Sebagai pengusaha, 10 Mindset sukses ini wajib kamu miliki. Apa saja 10 mindset itu? Simak artikel ini.

Setiap keberhasilan dan kesuksesan seseorang pasti ada rahasia dibaliknya. Kalau kamu mau sukses sebagai pengusaha, coba simak bagaimana 10 mindset orang sukses berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Meraih Mental Sukses

“Kerjakankanlah apa yang ditemui tanganmu untuk dikerjakan”.

 

Meraih kesuksesan adalah impian semua orang. Secepat mungkin, semudah mungkin, semulus mungkin. Tapi pada kenyataannya, setiap kesuksesan yang diraih selalu ada kerja keras dibalik semua itu.

Beberapa mengesampingkan waktu bermain, mungkin juga harus mengurangi waktu istirahat, atau juga perlu mengatur uang untuk keperluan yang lebih utama.

Ada berbagai pengorbanan yang perlu dilakukan untuk menekuni sesuatu yang sedang kita usahakan. Sebab apa yang dikerjakan sungguh-sungguh hari ini, kelak akan dirasakan balasannya di kemudian hari.

Sinar Mas Group Berduka, Inilah Para Pewaris Kekayaan Senilai Rp205 triliun 02 Eka Tjipta Widjaja 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Eka Tjipta Widjaja, Pendiri Sinarmas Group]

 

Ditengah keadaan sulit, seorang bermental lemah cenderung meratapi diri dan menunggu keadaan berubah dan berpihak padanya dengan sendirinya.

Padahal pada kenyataannya, keadaan sulit selalu ditemui semua orang di semua jaman. Seperti tokoh-tokoh terkemuka yang sering kali dibahas dalam rubik kisah sukses oleh Finansialku.

Setiap dari mereka yang telah diakui sebagai pengusaha sukses juga perah mengalami berbagai macam gempuran dan rintangan dalam menekuni usaha dan bertahan hidup.

Tetapi perbedaannya terletak disaat beliau-beliau, tidak menyia-nyiakan kesempatan sekecil apapun, dan mengerjakannya dengan tekun.

Kisah Sukses Niki Zefanya, Penyanyi Indonesia yang Sukses di Amrik 04

[Baca Juga: Sukses Jadi Penyanyi di Amerika, Ini Kisah Sukses Niki Zefanya]

 

Kesulitan dan hambatan dapat membantu mereka mencari jalan keluar, menemukan relasi yang baru dan berpikir lebih tajam dari sebelumnya.

Melewati masa yang manis, pahit kemudian manis menjadi sesuatu yang biasa bagi mereka. Sebab dalam setiap pengalaman itu akan selalu terdapat banyak pembelajaran.

Saat jaya bukan waktu bergaya, saat susah bukan saatnya menjadi lemah.Memiliki harapan dan keinginan yang kuat menjadi kunci semangat bagi orang-orang bermental sukses.

Sekarang apa kamu sudah siap untuk menerapkan 10 rahasia mindset orang sukses? Simak dalam rangkuman Finansialku berikut!

 

#1 Yang Diraih Bukan Hanya Uang

Sebuah kekeliruan kalau kamu mematok standar kesuksesan hanya dengan uang. Sebab jika kamu memasang kesuksesan kamu berada di uang.

Maka uang akan membakar energi yang kamu miliki untuk terus mengejarnya. Uang hanyalah bahan bakar yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan versi kamu sendiri.

Kisah Sukses aktor Hollywood Vin Diesel, Aktor Mahal 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Aktor Hollywood Vin Diesel, Aktor Mahal]

 

Kamu bisa pakai uang untuk sebuah buku keterampilan, kamu bisa memakai uang untuk membangun relasi, kamu bisa menggunakan uang untuk beramal.

Dan mana kesuksesan versi kamu, gunakan uang untuk mewujudkannya. Keberhasilan tidak hanya sekedar uang, namun usaha yang terbayar, keinginan yang tercapai dan tantangan hidup yang bisa ditaklukan.

 

#2 Bijak dan Tau Batas

Bermental Sukses berarti juga bijak dalam membuat pilihan, menentukan keputusan, dan pandai dalam mengelola harta kekayaan.

Bukan tentang seberapa banyak atau sedikit, tetapi orang-orang sukses mengatur keuangan mereka, mungkin bagi mereka yang tidak mengerti, orang sukses akan terlihat pelit.

Namun kamu sendiri tau batasan antara keinginan dan kebutuhan. Saat kebutuhan lebih diutamakan maka keinginan akan menemukan subtitusinya.

Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia]

 

Jika anda butuh jaminan kesehatan, maka kamu akan memilih memakai uang kamu untuk dialokasikan pada jasa layanan asuransi.

Jika kamu butuh kendaraan untuk bekerja, maka kamu akan menimbang keinginan untuk bergaya dan kebutuhan dalam pemakaian sehari-hari dan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Meski terkesan penuh pertimbangan, tetapi jauh lebih dari pada menyesal setelah mengambil keputusan.

 

#3 Laporan Keuangan itu Penting

Banyak orang yang mengabaikan pentingnya laporan dan data dalam keuangan. Padahal dengan adanya laporan kamu bisa mengevaluasi seberapa banyak anggaran yang kamu habiskan, dan seberapa banyak yang kamu dapatkan.

Kalau nggak, jangan-jangan selama ini lebih besar pasak daripada tiang!

Dengan tidak mencampur laporan keuangan pribadi dan usaha, kamu akan memisahkan kebutuhan pribadimu dan kebutuhan usaha. Dan kamu juga bisa memantau kemana anggaran dana yang kamu habiskan dari waktu ke waktu.

Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Wejangan Sukses dan Kata-kata Bijak Lo Kheng Hong]

 

Menerapkan hal ini dengan disiplin akan menjadi kebiasaan yang baik, juga jujur pada diri sendiri merupakan kunci utama menjadi sukses.

Aplikasi Finansialku bisa membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih efektif. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

#4 Risiko Bukan Sebuah Masalah

Dalam sistem pendidikan di Indonesia, masyarakat kita cenderung menilai ‘si pintar’ yang akan menjadi orang sukses. Tidak melulu begitu, melainkan pendidikan merupakan sarana untuk membawa kita dapat hidup terdidik dan bermasyarakat.

Kisah Sukses Donald Trump, Pengusaha Sukses dan Orang Pertama USA 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Donald Trump, Pengusaha Sukses Hingga USA No.1]

 

Jadi tidak harus jadi pintar untuk menjadi sukses. Bagi mereka yang berani melangkah untuk mimpi dan kesuksesan yang diharapkan, mereka akan menghadapi risikonya dan menaiki puncak kesuksesan.

Seperti halnya berlari marathon, butuh konsistensi dan mental tangguh untuk terus menapaki setiap langkahnya. Gagal bukanlah risikonya! Kegagalan hanya akibat dari keputusan saat mereka berhenti berlari sebelum garis finish. Maka, selesaikan pertandingannya!

 

#5 Perasaan Tidak Pernah Puas

Cepat merasa puas membuat anda berhenti berkembang. Jika diatas langit masih ada langit, merasa puas membatasi anda untuk menembus langit yang lain. Orang-orang sukses mendorong diri mereka lebihi kapasitas mereka sebelumnya.

 

Semua para ahli bermula dari para amatir.

Pembelajaran adalah seumur hidup, maka berusahalah menjadi kamu versi yang lebih baik dari hari kemarin. Itulah esensi sesungguhnya dari perasaan yang tidak pernah merasa puas.

Berani mencoba yang baru, mempelajari keahlian baru untuk mendukung karir, menantang diri untuk mengerjakan proyek rumit. Dan menikmati sensasi kesenangan saat semua pengorbanan sudah terlewati.

 

#6 Bersama akan Lebih Baik

Walau menggapai kesuksesan tergantung pribadi masing-masing, semua orang membutuhkan orang lain. Termasuk dengan membangun kesuksesan itu sendiri.

Manusia akan sulit jika mereka mengerjakan semuanya seorang diri. Setiap orang sukses memiliki mentor yang memonitor perkembangan mereka. Mereka memiliki panutan yang perlu mereka tiru dan adaptasikan dalam kehidupan mereka sendiri.

Mungkin orang berpikir semakin banyak orang justru akan membuat lebih rumit atau malah kacau, tapi kamu hanya perlu menyaring masukan-masukan yang ada dan menyimpulkannya.

Jauh lebih mudah menanyakan sebuah rute yang sudah dilewati  pada mereka yang sudah pernah melewatinya, apalagi jika mereka mau mengantar kamu dengan suka rela.

 

#7 ‘Hidup’ lah Sekarang

Ada seorang pernah berkata, hidup ini hanya sekali maka nikmatilah selagi kamu bisa!

Beberapa orang memanfaatkan waktu yang ada dengan positif dan beberapa menyia-nyiakan dan menghabiskan waktu mereka dengan hal-hal tidak berguna dan berakhir dalam penyesalan.

Sukses Ganjar Pranowo 2

[Baca Juga: Kisah Sukses Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah]

 

Kadang permasalahan yang dialami adalah kamu pikir kamu punya cukup waktu. Sehingga seringkali kamu menunda-nunda, bahkan menunda keinginan kamu yang terdalam.

Hidup ini jauh lebih singkat dari yang dibayangkan. Jangan kasih longgar dirimu sendiri dengan bermalas-malasan. Mulai lakukan apapun yang hendak kamu capai sekarang juga.

 

#8 Mau Mencoba

“Kalau gak bisa, jangan coba-coba”

 

Pada akhirnya kita bertumbuh menjadi orang yang takut mencoba. Jika kamu bertahan pada sesuatu yang sudah kamu tahu, maka kamu tidak akan mendapatkan pengetahuan baru.

Sebaliknya, jika kamu mau membuka diri untuk berbagai pengalaman baru, maka kamu akan mempelajari hal-hal baru setiap harinya. Pada akhirnya kamu akan menemukan dirimu memiliki banyak ilmu.

Hal baik akan datang pada mereka yang mau mencoba!

 

#9 Tidak Menyepelekan Hal-hal Kecil

Dalam sebuah pelatihan service excellent untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang jasa khususnya, pengetahuan dan keterampilan ini diperlukan.

Hal apa yang dipelajari?

Tentang hal yang sederhana. Senyum, tegur, sapa, peduli, tanggap. Dan perpaduan semuanya membuat harmoni yang berdampak besar pada kepuasan pelanggan.  

 

Dalam hal kecil juga ada dampak yang besar. Jangan menyepelekan hal-hal kecil yang terjadi. Faktanya, setiap hal yang terjadi entah kecil atau besar mengandung pelajaran yang berguna untuk dirimu ke depannya.

Semakin kamu meletakkan pengorbanan dan waktu untuk setiap hal kecil, maka semakin hal kecil tersebut akan menjadi hal besar.

Dalam keseharian, jika anda terbiasa mengorbankan jajan kecil dan menabung Rp 5.000 setiap harinya anda memiliki uang ‘hiburan’ Rp 1.800.000 setiap tahunnya. Sederhana!

 

#10 Sukses Luar dan Dalam

Pada dasarnya, mental orang sukses akan konsentrasi pada semua aspek dalam kehidupannya. Entah itu dirinya sendiri maupun orang lain.

Menjadi sibuk, produktif dan kemudian sukses itu luar biasa, tapi yang terpenting adalah kamu bisa mendapatkan semua itu dengan kebahagiaan di dalamnya.

Tidak melulu serius sehingga kamu menjadi tegang dalam menjalani keseharianmu. Kamu juga butuh hal-hal kecil yang bisa menyegarkan pikiranmu dengan istirahat cukup, olahraga dan juga liburan.

Petualangan Investasi Sukses Dengan Quotes Robert Kiyosaki 02

[Baca Juga: Petualangan Investasi Sukses Dengan Quotes Robert Kiyosaki]

 

Kamu juga jangan pelit merayakan keberhasilan kecilmu dengan orang-orang yang mendukung dan yang kamu kasihi. Dengan begitu kamu akan hidup sukses dengan seimbang.

Segala sesuatu akan terasa sulit saat hanya dipikirkan, segala sesuatu akan terasa ringan saat dikerjakan bersama-sama. Salam sukses!

 

Setelah membaca artikel ini, tentunya kamu harus mengemplementasikan ke-10 mindset sukses tersebut dalam kehidupanmu. Kamu juga boleh membagikan artikel ini agar teman-temanmu punya pemahaman yang sama denganmu.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 7 Mei 2019. 10 Pola Pikir Orang Sukses yang Wajib Kamu Tiru. Topcoachindonesia.com – https://bit.ly/3cSjUqL