Beberapa bulan lagi Ramadhan tiba, namun bagaimana persiapan menyambut Ramadhan kamu?

Simak hal penting yang harus dipersiapkan agar tidak mengalami krisis anggaran di bulan penuh berkah dengan sedekah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Bulan Ramadhan Penuh Berkah Perlu Banyak Persiapan

Bulan yang dinantikan oleh mayoritas orang di Indonesia sebentar lagi akan tiba. Suasananya sangat hangat dan menarik untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Meskipun begitu, jangan lupa mempersiapkan berbagai keperluan di bulan Ramadhan dengan matang.

Hari-harinya dijalani dengan berpuasa, tanpa makan dan minum, tetapi tahukah kamu bahwa selama bulan Ramadhan banyak hal penting yang harus diperhatikan?

Berbagai hal tersebut mulai dari niat, kondisi fisik dan psikis, serta kondisi keuangan.

Apabila kamu belum memenuhi berbagai keperluan tersebut hingga mencapai batas waktu Ramadhan tiba, tentu akan sangat kesulitan menjalani puasa dengan nyaman.

Bagaimana Cara Melunasi Hutang Numpuk Setelah Lebaran Simak agar Anda Tetap Sejahtera 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nasabah Bisa Sisihkan Harta Lewat Zakat Saham, Program Anyar Henan Putihrai Sekuritas Gaet Baznas]

 

Jika kamu memulai langkah persiapan, sebaiknya lakukan bersama rekan, suami/istri, orang tua, sahabat, dan segalanya yang penting buat kamu agar lebih terkesan.

Selain itu, dengan adanya teman untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan di bulan Ramadhan juga bisa menjadi rekan bekerja sama, yang saling memberikan pertolongan di saat salah satu pihak mengalami kekurangan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Perhitungan Anggaran Menyambut Ramadhan Penting Kamu Lakukan

Banyak orang mengatakan bahwa sedekah di bulan Ramadhan itu sangat penting, namun bagaimana jika kamu ternyata tidak memiliki cukup anggaran untuk bersedekah?

Sedangkan kebutuhanmu di bulan Ramadhan cukup tinggi karena harus memenuhi kebutuhan keluarga sekaligus?

Oleh karena itu, anggaran sebaiknya diperhitungkan dengan tepat. Bila perlu, kamu harus mengirit dana agar tidak digunakan untuk membelanjakan suatu barang yang tidak terlalu penting.

Namun, jika kamu memiliki anggota keluarga yang boros, maka ajarilah beberapa tips menghemat, selain itu juga dapat dijadikan sebagai pembelajaran dalam menahan hawa nafsu di bulan Ramadhan.

 

5 Hal Penting Untuk Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Menghindari berbagai masalah, seperti kekurangan dana, puasa yang tidak khusyuk, serta kondisi fisik dan psikis yang tidak stabil selama bulan Ramadhan tentu menjadi keinginan semua orang.

Agar kamu bisa menjalani aktivitas puasa dengan sempurna disertai perbuatan yang bernilai positif tentu perlu melakukan beberapa hal seperti pada poin berikut ini.

 

Persiapan 1: Menabung atau Berinvestasi Mulai Saat Ini

Selama Ramadhan, berbagai barang kebutuhan pokok banyak mengalami kenaikan harga. Bahkan, tidak jarang para pedagang yang berlaku curang.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah persiapan dalam jarak waktu yang cukup jauh sebelum menyambut Ramadhan.

Apabila kamu mendapatkan gaji bulanan maka lakukankah kegiatan menabung khusus untuk pengeluaran selama bulan Ramadhan. Jika gaji bulananmu tersebut memiliki uang lebih dari uang tabunganmu, maka alokasikan untuk anggaranmu tahun depan atau bulan depan.

Bagaimana Cara Melunasi Hutang Numpuk Setelah Lebaran Simak agar Anda Tetap Sejahtera 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran Liburan Hemat, Mudik Lebaran]

 

Saat menabung usahakan seluruh biaya pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan rapi dan detail.

Jangan sampai ada yang terlewat sedikitpun, bila perlu buatlah list keuangan secara khusus yang digunakan untuk membeli kebutuhan makanan selama bulan Ramadhan serta kebutuhan lain yang berfungsi untuk pelengkap saja.

Hal ini dikarenakan, di bulan Ramadhan tentu permintaan aneka jenis makanan semakin meningkat, begitu pula dengan dana yang kamu keluarkan.

 

Persiapan 2: Perkuat Niat Kurangi Keluhan

Langkah persiapan yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah meluruskan niat, dan mengurangi berbagai keluhan baik secara materiil maupun non materiil.

Setiap orang tentu memiliki beban secara fisik dan psikis, namun selama bulan Ramadhan, kamu harus bertahan untuk tidak melupakannya agar ibadahmu bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, bersikap ceria dan tetap semangat harusnya kamu lakukan meskipun akan banyak godaan yang bisa saja membuat amarahmu naik.

Untuk melaksanakan berbagai kegiatan secara positif maka sebaiknya lakukanlah banyak kegiatan positif seperti bakti sosial, mengunjungi panti asuhan, bersilaturahmi ke keluarga, dan lain-lain.

 

Persiapan 3: Menyediakan Perlengkapan Ibadah yang Bersih dan Suci

Selain ibadah puasa, yang harus kamu penuhi selama bulan Ramadhan salah satunya, yakni shalat Tarawih.

Meskipun sifatnya sunnah, sebaiknya kamu menjalankannya selama kamu berpuasa agar nilai amalan semakin bertambah positif.

5 Hal Persiapan Menyambut Ramadhan yang Harus Kamu Lakukan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Donasi (Zakat, Perpuluhan, Derma) bersama Beruang Matahari]

 

Tarawih baiknya dilakukan secara berjamaah di masjid atau surau sehingga saat kamu datang ke sana tentu harus mengenakan perlengkapan shalat yang bersih dan suci.

Tidak perlu terlalu wangi, cukup bersih tanpa noda dan saat dicuci sudah melalui proses mensucikan. Dengan begitu, kamu beserta orang di sekitarmu bisa menjalankan ibadah shalat Tarawih dengan khusyuk dan nyaman.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Persiapan 4: Perbaiki Kesehatan Fisik dan Psikis

Salah satu hal paling penting selama menjalankan ibadah puasa yakni menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit.

Jika tubuhmu loyo atau sedang menurun tentu tidak akan bisa menjalani puasa dengan sempurna, atau bahkan bisa jadi kamu tidak bisa berpuasa selama satu hari penuh atau lebih.

Tentu hal tersebut sangat mengganggu suasana yang khas di bulan Ramadhan.

5 Hal Persiapan Menyambut Ramadhan yang Harus Kamu Lakukan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Premi Asuransi Syariah Lebih Murah dan Lebih Aman daripada Asuransi Konvensional?]

 

Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya persiapkan kesehatan fisik dan psikis dengan cara memberi asupan makanan bernutrisi yang cukup serta lakukan hal-hal yang menyenangkan pikiran.

Dengan begitu, kamu bisa menjalani momen puasa dengan rutin melakukan aktivitas sahur dan berbuka yang menyenangkan bersama keluarga.

 

Persiapan 5: Perhitungkan Dana dengan Tepat

Apabila kamu sebelumnya telah menabung atau berinvestasi untuk mempersiapkan berbagai kebutuhanmu di bulan Ramadhan.

Selanjutnya yang perlu kamu ingat adalah menghitung berbagai pengeluaran dan kebutuhan dengan tepat.

Buatlah list makanan, minuman, serta perlengkapan ibadah yang harus kamu persiapkan, beserta dengan harga dan jumlah yang kamu butuhkan.

Lakukan perhitungan setidaknya minimal satu minggu sekali.

Kamu harus mengecek total biaya kebutuhan mingguan, kemudian mengkategorikan dan mencoret beberapa hal yang tidak terlalu penting agar kamu tidak membelanjakan anggaranmu dengan sia-sia.

Dengan begitu, sisa uang anggaran yang telah kamu tentukan untuk kebutuhan Ramadhan hingga Lebaran bisa digunakan untuk bersedekah.

 

Jalankan Persiapan dengan Matang Agar Ramadhan Berjalan Lancar

Kelima langkah persiapan di atas tentu harus kamu jalankan dengan baik agar selama bulan Ramadhan tidak mengalami hambatan.

Selain itu, kamu juga bisa lebih tenang jika terdapat beberapa masalah kecil jika berbagai hal telah kamu persiapkan dengan matang sebelumnya.

 

Setelah mengetahui langkah menyambut Ramadhan yang sangat bermanfaat ini tentu akan lebih bernilai jika kamu berbagi tentang informasi ini ke teman, rekan, kerabat, atau keluarga agar kamu bersama mereka bisa menjalankan ibadah menyenangkan bersama-sama.

 

Sumber Referensi:

  • Firman Pratamai. 7 Juli 2013. 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Memasuki Bulan Ramadhan. Kompasiana.com – https://bit.ly/2XRnWrJ

 

Sumber Gambar:

  • Persiapan Menyambut Ramadhan 01 – https://bit.ly/2ZGvY8C
  • Persiapan Menyambut Ramadhan 02 – https://bit.ly/2DCZv9T
  • Persiapan Menyambut Ramadhan 03 – https://bit.ly/2UQFLW8