Langkah-langkah apa saja yang sebaiknya kita lakukan agar dapat hidup lebih kaya dan sejahtera? Nah berikut ini 5 langkah kecil yang dapat Anda segera lakukan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5 Langkah Kecil untuk Menjadi Lebih Kaya dan Sejahtera

Apa yang membedakan orang kaya dan orang tidak  kaya? Apakah ada perbedaan cara keduanya dalam mengelola keuangan? Nah apa saja yang dapat segera kita lakukan agar dapat hidup lebih kaya dan sejahtera?

5 Langkah Kecil untuk Menjadi Anda Lebih Kaya dan Sejahtera - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 90+ Cara Miliarder Mengelola Keuangannya]

 

Berikut ini 5 langkah kecil yang dapat Anda lakukan:

 

Mulai dengan Membuat Anggaran

Setiap perusahaan sukses, orang kaya selalu memiliki anggaran (atau istilah kerennya budgeting). Jika Anda memiliki anggaran, Anda dapat mengetahui berapa yang harus Anda keluarkan untuk masing-masing pos. Misal berapa yang Anda butuhkan untuk biaya bersosialisasi, berapa yang harus diinvestasikan dan lain sebagainya. Ada pepatah yang mengatakan, jika Anda ingin kaya belajarlah dengan orang yang sudah kaya. Kali ini Li Ka-Shing orang terkaya nomor 1 telah memberikan rahasia bagaimana cara dia menjadi kaya

Mengatur Keuangan Keluarga ala Miliarder - Infografis 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Miliarder Mengelola Keuangan Keluarganya]

 

Jangan Lupa Mencatat Keuangan dan Urutannya

  • Apakah Anda tahu, berapa pengeluaran Anda untuk keperluan bersosialisasi?
  • Berapa persen dari pendapatan Anda yang digunakan untuk berinvestasi?
  • Berapa persen dari pendapatan Anda yang digunakan untuk kebutuan transportasi?
  • Apakah Anda tahu dimana letak kebocoran-kebocoran keuangan keluarga Anda?

 

[Baca Juga: 4,5 Keuntungan Mencatat Keuangan Harian]

 

Jika Anda tidak memiliki catatan keuangan, Anda tentu akan kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Seseorang yang tidak tahu letak kebocoran, orang tersebut tidak akan pernah bisa memperbaiki kebocoran. Apakah Anda ingin mengalami kebocoran terus menerus? Jika tidak, maka Anda perlu membuat catatan keuangan.

 

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengelola Cash Flow Keluarga]

 

Finansialku, sebagai perencana keuangan mengamati bahwa kebanyakan orang salah dalam mengurutkan pengeluaran. Idealnya urutan dalam mengelola keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Bayar pajak dan potongan-potongan, biasanya kantor sudah memotong dari gaji Anda.
  2. Berdonasi (Zakat, Perpuluhan dan kegiatan Amal).
  3. Berinvestasi dan menabung
  4. Membayar premi asuransi
  5. Membayar cicilan dan utang
  6. Belanja bulanan dan keperluan pribadi

 

Memiliki Dana Darurat dan Rencana Keuangan

Langkah ketiga, pastikan Anda memiliki dana darurat (emergency fund) dan rencana keuangan. Dana darurat adalah dana yang digunakan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan darurat, misal biaya berobat, biaya perjalanan mendadak, memperbaiki genting, membeli ban mobil dan lain sebagainya. Bagi Anda yang masih single sebaiknya Anda memiliki dana darurat sebesar 3 – 6 kali pengeluaran bulanan. Jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan, idealnya Anda memiliki dana darurat sebesar 9 – 12 kali pengeluaran.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Rencana keuangan adalah panduan yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan keuangan rumah tangga Anda dan mewujudkan tujuan keuangan Anda. Dengan sebuah rencana keuangan, Anda dapat memiliki gambaran bagaimana cara mewujudkan tujuan-tujuan keuangan jangka menengah dan panjang. Contoh berapa yang harus disiapkan untuk uang masa pensiun, berapa yang harus disiapkan untuk pendidikan anak dan lainnya. Berikut ini salah satu contoh perencanaan dana pendidikan anak:

[Baca Juga: Contoh Merencanakan Dana Pendidikan Anak]

 

Berinvestasi dengan Benar

Tahap selanjutnya adalah mulai berinvestasi sesuai dengan rencana keuangan Anda. Banyak orang menganggap investasi itu menakutkan dan repot. Satu hal yang membedakan antara orang miskin dan orang kaya adalah: orang kaya berusaha untuk membeli asset dan berinvestasi. Orang kaya selalu mengukur risiko dan berusaha memperkecil risiko atas pilihan investasi dengan cara: belajar, mengikuti seminar dan pelatihan, berkonsultasi dengan ahli, serta mencoba dari yang kecil.

[Baca Juga: Berinvestasi itu Seperti Orang Menanam Pohon]

 

Miliki Proteksi yang Cukup

Salah satu yang menyebabkan seseorang bisa mendadak miskin karena sakit keras dan harus berobat. Anda pastinya sudah tahu, seberapa mahal biaya berobat di Indonesia, mulai dari dokter, obat-obatan dan perawatan di rumah sakit. Salah satu cara untuk memperkecil risiko tersebut adalah dengan membeli asuransi jiwa dan kesehatan. Saat ini Pemerintah Indonesia telah menggalakan program proteksi (asuransi kesehatan) yang bernama BPJS Kesehatan.

[Baca Juga: Mengenal BPJS Kesehatan di Indonesia]

 

5 Sehat 6 Sempurna

Selamat, Anda telah mengetahui 5 langkah kecil yang dapat membuat hidup Anda lebih kaya dan sejahtera. Nah kelima langkah tersebut akan menjadi sempurna, jika Anda melakukannya sekarang. Banyak klien yang mulai menjalankan kelima langkah tersebut dan segera hidup lebih sejahtera. Dan Anda pun juga bisa hidup lebih kaya dan sejahtera. 

 

Mengapa Anda ingin hidup lebih kaya dan sejahtera?

 

Sumber Gambar:

  • Success – http://goo.gl/jzm9Fq

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang