Ada 4 cara jitu mengelola gaji pas pasan dan tetap bisa menabung agar kamu bisa kaya. Penasaran bagaimana cara mencapainya?

Yuk cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca, ya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ketahui 4 Cara Mengelola Gaji Pas Pasan dan Tetap Bisa Menabung

Kekayaan ditujukan untuk orang yang punya setumpuk duit bernilai ratusan juta saja. Kekayaan juga bisa dicapai oleh orang dengan gaji pas-pasan.

Caranya gimana? Simpel, dengan menyesuaikan pengeluaran dari pendapatan.

Perlu ditanamkan baik-baik, Sobat Finansialku, bahwa kamu tak akan pernah bisa menjadi kaya jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan yang dimiliki.

Nah, salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk jadi kaya ialah dengan menabung, merencanakan keuangan dan melek terhadap finansial. Ketiga hal tersebut juga sangat penting untuk kehidupan kamu ke depannya.

 

Lalu, muncul pertanyaan bagaimana caranya mengelola keuangan dan menabung sedangkan gaji saja pas-pasan?

Sobat Finansialku, di dunia ini tak tertera peraturan khusus, seperti; Menabung Hanya untuk Orang Berpenghasilan 10 Juta Lebih. Tidak ada, kan?

Pada prinsipnya, menabung bisa dilakukan oleh siapa saja. Lagi-lagi, asalkan niatnya.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang cara mengatur keuangan, termasuk menabung, bagi kalian yang gaji pas-pasan. Semoga membantu, ya!

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#1 Utamakan Membuat Anggaran Belanja

Sebelum menggunakan uang untuk hal-hal yang kurang perlu, alangkah lebih bijak kamu anggaran belanja dulu.

Anggaran ini berisi daftar kebutuhanmu setiap bulan. Bukan hanya kebutuhan pokok, tetapi juga kebutuhan sekunder dan tersier. Misalnya saja belanja, perawatan kendaraan, seperti ganti oli dan service, hingga bayar gym bulanan.

Dalam hal ini, kamu harus mampu mengalokasikan gaji per kebutuhan. Tujuannya agar biaya real atau aslinya tidak melebihi budget yang kamu anggarkan.

Komik Bijak Mengatur Uang Kiriman Orangtua Ala Mahasiswa 05 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Agar Bisa Belanja Sesuai Anggaran Tanpa Tambah Utang]

 

Agar lebih mudah kamu dapat memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan Finansialku yang sudah tersedia di Google Play Store dan Apple Apps Store.

Lewat Aplikasi Finansialku ini, menganggarkan keuangan jadi lebih efisien dan modern. Selain mengatur anggaran bulanan, kamu juga bisa melakukan pencatatan keuangan baik pemasukan atau pengeluaran harian.

Oh iya, ada tawaran menarik, nih. Untuk kamu yang pertama kali install bisa nikmati free trial premium selama 30 hari.

 

#2 Sesuaikan Kebutuhan untuk Menekan Pengeluaran

Membagi-bagi uang dari total gaji untuk pengeluaran adalah bagian paling penting. Ini akan mencegah membengkaknya pengeluaranmu selama sebulan penuh. Berfungsi juga sebagai kontrol kamu ketika mengeluarkan uang.

Misalnya, pendapatan per bulan kamu Rp 5 juta, saat mendapatkan itu, kamu harus menyisihkan terlebih dahulu untuk bayar kosan, nabung, dan kebutuhan sehari-hari.

Antara Pasif Income Online dan Pasif Income Offline 02 Uang Rupiah - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati Pengeluaran Boros! Cek 10 Pengeluaran Ini dan Lakukan Antisipasi!]

 

Terapkan juga cara ini, seberapa besar pun gajimu usahakan pengeluaran tetap.

Misalnya, pengeluaran bulanan mu adalah Rp 2.500.000 sementara gaji bulanan adalah Rp 5.000.000 serta tabungan Rp 1.500.000, maka ketika gaji naik Rp 6.000.000 maka yang bertambah adalah besaran tabunganmu bukan pengeluaranmu.

 

#3 Beli Barang yang Lebih Rendah dari Kemampuan

Jika ada suatu barang yang menurutmu menarik dan kamu butuhkan, usahakan mencari harga yang lebih rendah dari kemampuanmu. Kamu bisa memanfaatkan diskon atau promo-promo tertentu untuk cara ini.

Selain itu, beli barang yang lebih rendah dari kemampuanmu bisa berguna untuk mempertebal uang simpanan dan meminimalisasi sikap konsumtif.

 

#4 Hitung Pengeluaran dan Sisa Gaji

Lakukan perhitungan pengeluaran dan sisa gaji secara rutin agar kamu punya batasan. Dengan begini, kamu juga jadi tahu berapa total pengeluaranmu per bulannya dan berapa total gaji yang masih tersisa di dompet.

Agar semakin mudah, kamu bisa mencatat pengeluaran lewat Aplikasi Finansialku. Saat ada pengeluaran, kamu bisa langsung catat, sehingga jejak pengeluaran terekam dengan rapi, jelas dan terpirinci.

 

Mengatur Keuangan itu Mudah

Dalam hal ini, kamu tak perlu berpikiran bahwa mengatur keuangan itu ribet. Mulailah melek finansial agar pola keuangan kamu jadi lebih sehat.

Mengatur keuangan itu mudah asalkan kamu punya niat dan membiasakan diri.

 

Sobat Finansialku, jangan lupa cek juga video berikut ini agar kamu semakin pandai dalam mengelola keuangan meski gaji pas pasan dan tetap bisa menabung:

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada kawan dan sanak saudara yang membutuhkan! Agar mereka bisa tahu apa yang kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Arsito Hidayatullah. 26 April 2020. Buat yang Gaji Pas-pasan, Silakan Ikuti 6 Tips Mengatur Keuangan Ini. Suara.com – https://bit.ly/2YvxeLM
  • Wahyu Utama. 9 Cara Menjadi Orang Kaya Dengan Gaji Kecil, Siapa Bilang Tidak Bisa? Koinworks.com – https://bit.ly/2MRvmYy
  • Anggun P. Situmorang. 05 Juli 2020. 5 Cara Pintar Menabung Walau Gaji Pas-pasan. Merdeka.com – https://bit.ly/3cVFolV
  • Fitriana Monica Sari. 14 Oktober 2019. Tips Tetap Nabung Meski Gaji Pas-pasan. Liputan6.com – https://bit.ly/2MTuFOh