Dua Tipe Perencana Keuangan di Indonesia. Tipe pertama adalah perencana keuangan dependen dan perencana keuangan independen. Apakah perbedaan dua tipe perencana keuangan tersebut?

 

Dua Tipe Perencana Keuangan

Indonesia mengenal dua tipe perencana keuangan (financial planner), yaitu perencana keuangan independen dan perencana keuangan dependen (tied financial planner).

 

Perencana Keuangan Dependen

Tipe perencana keuangan pertama adalah perencana keuangan dependen (tied financial planner).

Mungkin Anda pernah bertemu dengan agen asuransi, tenaga penjual sekuritas atau bank yang menuliskan jabatan perencana keuangan di kartu namanya?

Jika pernah, berarti teman-teman sudah pernah ketemu dengan perencana keuangan dependen atau terikat dengan institusi keuangan tertentu. Mereka pada umumnya akan menjelaskan produk keuangan yang mereka jual.

  • Jika mereka agen asuransi, mereka akan menawarkan produk-produk asuransi.
  • Jika mereka tenaga penjual sekuritas, mereka akan menawarkan produk-produk investasi, seperti reksa dana atau saham.
  • Jika mereka karyawan bank, mereka akan menawarkan deposito, bancassurance atau reksa dana.

 

Mereka memiliki informasi produk yang lebih update mengenai produk yang mereka jual. Darimana keuntungan yang didapat dari perencana keuangan dependen?

Mereka mendapat keuntungan dari gaji tempat mereka bekerja (bank, perusahaan sekuritas) atau komisi atas penjualan produk-produk keuangan (komisi penjualan asuransi, komisi penjualan reksa dana dan lainnya).

Perencana keuangan dependen, umumnya tidak menghasilkan rencana keuangan (book plan). Mereka menawarkan produk-produk keuangan yang mereka jual: asuransi, reksa dana, produk-produk perbankan dan lainnya.

 

Perencana Keuangan Independen

Tipe perencana keuangan kedua adalah perencana keuangan independen (independent financial planner).

Perencana keuangan yang dependen atau terikat pada perusahaan, umumnya tidak melayani jasa konsultasi perencanaan keuangan.

Fokus mereka adalah memberikan solusi keuangan kepada kliennya dengan menggunakan produk-produk yang dijual.

Bagaimana dengan perencana keuangan independen?

Perencana keuangan independen adalah perencana keuangan yang tidak terikat dengan perusahaan keuangan tertentu.

Jika teman-teman berkonsultasi dengan perencana keuangan independen, maka teman-teman akan mendapat penjelasan dan solusi dari permasalahan atau tantangan keuangan yang teman-teman hadapi.

[Baca Juga: Apakah Saya Butuh Jasa Perencana Keuangan Independen?]

 

Mana yang Sesuai Buat Saya?

Dari dua tipe perencana keuangan tersebut mana yang lebih sesuai dengan saya?

  • Jika Anda membutuhkan solusi perencanaan keuangan yang khusus dirancang untuk Anda, perencana keuangan independen lebih cocok untuk Anda.

Jika Anda konsultasi dengan perencana keuangan independen Anda akan menerima sebuah buku berisi rencana keuangan keluarga Anda.

  • Jika Anda ingin membeli produk keuangan tertentu, misal reksa dana XYZ, Anda lebih cocok diskusi dengan perencana keuangan yang ada di bank atau sekuritas yang menjual reksa dana XYZ.

Mereka akan lebih tahu berapa fee masuk dan keluar, deposit minimum dan lainnya.

 

Kesimpulan

Di Indonesia mengenal dua tipe perencana keuangan, yaitu perencana keuangan independen dan perencana keuangan dependen.

Anda harus cermat memilih menggunakan jasa perencana keuangan independen atau perencana keuangan dependen.

Finansialku menyediakan wadah tempat Anda berkonsultasi dengan Perencana Keuangan independen bersertifikat yang bisa memandu Anda dalam merencanakan keuangan secara menyeluruh.

Hubungi kami melalui Menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku atau melalui link berikut ini Konsultasi Keuangan. Anda juga dapat menjadwalkan konsultasi melalui WhatsApp.

Banner Konsultasi WA - PC
Banner Konsultasi WA - HP

 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar informasi di atas, yuk tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share artikel ini karena bisa jadi saudara atau teman Anda sedang membutuhkan informasi ini. Semoga bermanfaat.