Bagaimana perilaku mengelola keuangan yang sehat agar penghasilan yang dimiliki dapat teralokasikan secara tepat dan bisa mewujudkan tujuan finansial?

Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel Finansialku berikut ini!

 

Summary:

  • Untuk menerapkan perilaku mengelola keuangan yang sehat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari literasi finansial hingga psikologi terkait utang.
  • Perilaku mengelola keuangan yang sehat dapat memberikan manfaat positif, yakni membuat kehidupan lebih stabil khususnya dari segi finansial.

 

Apa itu Perilaku Pengelolaan Keuangan?

Perilaku pengelolaan keuangan mencakup keputusan, tindakan, dan kebiasaan yang terkait dengan cara seseorang mengelola, menggunakan, dan mengalokasikan uang mereka. 

perilaku mengelola keuangan yang sehat 1

Ilustrasi Mengelola Keuangan. Sumber: akuntansi.urna.ac.id

 

Pada dasarnya perilaku seseorang dalam mengelola keuangan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti pendidikan keuangan, pengalaman mengelola keuangan dari keluarganya, dan lingkungan sekitar seperti tempat bekerja atau pergaulannya. 

Semuanya itu dapat membentuk seseorang yang baik dalam mengelola keuangannya ataupun yang tidak baik. 

[Baca Juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Keuangan, Jangan Anggap Sepele!]

 

Contoh Perilaku Mengelola Keuangan yang Sehat

Tentu kita semua ingin semakin baik dalam mengelola keuangan, karena dengan pengelolaan keuangan yang baik banyak hal yang dapat kita raih. 

Berikut adalah beberapa perilaku yang bisa kita contoh dalam mengelola keuangan:

 

#1 Memantau Pengeluarannya

Orang yang baik dalam mengelola keuangan cenderung aktif memantau pengeluaran

Kita bisa menggunakan aplikasi keuangan, spreadsheet, atau catatan manual untuk melacak uang yang dikeluarkan. 

Dengan melakukan pemantauan pengeluaran maka akan lebih sadar akan bagaimana cara kita menggunakan uang.

Selain itu memungkinkan jadi bahan pembelajaran jika ada kesalahan dalam pengelolaan keuangannya.

 

#2 Membuat Rencana Keuangan

Seseorang yang baik dalam mengelola keuangan biasanya memiliki rencana keuangan yang jelas

Biasanya ia sudah membuat anggaran bulanan atau tahunan yang mencakup pengeluaran-pengeluaran rutin, tabungan, dan investasi.

Rencana keuangan dapat membantu mereka untuk tetap fokus pada tujuan keuangan mereka.

 

#3 Terbiasa Menabung dan Berinvestasi

Seseorang yang baik dalam mengelola keuangan cenderung memiliki kebiasaan menabung secara teratur. Selain menabung, mereka juga cenderung untuk berinvestasi

Investasi bisa pada instrumen jangka pendek seperti deposito dan reksadana pasar uang atau investasi jangka panjang seperti saham dan properti, dan investasi mereka disesuaikan dengan tujuan keuangan.

Untuk memahami lebih dalam seputar pemilihan investasi yang tepat, simak tayangan berikut sampai akhir!

 

 

#4 Mampu Mengendalikan Utang

Mengelola utang dengan bijak merupakan perilaku yang penting. Orang yang baik dalam mengelola keuangan berusaha untuk menghindari utang berbunga tinggi dan bertujuan untuk melunasi utang mereka sesuai rencana. 

Saat ini kita berada di masa semua serba instan, pengajuan utang pun sangat mudah bahkan disertai dengan promo. 

Seseorang yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik tidak akan tergiur untuk berutang.

Tapi, jika Anda terjebak dalam kondisi ini, temukan taktik jitu untuk lepas dari utang dengan membaca ebook gratis Cara Terbebas dan Terhindar dari Utang.

 

#5 Pengambilan Keputusan yang Bijak

Seseorang cenderung membuat keputusan keuangan berdasarkan logika dan pertimbangan yang matang

Sehingga tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan besar terkait keuangan dan cenderung melakukan riset serta konsultasi sebelum mengambil langkah besar. 

Bagi mereka, berkonsultasi dengan perencana keuangan adalah hal yang tepat dan logis sebelum membuat sebuah langkah besar.

 

Faktor yang Memengaruhi Perilaku Keuangan

Pada dasarnya perilaku seseorang dalam mengelola keuangan itu dapat diubah dan diperbaiki. Ada banyak sekali faktor yang memengaruhi perilaku keuangan seseorang. 

Berikut ini contoh bagaimana faktor-faktor tersebut dapat memengaruhi perilaku keuangan seseorang:

 

#1 Pendidikan dan Pengetahuan Keuangan

Seorang yang memiliki latar belakang pendidikan keuangan yang baik cenderung lebih bijak dalam mengelola keuangan atau membuat rencana keuangan yang terencana. 

Akan tetapi, pengetahuan dalam mengelola keuangan tidak diajarkan di bangku sekolah ataupun kuliah. 

Sebagai gantinya, kita dapat belajar dari mereka yang sudah tersertifikasi dan ahli dalam perencanaan keuangan.

 

#2 Pengalaman dan Lingkungan Keluarga

Keluarga adalah tempat pertama kali seseorang belajar dan bertumbuh. Seseorang yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang baik dalam mengelola keuangan cenderung akan menjadi pribadi yang bijak dalam mengelola keuangannya kelak.

 

#3 Budaya dan Nilai-nilai Masyarakat

Dalam beberapa budaya, menabung untuk masa depan atau memiliki tabungan yang kuat dianggap sebagai prioritas utama. 

Seperti saat anak-anak masih duduk di bangku sekolah dasar, ada tabungan harian atau bahkan ada sekolah yang menyediakan Tabungan untuk menumbuhkan kebiasaan menabung sejak dini. 

 

#4 Media Sosial

Media sosial sudah sangat memengaruhi kehidupan masyarakat saat ini. Pengaruh dari media sosial dapat membuat orang takut ketinggalan, seperti saat investasi crypto sedang booming atau saat investasi di saham pertambangan sedang booming. 

Selain itu tren dalam lingkungan media sosial juga dapat memengaruhi perilaku keuangan seseorang. 

Sebagai contoh: Arif melihat teman-teman sebayanya sudah memiliki mobil, karena tidak ingin tertinggal maka Arif memaksakan keuangan untuk mengkredit sebuah mobil.

 

#5 Emosi dan Psikologi Terkait Uang 

Pemahaman akan bagaimana emosi memengaruhi keputusan keuangan dapat membantu seseorang dalam mengenali apakah keputusan mereka berdasarkan logika atau emosi. 

Misalnya, seseorang yang terlalu khawatir akan risiko kehilangan uang mungkin enggan melakukan investasi yang pada kenyataannya cukup menguntungkan.

[Baca Juga: Boncos Terus? Hindari 7 Kesalahan Milenial Mengatur Keuangan]

 

Ciri-ciri Seseorang Mengelola Keuangan yang Baik

Perilaku dalam mengelola keuangan bisa sangat bervariasi tergantung pada individu dan situasi masing-masing.

Namun, memiliki kombinasi dari perilaku-perilaku di atas seringkali merupakan indikator bahwa seseorang memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan mereka.

Pengelolaan keuangan yang baik tentu akan memberikan dampak dalam kehidupan seseorang. Kita pasti ingin bergaul dengan mereka yang perilaku keuangannya baik, karena jelas akan lebih bermanfaat bagi kita.

Berikut adalah ciri-ciri yang dapat menandakan seseorang yang mengelola keuangannya dengan baik dan efektif:

 

#1 Peningkatan Aset dan Pertumbuhan Keuangan

Seseorang yang perilaku keuangannya baik akan menunjukkan peningkatan nilai aset dari waktu ke waktu, baik melalui investasi, tabungan, atau kepemilikan properti yang berkembang. 

Hal tersebut karena mereka mampu melakukan investasi yang cerdas dan rutin yang membuat asset mereka bertambah banyak. 

 

#2 Hidup Sejahtera

Meskipun keuangan bukanlah satu-satunya faktor penentu, seseorang yang mengelola keuangan dengan baik cenderung memiliki stabilitas finansial yang menciptakan kesejahteraan dan kepuasan dalam hidupnya.

Ia dapat mengatasi masalah keuangan dengan tenang dan memiliki strategi untuk mengatasi situasi keuangan yang sulit.

 

#3 Kondisi Keuangannya Sehat

Seseorang yang mengelola utang dengan baik, tidak memiliki utang yang berlebihan atau utang yang tidak terkelola dengan baik. 

Memiliki tabungan yang cukup untuk tujuan jangka panjang dan dana darurat yang dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Nah, untuk memastikan kondisi kesehatan keuangan Anda saat ini, yuk, lakukan Financial Check-up di website Finansialku.

Nantinya Anda bisa manfaatkan layanan FREE konsultasi bersama Perencana Keuangan Finansialku selama 20 menit (seharga Rp250.000).

Ambil kesempatan Anda sekarang juga dengan klik banner di bawah ini atau hubungi Customer Advisory via WhatsApp 0851 5866 2940 untuk informasi selengkapnya.

Free FCU

 

#4 Kebebasan Finansial dan Merencanakan Masa Depan

Seseorang memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan finansialnya sendiri tanpa ketergantungan yang signifikan pada pihak lain. 

Ia bisa membeli kendaraan ataupun rumah secara cash, jika mereka harus kredit mereka mampu melunasinya tanpa meminta bantuan kepada siapapun. 

Mereka memiliki rencana keuangan yang terencana dan realistis untuk masa depan, termasuk pensiun, pendidikan anak, atau tujuan lainnya.

Ciri-ciri ini seringkali menunjukkan bahwa seseorang mampu mengelola keuangannya dengan baik, mendapatkan pertumbuhan finansial, dan meraih kesejahteraan yang diinginkan. 

Namun, setiap individu memiliki situasi keuangan yang unik, jadi penilaian yang komprehensif terhadap situasi keuangan seseorang lebih dari sekadar melihat ciri-ciri ini.

[Baca Juga: 9 Alasan Pentingnya Transparansi Mengelola Keuangan Keluarga]

 

Wujudkan Keuangan yang Lebih Sehat dan Stabil!

Demikian berbagai faktor yang dapat memengaruhi perilaku keuangan seseorang, dan bagaimana pemahaman terhadap faktor-faktor ini dapat membantu dalam merencanakan dan mengelola keuangan secara lebih baik.

Perilaku pengelolaan keuangan yang sehat memainkan peran penting dalam keberhasilan finansial seseorang. 

Dengan memahami perilaku yang sehat dalam mengelola uang, serta faktor-faktor yang memengaruhi perilaku keuangan, individu dapat membuat keputusan finansial yang lebih cerdas dan mencapai stabilitas finansial yang lebih baik dalam jangka panjang. 

Anda bisa mempersiapkan finansial dengan lebih matang melalui panduan ebook Cara Wujudkan Mimpi dengan Perencana Keuangan. Semoga bermanfaat…

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Jangan lupa tuliskan pendapat Anda di kolom komentar mengenai informasi di atas.

Bagikan juga artikel ini ke berbagai platform media sosial untuk menambah wawasan orang lain, agar dapat mewujudkan keuangan yang lebih sehat. Terima kasih.

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin