Setiap orang pasti memiliki masalah keuangan masing-masing. Tapi ada tahukah Anda ternyata ada 5 masalah keuangan yang sering dihadapi oleh kelas menengah indonesia. Kali ini salah satu rekan dari Finansialku, akan membahas 5 masalah keuangan yang sering dihadapi oleh kelas menengah Indonesia.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh rekan:

Halomoney Indonesia Logo

 

5 Masalah Keuangan Kelas Menengah Indonesia

Tahukah Anda bahwa: Masalah keuangan adalah masalah yang paling banyak dialami oleh kelas menengah Indonesia. Beberapa contoh: gaji tidak pernah cukup, tidak pernah bisa menabung, terlebelit kasus kartu kredit dan lain sebagainya.

5 Masalah Keuangan Kelas Menengah Indonesia - Perencanaan Keuangan Independen Finansialku

Apa penyebabnya, kelas menengah mengalami masalah keuangan? Tentu kalau dijelaskan satu persatu akan sangat panjang. Tapi perlu teman-teman ketahui, salah satu penyebabnya adalah karena tidak mampu mengatur keuangan. 

 

Betul, berapapun penghasilan yang Kamu miliki, apabila tidak dikelola dengan baik tentu akan menimbulkan masalah.

HaloMoney Indonesia

 

Makin besar pendapatan seseorang, maka makin besar permasalahannya. Percaya atau tidak gaji besar tidak akan menjadi solusi atas masalah keuangan seseorang. Berikut 5 sumber penyakit yang menimbulkan masalah keuangan di kelas menengah Indonesia:

 

Tidak Memiliki Dana Darurat

Masalah keuangan yang pertama adalah kebanyakan kelas menengah Indonesia tidak memiliki dana darurat. Tahukah Anda bahwa dana darurat wajib dimiliki setiap orang. Alasannya sederhana tidak ada orang yang tahu dan mampu memprediksikan hal-hal buruk yang akan terjadi di kemudian hari. Dana darurat sangat membantu apabila kita perlu dana talangan saat kondisi darurat. 

[Baca juga:  Rencana Keuangan Pertama – Dana Darurat]

 

Tidak dapat Memisahkan: Keinginan dan Kebutuhan 

Masalah keuangan kedua adalah ketidakmampuan untuk memisahkan antara keinginan (wants) dan kebutuhan (needs). Ketidakmampuan membedakan antara kebutuhan dan keinginan dapat menjadi bumerang dan sumber malapetaka keuangan. Ow ya mungkin Anda ingin mencoba quiz : Sudahkah Anda mengelola keuangan keluarga dengan benar?

  

Tidak Jelas Kemana Uang Keluar

Masalah keuangan ketiga adalah ga tahu kemana uang saya habis. Tahunya abis gajian, tiba-tiba gaji habis dan selalu tanpa jejak.  Saran yang terbaik adalah Anda perlu memiliki catatan pengeluaran uang kita. Ga perlu detil banget, tetapi tersusun dengan rapi. Lebih baik lagi jika Anda memiliki anggaran.

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga dengan Baik]

 

Besar dari Pasak daripada Tiang

Masalah Keempat adalah besar pasak daripada tiang. Lho kok bisa? Sekarang ada yang namanya kartu kredit, kredit tanpa agunan dan kredit konsumtif lainnya. Inilah salah satu sumber masalah keuangan dalam keuangan keluarga. Hindari berutang untuk memenuhi nafsu belanja.

Sekali saja Anda terperosok utang, dijamin kehidupan Anda tidak akan tenang. HaloMoney Indonesia

 

Sulit untuk Bilang Tidak

Masalah keuangan kelima adalah Anda sulit berkata TIDAK. Coba katakan tidak pada penawaran – penawaran yang sebenarnya Anda tidak butuhkan. Coba katakan tidak pada permintaan-permintaan teman atau saudara yang butuh pinjaman. Jika memang Anda bukan orang yang ahli untuk mengatakan tidak, ada baiknya Anda memiliki anggaran khusus untuk membantu orang lain. Ow ya coba ingat prinsip di pesawat terbang, Sebelum Anda menyelamatkan orang lain, pertama kali selamatkan diri sendiri.

 

Jadi Anda sudah mengetahui kan, apa saja masalah keuangan kelas menengah Indonesia? Pertanyaannya: 

 

Artikel ini belum selesai, bagian berikutnya Kami butuh bantuan Anda: kira-kira apa saja solusi untuk menyelesaikan masalah keuangan kelas menengah Indonesia?

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang