Perilaku mengelola keuangan adalah salah satu indikator yang menyebabkan seseorang sukses atau tidak dalam hal pengelolaan keuangan. Finansialku.com akan membahas 5 perilaku mengelola keuangan yang akan mengubah hidup Anda.

5 Perilaku Mengelola Keuangan yang Sehat

 

Perilaku Mengelola Keuangan

Banyak orang mengawali tahun baru dengan membuat resolusi-resolusi. Salah satu resolusi adalah perbaikan kondisi keuangan.

Resolusi tidak akan menjadi sebuah  kenyataan jika tidak ada solusi dan action. Finansialku akan membahas 5 perilaku mengelola keuangan yang dapat membantu Anda mencapai resolusi keuangan.

Berikut ini adalah 5 perilaku mengelola keuangan yang dapat mengubah hidup Anda, tentunya mengubah menjadi lebih baik.

5 Perilaku ini fungsinya sederhana yaitu meningkatkan kendali dan pengawasan terhadap uang dan kondisi keuangan Anda.

 

#1 Membuat Anggaran

Cara pertama agar Kita dapat mengendalikan keuangan adalah membuat anggaran. Seorang ahli manajemen bernama Peter Drucker mengatakan,  ‘Jika Anda tidak dapat mengukur, Anda tidak dapat mengelolanya.’

5 Perilaku Mengelola Keuangan yang Sehat - if you can not measure it you can not manage it

Penulis mengakui membuat anggaran adalah salah satu hal yang membosankan dan bukan hal yang umum bagi sebagian orang.

Pembuatan anggaran biasanya dibuat oleh istri. Kebiasaa tersebut sebaiknya diperbaiki dengan: membuat anggaran adalah tugas bersama antara Ayah dan Ibu.

Apa manfaat membuat sebuah anggaran? Tentu saja Anda dapat mengendalikan pos-pos pengeluaran mana yang perlu dihemat, pos pengeluaran mana yang harus ditingkatkan dan sebagainya.

Setelah membuat anggaran, hal apa yang harus dilakukan?

 

#2 Mencatat Pengeluaran Harian

Mencatat pengeluaran harian adalah kebiasan atau perilaku yang belum lazim. Mencatat pengeluaran harian adalah salah satu cara untuk mengendalikan pengeluaran-pengeluaran. Pastikan pengeluaran aktual mengikuti anggaran yang telah dibuat.

 besarnya-kerugian-jika-anda-para-karyawan-tidak-mulai-berinvestasi-2-finansialku

[Baca juga : Mencatat Keuangan Harian Perlu atau Tidak?]

 

 

#3 Audit Bulanan

Setelah membuat anggaran dan mencatat pengeluaran harian, langkah berikutnya adalah melakukan audit.

Jangan mempersepsikan istilah audit dengan sebuah langkah yang kompleks dan susah. Lakukan audit keuangan keluarga Anda dengan cara yang sederhana.

Mengecek bon atau nota dengan catatan. Membandingkan pengeluaran aktual (yang ada di catatan pengeluaran harian) dan anggaran yang telah dibuat.

Hasil dari audit bulanan ini digunakan sebagai cara pembelajaran, pengendalian dan umpan balik (feedback) dalam membuat anggaran bulan depan.

Agar tidak terlalu menghabiskan banyak tempat atau kertas, Anda bisa melakukan pencatatan keuangan secara langsung setelah melakukan transaksi, baik itu pengeluaran atau pun pemasukan dengan menggunakan aplikasi Finansialku.

Mencatat keuangan lewat aplikasi Finansialku, Anda tidak perlu menghabiskan banyak kertas atau membuat catatan di ponsel menumpuk, karena bisa dilakukan di aplikasi secara langsung.

 

#4 Membuat dan Melakukan Perencanaan Keuangan

Perilaku mengelola keuangan selanjutnya adalah melakukan perencanaan keuangan dan mulai melaksanakan.

Perencanaan keuangan adalah salah satu cara untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan Anda, seperti dana darurat, dana pendidikan, dana hari tua, dana pembelian rumah dan lain sebagainya.

Perencanaan keuangan ini dapat Anda lakukan sendiri atau dengan jasa perencana keuangan profesional dari Finansialku yang bisa dihubungi melalui formulir online, telepon (022 – 2056 5890) atau email (Solusi@Finansialku.com).

anda-harus-meningkatkan-kemampuan-perencanaan-planning-skills-finansialku 

[Baca juga : Apakah Saya Butuh Jasa Perencana Keuangan Independen?]

 

#5 Cek Perkembangan Anda

Langkah berikutnya adalah mulai melakukan pengecekan perkembangan usaha yang sudah dilakukan.

Pengecekan dilakukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang Kita lakukan. Contoh, kita berinvestasi pada produk keuangan yang kurang sesuai dengan kebutuhan, perhitungan asumsi inflasi terlalu rendah, mengecek kebutuhan pendapatan pasif agar dapat bebas keuangan dan lain sebagainya.

 

Kesimpulan

5 perilaku mengelola keuangan yang sehat adalah:

  • Perilaku 1 Membuat Anggaran
  • Perilaku 2 Mencatat Pengeluaran Harian
  • Perilaku 3 Audit Bulanan
  • Perilaku 4 Membuat dan Melakukan Perencanaan Keuangan
  • Perilaku 5 Cek Perkembangan Anda

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai  perilaku mengelola keuangan yang sehat.