Kekayaan budaya yang ada di Indonesia ternyata bisa goes to international lho! Kira-kira budaya Indonesia apa saja yang sudah mendunia?

Agar lebih jelas, yuk, simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Budaya Indonesia di Mata Dunia

Negara yang terdiri dari 34 provinsi dengan masing-masing budaya khasnya selalu mampu menarik perhatian wisatawan, baik kalangan asing atau lokal.

Tak hanya memiliki kekayaan alam yang banyak, namun Indonesia juga kaya akan budayanya yang beragam.

Mulai dari Sabang hingga Merauke, setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya masing-masing yang sangat unik dan beragam.

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan kebudayaan dan keseniannya. Bahkan ada beberapa budaya Indonesia yang sudah diakui serta tercatat dalam UNESCO.

Tidak sedikit warga Negara asing yang datang ke Indonesia untuk mempelajari budaya Indonesia.

Tak hanya itu, dalam setiap kunjungannya ke beberapa tempat wisata yang ada di Indonesia, Warga asing pasti akan terpesona dengan budaya Indonesia.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

12 Budaya Indonesia yang Mendunia

Apa saja 12 budaya Indonesia yang mendunia?

 

#1 Wayang

Wayang merupakan seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang dan biasanya diiringi musik gamelan dan suara merdu seorang pesinden.

Wayang ini biasanya mengisahkan karakter pewayangan biasanya berkisar tentang kisah para punakawan seperti Petruk, Semar, bagong, dan Gareng.

Sampai Mancanegara Lho! Ini Dia 10+ Budaya Indonesia Mendunia 02 Wayang - Finansialku

[Baca Juga: Penting Kamu Ketahui Tentang Kartu Indonesia Sehat, Check It Out!]

 

Wayang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dari bangsa Indonesia pada tahun 2003 dan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia.

Bahkan kini sudah banyak orang asing yang turut mempelajari kesenian yang berasal dari tanah Jawa ini, biasanya para Warga Negara Asing (WNA) ini akan tinggal didaerah tertentu menuntut ilmu kesenian wayang.

 

#2 Angklung

Salah satu alat musik tradisional Indonesia lagi-lagi dapat pengakuan dari UNESCO. Angklung dinobatkan sebagai salah satu bagian dari World Heritage.

Alat musik khas Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digoyang ini sempat diberitakan mulai diajarkan pada anak-anak di Korea Selatan, Jepang, dan Malaysia.

Jika kamu ingin mengenal lebih jauh Angklung, kamu bisa datang ke pertunjukan angklung yang cukup terkenal ada di Saung Angklung Udjo yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

 

#3 Batik

Siapa sih yang tidak mengenal budaya Indonesia yang satu ini, Batik kini sudah mulai terkenal di berbagai Negara. Bahkan hampir setiap orang di Indonesia pun memiliki batik.

Tak hanya digunakan untuk pergi ke acara formal, batik pun kini banyak di modifikasi dengan nuansa modern. Batik sudah dikenal pada zaman Majapahit dan hingga kini terus berkembang.

Batik sendiri diproduksi dengan cara yang unik, yaitu dengan menuliskan lilin panas melalui canting ke atas kain.

24-Wisata-Anak-Bandung-14.-Rumah-Batik-Komar

[Baca Juga: Tips untuk Para Wanita dalam Memilih Model Baju Batik]

 

#4 Tari Kecak

Tari Kecak merupakan tari pertunjukan massal yang dibawakan sebagai sendra tari, yaitu tari yang melibatkan drama. Tarian ini menggambarkan seni peran dari cerita pewayangan seperti Rama dan Sinta.

Dalam tarian ini, bentuk sakral biasanya terlihat dalam hal kekebalan fisik sehingga penari tak terbakar api.

Tarian ini juga sering digunakan pada saat acara-acara dalam ritual keagamaan umat Hindu yang ada di Bali.

 

#5 Tari Saman

Tarian asal Suku Gayo ini sering ditampilkan pada saat acara-acara adat penting di daerah setempat. Syair yang digunakan di dalam tari Saman menggunakan perpaduan bahasa Gayo dan bahasa Arab.

Tarian ini cukup unik karena hanya menunjukkan gerakan-gerakan tepuk tangan tanpa diiringi pergeseran maupun liak-liuk anggota tubuh.

Tarian Saman ini pun juga sudah resmi diakui sebagai salah satu warisan budaya yang membutuhkan perlindungan mendesak dari UNESCO.

 

#6 Reog Ponorogo

Reog merupakan salah satu budaya Indonesia tepatnya di Jawa Timur, Kota Ponorogo yang masih kental dengan hal-hal berbau mistik dan ilmu kebatinan yang sangat kuat.

Sampai Mancanegara Lho! Ini Dia 10+ Budaya Indonesia Mendunia 03 Reog Ponorogo - Finansialku

[Baca Juga: Games: Liburan Akhir Tahun Kenapa Tidak Ke Tempat Wisata Budaya Indonesia?]

 

Dalam setiap pementasan reog pasti akan selalu ada interaksi antara pemain dan dalang, terkadang ada interaksi dengan penonton.

Yang ditunggu-tunggu dari Reog ini adalah kehadiran singa barong yang memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Topeng ini memiliki berat hingga 50-60 kg.

 

#7 Tari Pendet

Tari Pendet merupakan tarian yang berasal dari Pulau Dewata Bali. Tarian ini merupakan tarian pemujaan yang banyak dipertunjukkan di pura. Tari Pendet ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke dunia.

Tapi kini, Tari Pendet yang dilakukan oleh wanita ini sering menjadi tarian “ucapan selamat datang” dan tetap mempertahankan nilai-nilai religius.

Tari Pendet ini bisa dilakukan oleh siapapun, baik pemangku pria ataupun wanita yang sudah dewasa maupun yang masih gadis.

 

#9 Keris

Keris merupakan senjata tradisional khas Indonesia yang sering diidentikkan dengan kekuatan mistis. Senjata yang sudah digunakan sejak abad ke-9 ini mengandung titanium dan baham logam dari meteorit.

Pantas saja jika Keris, telah di akui oleh UNESCO pada 25 November 2015 sebagai “Masterpiece of the Oral dan Intangible Heritage of Humanity”.

 

#10 Tari Barong

Lagi-lagi tarian asal Bali dikenal hingga mancanegara. Tari Barong merupakan salah satu pertunjukan kesenian tari yang cukup terkenal. Tari Barong sudah ada dari zaman peradaban kebudayaan para Hindu.

Tari ini menggambarkan tentang pertarungan kebaikan melawan kebatinan. Barong sendiri dilambangkan sebagai kebaikan yang melawan rangda yang menjadi simbol kejahatan.

Sampai Mancanegara Lho! Ini Dia 10+ Budaya Indonesia Mendunia 04 Tari Barong - Finansialku

[Baca Juga: Melihat Uniknya Budaya di Kampung Naga Tasikmalaya]

 

#11 Sendra Tari Ramayana         

Sendra Tari Ramayana merupakan gabungan dari pementasan tari dan juga pementasan drama tanpa dialog, tarian ini diangkat dari kisah pewayangan Ramayana.

Sendra Tari Ramayana pertama kali dipentaskan pada tahun 1961 di Candi Prambanan pada setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Pementasanya sangat artistik karena berada di panggung terbuka dengan panorama Candi Prambanan.

 

#12 Gamelan

Mungkin saat ini gamelan menjadi tidak populer di kalangan anak muda di Indonesia. Tapi berbeda dengan di luar negeri, minat mereka terhadap alat musik tradisional khas Jawa dan Bali ini justru lebih besar.

Bahkan di Museum Musik Nasional yang ada di Vermillion, South Dakota, Amerika Serikat, memajang satu set gamelan di salah satu sudut ruang pamernya.

Tak hanya itu, di New Zealand School of Music, Gamelan sudah menjadi salah satu kurikulum tetap yang tentunya akan mereka pelajari. Wow!

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Cintai Budaya Indonesia

Nah, itu dia beberapa budaya Indonesia yang telah diakui mancanegara.  Sebagai warga Indonesia sudah sepantasnya kita turut bangga dengan kebudayaan yang telah ada di negara tercinta ini.

Salah satu caranya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melestarikan kebudayaan Indonesia agar jangan sampai punah ataupun diklaim oleh Negara lain.

 

Apakah kamu bangga dengan budaya Indonesia? Berikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Cynthia C. 10 Budaya Indonesia yang Mendunia. Tentik.com – https://bit.ly/2JvKg7l
  • Ilmu Seni. 12 Budaya Indonesia yang Mendunia. Ilmuseni.com – https://bit.ly/2WKTiAg
  • Izzati Yulia. 27 April 2016. Mari Kita Menjaga dan Melestarikan Budaya Indonesia. Kompasiana.com – https://bit.ly/2HwWl8F

 

Sumber Gambar:

  • Budaya Indonesia – https://bit.ly/2HoN2J2
  • Budaya Indonesia Wayang – https://bit.ly/30rJeyb
  • Budaya Indonesia Reog Ponorogo – https://bit.ly/2YzNutE
  • Budaya Indonesia Tari Barong – https://bit.ly/2JsmJnF