Bagaimana strategi pengelolaan keuangan pribadi yang benar? Salah satu rekan Finansialku.com, akan membahas strategi pengelolaan keuangan pribadi yang benar.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Cara Pengelolaan Keuangan Pribadi yang Sebaiknya Anda Praktekkan

Setiap orang tentunya ingin sejahtera secara keuangan dan Anda juga tentunya juga inginkan? Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara pengelolaan keuangan pribadi yang benar. Cara pengelolaan keuangan pribadi yang benar tentu akan mempermudah Anda untuk mencapai kesejahteraan keuangan. 

4 Strategi Pengelolaan Keuangan Pribadi yang Harus Anda Coba - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudah Benarkah Cara Anda Mengelola Keuangan Anda?]

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa ada dua kunci utama yang dapat membantu seseorang untuk memperoleh kekayaan finansial. Yang pertama adalah menggunakan passion dan kedua adalah pengelolaan keuangan pribadi.

“Sepintas memang terdengar klise, namun cara pengelolaan keuangan pribadi yang tepat adalah:  akumulasi nilai sekecil apapun lama kelamaan akan menjadi besar,” kata Jay.

Menurut Jay, terdapat 4 strategi pengelolaan keuangan pribadi untuk meraih kekayaan secara finansial.

  1. Menabung dan Berinvestasi 
  2. Penghematan
  3. Mengalokasikan Uang
  4. Menambah Pemasukan

 

Menabung dan Berinvestasi

Strategi pertama adalah Anda harus menabung dan berinvestasi setiap bulan. Ada pepatah yang mengatakan bayar diri Anda terlebih dahulu sebelum membayar orang lain. Dulu orang bilang “SISIHKAN penghasilan Anda untuk MENABUNG”. Zaman sekarang Anda harus “PRIORITASKAN penghasilan Anda unuk MENABUNG dan BERINVESTASI”. Tentunya sebelum berinvestasi Anda sebaiknya memiliki rencana keuangan.

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Berinvestasi Sesuai dengan Rencana Keuangan]

 

Melakukan Penghematan

Strategi kedua adalah melakukan penghematan. Salah satu cara meningkatkan kesejahteraan adalah dengan mengurangi pengeluaran alias penghematan. Tapi ingat lakukan penghematan pada pengeluaran – pengeluaran yang bersifat konsumtif dan jangan salah melakukan penghematan.

[Baca Juga: Salah Melakukan Penghematan, Mau Hemat Malah Jadi Boros]

 

Anda juga dapat melakukan penghematan dengan membandingkan harga dan kualitas produk sebelum membeli. Sama halnya ketika Anda juga sedang ingin membeli produk keuangan, seperti kartu kredit atau kredit lainnya. Anda juga jangan sampai lupa membandingkannya:

 

Mengalokasikan Uang

Strategi ketiga adalah mengalokasikan uang alias membuat anggaran. Banyak orang belum menyadari fungsi dan manfaat anggaran. Menurut Robert T. Kiyosaki orang kaya, orang kelas menengah dan orang miskin perlu membuat anggaran. Memang mereka akan melihat anggaran dengan cara yang berbeda. Nah Anda juga perlu membuat anggaran.

Tampilan Anggaran  Keuangan Keluarga Aplikasi Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Anggaran dan Apa Fungsinya?]

 

Menambah Pemasukan

Strategi keempat dan terakhir tentunya adalah menambah pemasukan. Selain mengurangi pengeluaran, Anda juga disarankan menambah penghasilan. Penghasilan yang dimaksud adalah penghasilan selain pendapatan aktif. Anda dapat memaksimalkan pendapatan pasif dan pendapatan investasi (lihat gambar nomor 1).

[Baca Juga: Karyawan Juga Bisa Menjadi Kaya dengan Cara Ini]

 

Apakah cara pengelolaan keuangan pribadi yang Anda lakukan sudah benar?

 

  • Finance Manage – http://goo.gl/dKAyFP

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang