Yuk temukan sederet manfaat dari membuat anggaran pribadi. Jangan sampai menyesal tidak melakukannya dari sekarang!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Kompas.com

 

Manfaat Membuat Anggaran Keuangan Pribadi

Dalam hal merencanakan keuangan bisa dikatakan berhasil jika kamu telah mencapai tujuan hidup. Namun agar rencana keuangan dapat berfungsi dengan baik, maka antara situasi saat ini dengan rencana tersebut harus sinkron.

Sebab, setiap individu memiliki pendapatan, pengeluaran, kewajiban, tanggungan, tujuan hidup dan penghasilan berbeda setiap tahunnya.

Masing-masing individu pun memerlukan rencana unik yang berfungsi dalam kondisi spesifiknya.

Mengutip Business Today, berikut ada lima manfaat yang bisa kamu nikmati dalam pengelolaan keuangan yang baik.

banner -pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis

[Baca Juga: 10+ Tips Membuat Anggaran Dengan Mudah dan Efektif]

 

#1 Tahu Posisi Keuangan

Mengelola keuangan dengan membuat anggaran mengharuskan kamu untuk membuat daftar semua penghasilan dan pengeluaran secara detil.

Kamu dapat membuat daftar semua pengeluaran dalam kategori yang lebih luas seperti; biaya kebutuhan sehari-hari, pendidikan, kesehatan, hiburan, dana darurat hingga bersedekah.

Dengan cara ini, kamu akan tahu sejauh mana pengeluaran kamu akan berdampak pada keuangan.

Bahkan, setiap kali kamu berpikir untuk menambah biaya tambahan, kamu akan mengacu pada anggaran, sehingga bisa memilih apakah harus melakukannya atau tidak.

 

#2 Membantu Kamu Dalam Menyesuaikan Keuangan

Ketika menyiapkan anggaran bulanan selama setahun penuh dan merasa pengeluaranmu cukup stabil. Berarti, kamu dapat melakukan investasi.

Kapasitas tabungan tahunan ini memungkinkan untuk menghitung kondisi yang dapat kamu bangun dengan tabungan saat ini.  Namun, jika kondisi ini tidak cocok dengan tujuan hidup, kamu dapat mengatur ulang rencanamu.

 

#3 Kamu Dapat Belajar Tentang Batasan Kapasitas Tabungan

Ketika kamu perlu memotong pengeluaran untuk meningkatkan tabungan, pengeluaran yang bebas atau pengeluaran untuk kebutuhan tersier harus menjadi target pertama.

Memiliki anggaran akan membantumu memahami dampak tahunan dan jangka panjang dari setiap penyesuaian yang kamu lakukan dengan pengeluaran.

Jika tidak membantu dengan penghematan yang cukup untuk memenuhi tujuan hidup, kamu harus bergerak ke arah pengeluaran lain dan melihat lingkup pengeluaran lainnya.

Misalnya jika kamu mengeluarkan uang untuk sewa rumah yang tinggi, kamu dapat mencari alternatif lain untuk menurunkan biaya sewa kamu.

 

#4 Dapat Menetapkan Tujuan yang Realistis

Anggaran bulanan juga membantu kamu dalam memeriksa ruang lingkup penghematan maksimum dan titik di mana kamu tidak menekan pengeluaran.

Jika tingkat penghematan maksimum membantumu mencapai tujuan hidup, maka latihanlah dalam membuat penganggaran untuk meningkatkan investasi.

 

#5 Dapat Mengelola Arus Kas Lebih Baik

Anggaran bulanan yang selama setahun kamu lakukan membuatmu merasa terbiasa dengan budget yang berbeda tiap bulannya.

Misalnya mungkin ada beberapa pembayaran tahunan seperti biaya sekolah, pajak properti atau lainnya yang membuat pengeluaranmu berbeda.

Kamu dapat mengevaluasinya, namun jika kamu mengantisipasi defisit yang lebih besar, kamu harus melakukan beberapa penyesuaian dan menunda pengeluaran yang dapat dihindari.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Nah, itu dia sederet manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membuat anggaran keuanganmu. Tidak perlu merasa ribet, kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku untuk mengatur anggaranmu dari sekarang. Yuk cobain!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Kompas.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab Kompas.com.

 

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Budget – https://bit.ly/3afCWct, https://bit.ly/2Kbc9mU