Apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ketakutan saat memulai bisnis? Jangan sampai ketakutan Anda saat memulai bisnis, menghalangi kesuksesan Anda.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Cara Mengatasi Ketakutan Saat Memulai Bisnis?

Disadari atau tidak pada saat memulai bisnis, dibutukan keberanian, terutama bila Anda belum pernah memulai bisnis sebelumnya atau sudah pernah mengalami kegagalan. Biasanya rasa takut menjadi rasa khawatir jika bisnis yang baru juga akan memiliki nasib yang sama. Satu hal yang pasti, Anda harus mengalahkan rasa takut itu dengan melawannya. Ketakutan yang ada pada diri Anda justru akan merugikan Anda sendiri. Berikut ini 6 resep yang dapat Anda coba agar Anda berani memulai bisnis.

 

6 Cara Hadapi Ketakutan Saat Memulai Bisnis (Terbukti) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

[Ikuti Quiz: Sudah Benarkah Cara Mengelola Keuangan?]

 

Perbanyak Relasi Bisnis dan Koneksi

Dalam dunia bisnis, menjalin relasi dan koneksi adalah hal penting. Relasi dan koneksi yang baik dapat membantu Anda saat memulai usaha baru. Mereka dapat memberikan masukan, informasi, pengalaman bahkan terkadang ada juga yang mau berinvestasi di bisni Anda.

 

 

[Baca Juga: Cara Bagi Hasil untuk Investor]

 

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Pada saat memulai bisnis baru, banyak ide-ide kreatif yang Anda miliki. Tak sedikit orang-orang sekitar yang melakukan penolakan. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa orang tidak berani memulai untuk berbisnis.  

Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah Anda berusaha menanamkan sugesti positif dan keberhasilan dengan bisnis baru Anda. Selain itu Anda perlu meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan  memperbaiki kualitas diri. Cara yang dapat Anda lakukan adalah membaca buku, pengalaman dan ikut seminar.

 

Fokus Pada Bisnis Baru

Anda harus fokus pada bisnis baru, karena kegagalan dalam berbisnis umumnya dikarenakan tidak fokus pada bisnis intinya dan banyak melakukan perubahan konsep. Awali dengan perencanaan yang matang, kemudian coba jalankan dengan kemampuan yang Ada. 

 

Berani Ambil Risiko yang Terukur

Tidak ada orang yang mau menanggung risiko, betul? Begitupula dengan Anda yang mau memulai bisnis baru. Ketika Anda mau memulai usaha, pastikan Anda juga telah memperhitungkan riisko bisnis. Tahukah Anda, bahwa semua miliarder di dunia, selalu melakukan manajemen risiko (risk management) pada saat merencanakan bisnis. Tujuannya adalah mengukur risiko-risiko yang mungkin terjadi. Semua pebisnis selalu mengambil risiko benar, tetapi risiko yang diambil adalah risiko yang telah terukur.

 

Belajar dari Kisah Sukses Para Pebisnis

Seorang pebisnis yang sukses adalah pebisnis yang haus dengan informasi. Jika Anda saat ini masih seorang karyawan dan ingin memulai bisnis, tidak ada salahnya Anda mendengarkan banyak cerita dan kisah sukses dari pebisnis yang sudah sukses. Terkadang banyak hal yang dapat dipelajari dari kisah sukses pebisnis lain.

 

 

[Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem Makarin Pendiri GoJek]

 

Jangan Malu Minta Saran

Pernahkah Anda mendengar pepatah: malu bertanya sesat di jalan. Pada saat memulai bisnis, banyak-banyaklah meminta saran dari orang yang sudah sukses di bisnis yang Anda jalani. Jangan malu meminta saran pada mereka yang sudah sukses, karena Anda dapat belajar banyak dari saran dan pengalaman mereka.

 

Apakah Anda pernah merasa takut saat memulai bisnis? Ketakutan apa yang Anda rasakan?

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang