5 Tips Mempersiapkan Uang Pensiun dari Perencana Keuangan Independen Finansialku. Tips ini cocok untuk Anda yang berusia 20 an, 30 an dan 40 an. Jika Anda sudah berusia 50 an, mungkin tips ini kurang sesuai.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5 Tips Mempersiapkan Uang Pensiun

Langsung saja kita bahas apa saja yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan uang pensiun:

5 Tips Mempersiapkan Uang Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Tahu Berapa Jumlahnya dan Kapan Harus Dipenuhi

Tips pertama dalam mempersiapkan uang pensiun adalah tahu berapa yang perlu disiapkan dan kapan harus dipenuhi. Pensiun (hari tua) termasuk kebutuhan jangka panjang, bisa 10 – 20 tahun lagi. Perhatikan faktor inflasi (kenaikan harga) dalam menghitung jumlah uang pensiun yang dibutuhkan.

 

Berapa yang Diperlukan untuk Dana Hari Tua - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Poin pertama ini adalah poin yang paling penting, namun tidak diperhatikan banyak orang. Kebanyakan dari orang langsung loncat kepada produk investasi, tanpa menghitung berapa kebutuhannya dan kapan harus terpenuhi.

 

Mengenal Kendaraannya

Tips kedua dalam mempersiapkan uang pensiun adalah kenali kendaraannya. Pilih kendaraan: produk investasi atau produk proteksi untuk memenuhi kebutuhan Anda. Cari kendaraan yang sesuai dengan tujuan Anda.

 

Ingat investasi adalah sebuah rencana, bukan hanya sekedar produk.

 

Lho kok ada produk investasi atau produk proteksi? Begini misal Anda saat ini berusia 31 tahun, baru menikah dan punya anak. Saat ini Anda belum memiliki asuransi jiwa dan investasi, serta Anda tipe orang yang tidak mau repot. Mungkin produk proteksi plus investasi (unitlink) bisa jadi lebih cocok.

Kalau Anda saat ini baru berusia 25 tahun belum memiliki tanggungan, mungkin Anda dapat memilih produk reksa dana atau investasi saham dengan tujuan jangka yang sangat panjang.

 

Hitung Berapa yang Harus Diinvestasikan

Tips ketiga dalam mempersiapkan dana hari tua adalah menghitung berapa jumlah yang harus diinvestasikan. Setelah tahu berapa jumlahnya, kapan harus disiapkan dan bagaimana strateginya mulai kita hitung berapa yang harus diinvestasikan setiap tahunnya atau setiap bulannya.

Sederhananya jika Anda saat ini berusia 40 an tahun dan baru mempersiapkan dana hari tua, maka Anda harus berinvestasi lebih banyak dibanding teman-teman yang baru berusia 20an.

 

Perhatikan Faktor – Faktor yang Kurang Menguntungkan

Tips keempat dalam mempersiapkan dana hari tua adalah perhatikan dengan cermat faktor-faktor yang kurang menguntungkan. Apa ini maksudnya? Dalam berinvestasi selalu saja ada biaya, contoh pajak, fee beli, fee jual, fee switching dan lain sebagainya. Pastikan faktor-faktor yang kurang menguntungkan ini dapat diminimalisasi. Pilih produk investasi dengan cermat dan lakukan perhitungan yang cukup detil.

 

Awas Investasi Bodong!

Tips kelima dalam mempersiapkan dana hari tua adalah: awas investasi bodong. Jangan mudah tergiur dengan rayuan produk-produk investasi dengan skema yang mudah menjanjikan hasil tinggi. Pelajari terlebih dahulu produknya baru mengambil keputusan.

 

Bonus: Pensiun Muda, Pensiun Kaya!

Pada kesempatan ini pula, Finansialku ingin berbagi sebuah ide atau pemikiran apakah kita bisa pensiun muda dan kaya (retire young, retire rich)? Jika Anda ingin tahu lebih detilnya, Anda dapat membaca buku karangan Robert T. Kiyosaki. Idenya adalah, kita mengubah pendapatan aktif kita menjadi pendapatan pasif.

Coba lihat siklus di bawah ini:

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Lihat pada bagian pendapatan, pada gambar di atas. Ternyata sumber pendapatan itu ada beberapa jenis: Pendapatan aktif (gaji, bonus, usaha), pendapatan portofolio (hasil investasi reksa dana, dividen, bunga deposito) dan pendapatan pasif (royalti, sewa rumah). Nah usahakan kita ubah pendapatan aktif kita menjadi pendapatan pasif. Semua orang bisa lho mulai membangun pendapatan pasif. Kami pun Finansialku juga sedang bergerak ke arah pendapatan pasif. Tahukah Anda anak berusia 8 tahun saja juga sudah bisa membangun pendapatan pasifnya.

Percaya atau tidak anak berusia sekitar 8 tahun ini mampu menciptakan pendapatan pasifnya melalui iklan dan review berbayar (review ads) di YouTube. Coba tebak berapa kekayaannya?

 

You Tube courtesy, EvanTube HD

Berdasarkan Huffingtonpost kekayaan anak tersebut mencapai 1,3 juta US$.

 

Kesimpulan

Jadi 5 tips + bonus mempersiapkan dana hari tua adalah:

  1. Tahu Berapa Jumlahnya dan Kapan Harus Dipenuhi
  2. Mengenal Kendaraannya
  3. Hitung Berapa yang Harus Diinvestasikan
  4. Perhatikan Faktor – Faktor yang Kurang Menguntungkan
  5. Awas Investasi Bodong!

Bonus: Pensiun Muda, Pensiun Kaya!

 

Apakah Anda sudah mempersiapkan dana hari tua Anda?

 

Image Credit:

  • Retirement – http://goo.gl/UuJQmT
  • Caroline Bologna. 19 September 2014. 8-Year-Old Kid Makes $1.3 Million A Year With His Viral YouTube Videos. HuffingtonPost: http://goo.gl/jXiJcv. Diakses pada 28 Agustus 2015. 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang