannya. Bagaimana cara mencatatnya paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan kertas dan bolpen, sedikit lebih canggih dengan menggunakan software worksheet, seperti Microsoft Excel. Apabila sudah terlalu kompleks Anda dapat menggunakan software special untuk keuangan pribadi.

 

Perencana Keuangan di Indonesia

Perencana keuangan di Indonesia tergabung dalam sebuah klub yang disebut dengan IFPC (Independent Financial Planner Club). IFPC terdiri dari 13 perusahaan, dan hampir semuanya berada di Jakarta.

IFPC-Member

 

 

Bagaimana? Apakah sudah cukup mengenal profesi perencana keuangan di Indonesia? Mungkin masih banyak hal yang Anda ingin tahu, mengenai profesi ini. Silakan tinggalkan komentar di bawah, kami akan berusaha membahasnya.