Cara belajar investasi untuk pemula itu ada banyak sekali mulai dari membaca buku, mendengarkan podcast, menonton video online course atau ikut webinar. Kira-kira metode pembelajaran apa yang paling efektif? 

 

Summary

  • Kita perlu belajar investasi dari awal agar tidak menjadi investor yang ikut-ikutan atau FOMO.
  • Untuk mempercepat proses belajar investasi, bisa dibarengi dengan diskusi atau konsultasi dengan orang yang ahli di bidang perencanaan keuangan dan investasi.

 

3 Manfaat Belajar Investasi

Mengapa kita perlu dan penting belajar berinvestasi?

Dari hasil pengamatan penulis, ternyata ada perbedaan yang sangat jelas antara investor yang benar-benar paham dengan investor ikut-ikutan (biasanya karena FOMO).

 

#1 Tidak Terkena Investasi Bodong

Investor yang ikut-ikutan biasanya gampang terkena jebakan investasi bodong, entah dalam bentuk suntik modal (sunmod), titip uang, MLM robot forex, MLM robot kripto dan investasi ilegal lainnya. 

Ilegal artinya belum legal atau belum mendapatkan izin di Indonesia, contoh:

investasi bodong

 

Berapa jumlah kerugian yang dialami oleh korban investasi bodong?

Berdasarkan sumber CNBC Indonesia yang mengutip ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L. Tobing mengatakan:

“SWI yang kita tangani dalam 10 tahun terakhir ini terdapat kerugian masyarakat yang mencapai Rp 117 triliun. Ini tentu sangat banyak yang ditipu oleh pelaku ini yang sangat merugikan masyarakat.”

 

Penulis yakin, Anda tidak mau menjadi korban investasi bodong bukan?

 

#2 Mendapatkan Hasil yang Optimal

Seorang investor yang memahami produk, biasanya dapat menghasilkan keuntungan yang lebih optimal, artinya: dapat mengurangi risiko, sekaligus memperbesar keuntungan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal antara lain:

  • Menerapkan strategi manajemen risiko, seperti beli saham di harga diskon, pilih reksa dana yang sharpe-nya positif
  • Melakukan diversifikasi investasi
  • Melakukan review investasi secara berkala, misal satu bulan sekali

 

Jika Anda ingin belajar berinvestasi saham silakan download ebook gratis di bawah ini dan akses online course-nya di Aplikasi Finansialku.

Ebook GRATIS, Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham

Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - HP
Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - PC

 

#3 Memberikan Rasa Tenang dan Nyaman

Investor yang tahu produk investasinya, tahu cara manajemen risikonya, tahu waktu jual dan beli (serta alasannya) akan merasa TENANG dalam berinvestasi dan bisa tidur nyenyak.

Investor yang suka ikut-ikutan karena FOMO, biasanya:

  • Panik, karena tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika harga bergerak berlawanan arah. Dan mengapa harga bergerak berlawanan arah.
  • Punya uang, tetapi bingung memilih investasinya. Mereka biasanya bertanya: “Investasi apa ya, yang lagi bagus?”
  • Tidak percaya diri dengan investasi yang dimiliki. Biasanya punya banyak produk investasi, tetapi paling besar uangnya di rekening dan deposito.

 

3 Cara Belajar Investasi untuk Pemula dari Pak Edgar Dale

Edgar Dale adalah seorang pengajar berasal dari Amerika. Ia melakukan riset mengenai metode pembelajaran dan persentase pemahaman. Hasil riset beliau dikenal dengan sebutan Edgar Dale’s Cone of Experience.

Edgar Dales Cone

Pengalaman belajar (learning experience) dibagi menjadi tiga tahapan yaitu bisa menjelaskan, bisa mengaplikasikan dan mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tahap 1 Bisa Menjelaskan – Pembelajaran Pasif

Cara belajar investasi untuk pemula pertama kali dimulai dari pembelajaran pasif, yaitu dengan membaca atau mendengar. 

Di Finansialku, Anda dapat membaca ebook investasi saham, reksa dana, p2p lending, surat berharga negara dan bahkan alternatif investasi. 

Salah satu buku yang bisa Anda download adalah ebook investasi reksa dana berikut ini.

Ebook GRATIS, Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana

Banner Iklan Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana - PC
Banner Iklan Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana - HP

 

Ebook investasi lainnya dapat Anda download GRATIS di link berikut ini.

Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan podcast dan audiobook yang sudah disiapkan di Aplikasi Finansialku menu Belajar. Silakan download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau di Apps Store.

Pada tahap 1 ini, Anda yang awalnya tidak tahu, lalu setelah baca ebook dan mendengarkan podcast, maka Anda akan tahu mengenai investasi.

Apakah bisa berinvestasi? Belum tentu, karena tahap 1 ini Anda sudah memahami teori investasi, bukan praktiknya. Supaya bisa praktik, maka Anda perlu belajar investasi di tahap 2.

 

Tahap 2 Bisa Mengaplikasikan – Pembelajaran Aktif

Cara belajar investasi untuk pemula tahap 2 lebih banyak praktik, misal Anda melihat infografis, menonton video online course, ikut webinar atau menghadiri workshop

Jika Anda sudah download Aplikasi Finansialku, maka Anda dapat memanfaatkan menu belajar keuangan dan menonton video online course yang tersedia.

Di Aplikasi Finansialku terdapat 34 video online course mengenai perencanaan keuangan dan investasi. Video online course-nya juga akan diperbarui terus, lho

Video online course ini adalah menu premium di Aplikasi Finansialku. Harga berlangganan Aplikasi Finansialku adalah Rp 35 ribu per bulan atau kurang lebih Rp 1.167 per hari.

Selain itu Anda juga dapat bergabung dalam beberapa event webinar yang diadakan Finansialku. Kami selalu mengadakan webinar investasi, baik yang gratis maupun berbayar.

Jika Anda ingin tahu jadwal webinar terdekat, silakan klik link ini.

[Baca Juga: Simak Tips Investasi Saham Bagi Pemula Dari Ahlinya di Sini!]

 

Pada tahap 2 ini, Anda yang awalnya tidak bisa setelah nonton video online course, coba buka akun, praktik dengan uang kecil, maka Anda akan bisa berinvestasi.

Apakah akan mahir atau jago berinvestasi? Belum tentu. 

Ibarat belajar menyetir mobil, setelah bisa menyetir mobil, Anda perlu melatihnya. Semakin sering menyetir mobil, maka semakin jago. Begitu juga dengan investasi.

Supaya lebih jago berinvestasi, maka Anda perlu masuk pembelajaran tahap 3.

 

Tahap 3 Menghidupi Ilmu Investasi 

Pada tahap 3, Anda dapat menjadi ahli atau jago berinvestasi dengan cara mempraktikkannya sehari-hari, belajar dari kesalahan, berdiskusi mengenai topik tersebut, mengikuti informasi terkini dan seterusnya.

Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers pernah menuliskan:

Work at least 10,000 hours in an area before you can become super-successful at it.

 

Berapa lama 10.000 jam? Kurang lebih 3 – 5 tahun.

Kalau belajar investasi selama itu, kapan bisa sukses? Dan bagaimana caranya bisa jago berinvestasi, jika saya tidak punya waktu selama itu untuk belajar berinvestasi?

Coba perhatikan bahasan berikutnya perjalanan dari nol menjadi jago investasi.

 

Perjalanan dari Nol, Belajar Investasi untuk Pemula

Mengapa perjalanan dari nol ke satu itu sulit sekali?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya akan menjelaskan dengan matematika orang dagang sederhana.

Seandainya Anda sekarang ini memiliki omzet Rp 300 juta. Berapa besar pertumbuhan, supaya omzet bisa meningkat menjadi Rp 400 juta?

omzet

Ya, jawabannya adalah Rp 400 juta / Rp 300 juta = 1,33x

Jika Anda ingin bertumbuh sebesar 1,33 kali lipat, maka usaha Anda juga harus minimal 1,33 kali lipat. Setuju?

Semakin besar pertumbuhan yang kita harapkan, maka semakin besar tingkat kesulitannya dan semakin besar usaha yang harus kita lakukan. Setuju?

Bagaimana jika dari nol ke satu? Seberapa besar kesulitannya?

omzet 2

Tingkat kesulitannya adalah 1 / 0 = tidak terdefinisi.

 

Untuk seorang pemula, belajar investasi dan mendapatkan untung Rp 1 juta pertamanya akan terasa sangat sulit. 

Namun untuk orang yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun, mendapatkan keuntungan Rp 1 juta menjadi hal yang mudah, betul?

Saran penulis untuk mempercepat proses belajar investasi Anda adalah coba diskusi atau konsultasi dengan orang yang ahli (profesional) di bidang perencanaan keuangan dan investasi. 

Jika Anda ingin berdiskusi mengenai investasi dengan perencana keuangan Finansialku, silakan hubungi admin Finansialku di nomor Whatsapp 0851 5866 2940

 

Jadi Sobat Finansialku, cara belajar investasi mana yang paling sesuai dengan gaya Anda? Silakan share pendapat Anda di kolom komentar.

 

Editor: Ratna SH