Berencana liburan akhir tahun ke tempat wisata budaya Indonesia? Tempat wisata mana yang bagus ya?

Yuk mainkan game-nya dan cari tahu keindahan tempat wisata budaya negara tercinta kita ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Wisata Budaya yang Sudah Mulai Terlupakan

Pada zaman modern ini, banyak traveler yang mencari lokasi tujuan wisata yang indah dan menarik. Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang kaya akan sumber daya dan keindahan wisatanya.

Namun ironisnya banyak masyarakat yang melupakan keindahan dalam negeri ini dan memilih untuk berwisata ke mancanegara. Sangat menyedihkan bukan?

Nyatanya, liburan di Indonesia tidak kalah dengan pariwisata internasional.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya akan alam, budaya, kesenian, kerajinan, kuliner, hingga peninggalan bersejarahnya. Semuanya tampak dari beberapa tempat wisata di Indonesia yang kerap dipenuhi turis mancanegara.

Turis luar negeri pun berbondong-bondong kesini, mengapa kita tidak?

Games Liburan Akhir Tahun Kenapa Tidak Ke Tempat Wisata Budaya Indonesia 02 Liburan Keluarga 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia 45 Tempat Wisata Jakarta yang Ngehits dan Harus Kamu Kunjungi Saat di Jakarta]

 

Untuk menunjukkan keindahan alam Indonesia dengan ragam wisata budayanya, Finansialku mengajak Anda bermain games tebak gambar. Benarkah Anda seorang traveler sejati yang tahu betul tempat-tempat wisata bersejarah di Indonesia?

Untuk menjawabnya, yuk ikuti games tebak gambar tempat wisata dari Finansialku berikut ini:

 

Games Tebak Gambar: Tempat Wisata Budaya di Indonesia

Saya sering mendengar bahwa keindahan tempat wisata Indonesia kaya akan budaya dan tidak kalah dengan tempat wisata luar negeri.

Bahkan teman saya yang sudah berkeliling ke banyak tempat menyatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara paling indah yang pernah dikunjunginya.

Oleh karena itu, kini saatnya Anda melihat 10 tempat wisata indah yang mencerminkan keragaman budaya Indonesia. Yuk tebak tempat wisata apakah yang tertera pada gambar-gambar di bawah ini.

Share the quiz to show your results !


Just tell us who you are to view your results !


Ignore & see my results >>

Seberapa Banyak Anda Mengetahui Tempat Wisata Budaya di Indonesia Saya benar %%score%% dari %%total%%, Kalau kamu?
0%

 

Berapa skor Anda? Bagikan hasilnya pada kolom komentar di bawah ya!

Jika skor Anda masih kurang, tidak perlu sedih. Kami disini siap membawa Anda menjelajahi keindahan tempat budaya di Indonesia. Meski belum sempat liburan kesana, siapa tahu tahun ini menjadi kesempatan emas untuk mendatangi salah satu dari 10 tempat wisata budaya yang luar biasa indah ini bukan?

 

#1 Kawah Putih, Ciwidey

Kawah putih di Ciwidey, Jawa Barat adalah sebuah kawah yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Nama Kawah Putih merujuk pada kawahnya yang notabene berwarna putih.

Warna putih tersebut disebabkan oleh beberapa unsur yang bercampur dengan belerang. Yang unik dari kawah ini adalah air yang dimilikinya, dimana air di dalam kawah tidaklah berwarna bening melainkan berwarna putih kehijauan.

Salah satu tempat wisata di Ciwidey itu airnya dapat berubah ubah sesuai dengan kadar belerang, suhu, dan cuaca yang terjadi pada saat itu.

Jika bermain ke Bandung, sempatkanlah untuk melirik tempat wisata budaya yang satu ini. Karena selain tempatnya yang sangat indah dan instagramable, Anda juga bisa menikmati sejuknya udara disini. Tentunya cocok untuk berlibur bersama keluarga di akhir tahun ini.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Way Kambas, Bandar Lampung

Saat bepergian ke Pulau Sumatera, sempatkan mampir ke Kota Lampung untuk mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, sebuah taman nasional perlindungan gajah yang terkenal. Dijamin tidak ingin pulang ke rumah deh!

Di taman nasional yang satu ini, Anda bisa melihat keindahan alamnya sambil menyaksikan spesies gajah yang dilindungi.

Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG), taman nasional Way Kambas diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi.

Hingga sekarang taman nasional ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Di Way Kambas juga terdapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

 

#3 Ujung Kulon, Banten

Ujung Kulon terletak di penghujung barat Pulau Jawa. Salah satu lokasi wisata populernya adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Anda bisa mengajak buah hati Anda melihat berbagai hewan unik dari Indonesia, misalnya badak bercula satu.

Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas.

Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini. Tak berhenti sampai disitu, Anda juga bisa menikmati  keindahan pantai di Pulau Peucang. Jadi, tunggu apa lagi?

Games Liburan Akhir Tahun Kenapa Tidak Ke Tempat Wisata Budaya Indonesia 03 Liburan Keluarga 3 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

#4 Raja Ampat, Papua Barat

Mau snorkeling ke Maldives atau Bora-bora? Eits, Indonesia juga punya pantai dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan lho!

Betul, Raja Ampat adalah tempat wisata favorit bagi para diver karena katanya keindahannya tak kalah dengan pantai mancanegara.

Gugusan pulau karang, itulah highlight utama dari Raja Ampat. Terdapat 3 spot gugusan karang yang sungguh indah di sana yakni Pianemo, Kabui dan Wayag.

Raja Ampat adalah ‘rumah’ bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Maka kalau menyelam di Raja Ampat, siap-siap lupa daratan. Yuk nikmati indahnya terumbu karang dan spesies laut unik disini.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Saat kecil, saya sering sekali bermain ke Kepulauan Seribu. Karena sesuai namanya, tempat wisata ini memiliki banyak sekali pulau dengan keindahannya masing-masing.

Kepulauan Seribu mendapat julukan Maldiven van Java yang merujuk pada keelokan pulau-pulau tropis yang berjejer layaknya di Maladewa. Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau yang sebagian besar tak berpenghuni.

Contohnya adalah Pulau Perak di mana Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

 

#6 Bromo, Jawa Timur

Keindahan Gunung Bromo kini sudah terkenal hingga ke ranah mancanegara. Bagaimana tidak? Gunung berapi yang masih aktif ini secara administratif berada di empat wilayah kabupaten di Jawa Timur, antara lain Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. 

Pemandangan matahari terbit dengan cuaca dingin-dingin sejuk ini tentunya digemari para pendaki gunung. Untuk bisa menyaksikan fenomena ini, para wisatawan harus naik ke Puncak Penanjakan yang merupakan lokasi terbaik untuk dapat melihat matahari terbit.

Belum lagi ada panorama mistis “pasir berbisik” di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang wajib Anda lihat saat berkunjung ke Bromo.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

#7 Derawan, Kalimantan Timur

Setelah singgah di Tarakan, kini Anda sampai ke Pulau Derawan. Kepulauan dengan kumpulan pantai cantik dan bersih dengan pemandangan alam bawah laut yang luar biasa.

Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Disini Anda bisa snorkeling atau diving serta menemui spesies langka ubur-ubur yang tidak menyengat. Pastinya benar-benar menyenangkan snorkeling sambil bersantai bersama keluarga bukan?

Games Liburan Akhir Tahun Kenapa Tidak Ke Tempat Wisata Budaya Indonesia 04 Liburan Keluarga 4 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

#8 Badung, Bali

Merupakan tempat wisata Indonesia yang paling terkenal, Bali menjadi pulau yang selalu dipenuhi para turis. Daerah ini yang juga meliputi Kuta dan Nusa Dua adalah sebuah objek wisata yang terkenal. Ibu kotanya kini berada di Mengwi, dahulu berada di Denpasar.

Nah, apabila ke Bali, jangan lupa berkunjung ke Kabupaten Badung, dimana Anda bisa menjelajah puluhan pantai cantik, seperti Pantai Pandawa. Anda juga bisa tinggal di hotel atau resorts yang nyaman dengan pemandangan tepi pantai yang luar biasa indah.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#9 Taman Nasional Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Laut Bunaken sudah lama terkenal di kalangan penyelam dunia karena keindahan alam bawah lautnya. Bahkan Bunaken sering dinobatkan menjadi salah satu tempat wisata underwater terbaik di Asia Tenggara. Anda juga bisa menikmatinya apabila kebetulan berlibur ke Sulawesi Utara.

Di taman nasional ini, Anda bisa menikmati keindahan 390 lebih spesies terumbu karang, dilengkapi dengan berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut.

Tidak hanya itu, taman nasional laut bunaken juga dilengkapi dengan lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen. Jadi, lengkap deh liburannya!

 

#10 Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Pernah melihat iklan RCTI? Nah, tentunya Anda familiar dengan Pasar Terapung Kuin tersebut kan?

Nah, jika ingin merasakan berbelanja di atas perahu, kunjungi saja Banjarmasin, dimana semua objek wisatanya umumnya terletak di pinggir Sungai Barito dan anak sungainya.

Selain pasar terapungnya yang sangat terkenal, Banjarmasin juga memiliki banyak lokasi wisata lain. Misalnya saja Pantai Joras, Pulau Birah-Birahan, Danau Baruh Bahinu, dan masih banyak lagi.

 

BONUS: Rencanakan Liburan Keluarga dengan Aplikasi Finansialku

Meski memperoleh tiket murah, kalau tidak direncanakan dengan baik #Uangdarimana?

Jadi, yuk mari mulai buat anggaran dan berlibur tanpa perasaan bersalah. Salah satu cara solutif untuk merencanakan dana liburan adalah dengan menggunakan aplikasi Finansialku untuk membuat anggarannya.

Dengan demikian bagi Anda yang masih lama liburannya, masih punya waktu untuk mempersiapkan dana liburan sesuai dengan anggaran.

Apakah Anda sudah mengunduh aplikasinya? Jika belum, daftar sekarang juga dan nikmati liburan Anda tanpa stress. Yuk download aplikasi Finansialku sekarang dari Google Play Store atau dengan klik tautan berikut ini:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kini mari mencoba fitur “menghitung dana liburan” untuk persiapan berlibur bersama keluarga di akhir tahun ini. Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

Pertama, buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.

Budget Liburan Keliling Asia Tenggara Rp5 Juta 02 Aplikasi - Finansialku

 

Kedua, klik tanda + pada kanan bawah kemudian pilih Dana Liburan.

Budget Travel Olimpiade 2020 08 Aplikasi 1 - Finansialku

 

Ketiga, isi data-data berikut ini:

  1. Dana perjalanan ke: tuliskan tempat tujuan wisata Anda
  2. Biaya Pengurusan Dokumen: paspor, visa dan dokumen lainnya.
  3. Biaya Tur atau Paket Perjalanan: jika Anda pergi dengan menggunakan jasa biro wisata atau travel agent.
  4. Biaya Akomodasi atau Penginapan: biaya untuk menyewa hotel atau penginapan selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  5. Biaya Transportasi: biaya untuk menyewa transportasi selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  6. Anggaran Konsumsi: biaya untuk membeli makanan selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  7. Anggaran Oleh-Oleh: biaya untuk membeli oleh-oleh.
  8. Asuransi Perjalanan: biaya untuk membeli asuransi perjalanan.
  9. Anggaran Biaya Lain-Lain: biaya lain-lain untuk cadangan.
  10. Berapa lama lagi Anda akan pergi (dalam satuan tahun).
  11. Dana yang telah tersedia dalam satuan Rupiah
  12. Inflasi, kenaikan biaya perjalanan dalam satuan persen per tahun.
  13. Estimasi hasil investasi dalam satuan persen per tahun.

 

Anda bisa menggunakan estimasi biaya tadi untuk menghitung kira-kira berapa dana liburan yang perlu disiapkan. Yuk segera rencanakan dana liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku!

 

Nikmati Indahnya Taman Wisata Budaya Indonesia Yuk!

Jadi, ternyata keindahan taman wisata budaya Indonesia tidak kalah dengan yang ada di luar negeri bukan? Jadi tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga di tanah air tercinta kita ini.

Jangan lupa untuk merencanakan dana liburannya bersama aplikasi Finansialku, sehingga liburan bebas stress dan tidak menyebabkan tumpukan utang.

Selamat berlibur!

 

Apakah Anda mengetahui tempat wisata budaya Indonesia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Febrina Melinda Putri. 16 Agustus 2018. Selain Gurusina, 7 Wisata Budaya di Indonesia yang Wajib Kamu Lihat!. Idntimes.com – https://goo.gl/C3cs1H
  • Admin. 13 September 2018. 5 Destinasi untuk Wisata Budaya di Indonesia Agar Liburanmu Tidak “Itu-itu Saja”. Blog.airyrooms.com – https://goo.gl/mwTJFW

 

Sumber Gambar:

  • Liburan Keluarga – https://goo.gl/zwFP8w
  • Liburan Keluarga 2 – https://goo.gl/zF6Nfs
  • Liburan Keluarga 3 – https://goo.gl/qb88FC
  • Liburan Keluarga 4 – https://goo.gl/3m4syD
  • Tempat Wisata Budaya 01 – https://goo.gl/L6We9x
  • Tempat Wisata Budaya 02 – https://goo.gl/unBAMh
  • Tempat Wisata Budaya 03 – https://goo.gl/Txthsc
  • Tempat Wisata Budaya 04 – https://goo.gl/ApBynL
  • Tempat Wisata Budaya 05 – https://goo.gl/qxGPx8
  • Tempat Wisata Budaya 06 – https://goo.gl/b78FEh
  • Tempat Wisata Budaya 07 – https://goo.gl/iyBRnL
  • Tempat Wisata Budaya 08 – https://goo.gl/ZcuFBc
  • Tempat Wisata Budaya 09 – https://goo.gl/S4yeU2