6 Langkah Menemukan Penasihat Keuangan Terbaik untuk Anda

Sebelum Anda menggunakan jasa penasihat keuangan, ada baiknya Anda memperhatikan 6 langkah dalam menemukan penasihat keuangan terbaik. Bagaimana 6 langkah tersebut? Mari kita simak artikel berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

6 Langkah Menemukan Penasihat Keuangan Terbaik untuk Anda

Berpikir menggunakan jasa penasihat keuangan sama seperti menggunakan jasa kepala bagian keuangan untuk keluarga Anda. Tentunya Anda ingin menggunakan proses yang benar untuk menemukan orang yang bekerja dengan Anda selama bertahun-tahun. Berikut adalah enam langkah yang dapat Anda gunakan untuk menemukan penasihat keuangan terbaik untuk Anda.

 

#1 Pahami Jenis Penasihat Keuangan dan Jasanya

Ada penasihat keuangan yang menawarkan jasa perencanaan keuangan tapi tidak untuk pengaturan investasi, ada juga yang menawarkan jasa pengaturan investasi, tapi hanya sedikit untuk perencanaan keuangan. Selain itu, ada penasihat keuangan yang menawarkan perencanaan pendapatan dana pensiun dengan fokus yang berbeda-beda.

Untuk menemukan penasihat keuangan yang terbaik sesuai dengan situasi Anda, maka Anda perlu memahami perbedaan-perbedaan penawaran jasa yang diberikan, mengetahui nasihat keuangan mana yang Anda butuhkan dan mengetahui jasa yang disediakan oleh penasihat keuangan. Biasanya ada 3 tipe penawaran jasa yang diberikan:

90+ Cara Miliarder Bangkit dari Kegagalan, yang Anda Harus Tiru - Perencana Keuangan Indpenden Finansialku

[Baca Juga: Perencana Keuangan Solusi Masalah Keuangan Anda]

 

Perencanaan keuangan yang fokus pada seluruh aspek kehidupan keuangan Anda seperti bagaimana untuk menabung dan tipe asuransi apa yang dibutuhkan.

Penasihat investasi yang berfokus pada fungsi pengaturan investasi seperti investasi seperti apa yang dibutuhkan. Investasi yang terbaik dipilih berjalan dengan proses perencanaan keuangan.

Perencanaan pendapatan dana pensiun yang fokus pada bagaimana mengoordinasikan keamanan sosial, pajak, investasi, tanggal pensiun dan lain sebagainya. Penasihat keuangan akan membantu dalam pencapaian tujuan pemberian dana pensiun seumur hidup.

 

#2 Carilah Penasihat Keuangan yang Terpercaya

Ada lembaga yang mengadakan sebuah pelatihan untuk memberikan gelar kredibilitas kepada seseorang untuk menjadikan orang seorang yang ahli, yaitu dengan cara mengadakan pelatihan. Setiap penasihat keuangan yang mengikuti acara tersebut harus membayar.

Untuk menemukan penasihat perencanaan keuangan yang terpercaya, carilah seseorang yang memiliki gelar CPF® atau PFS. Untuk penasihat investasi, cari yang memiliki gelar CFA®. Sedangkan untuk penasihat perencanaan pendapatan dana pensiun, temukan seseorang yang sudah mengikuti pelatihan dan mendapatkan gelar RMA atau RICP.

Profesi Perencana Keuangan di Indonesia Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Perencana Keuangan]

 

Para penasihat keuangan yang terpercaya ditentukan dengan lulus atau tidaknya seluruh ujian yang diadakan. Dalam rangka mempertahankan gelar, penasihat harus mematuhi kebijakan etika dan memenuhi seluruh persyaratan pendidikan secara berkelanjutan.

 

#3 Mengetahui Biaya Penasihat Keuangan

Banyak penasihat keuangan yang dapat menarif biaya. Penasihat keuangan yang paling objektif dan terpercaya adalah berbayar. Untuk menggunakan jasanya, Anda perlu mengetahui bahwa ada kompensasi biaya yang harus dibayar, bisa biaya per jam, partisipasi dalam memberikan komisi dan lain sebagainya.

Anda harus mengerti perbedaan antara biaya penasihat yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Hanya penasihat tertentu saja yang dapat menerima honor berdasarkan pada tujuan yang ingin dicapai atau proyek.

Untitled-1

[Baca Juga: Jasa Seorang Penasihat Keuangan Meningkatkan Pendapatan]

 

Tidak ada kebijakan baik atau buruk mengenai jenis-jenis kompensasi. Bagaimana pun juga, jika Anda berkeinginan untuk memiliki orang yang peduli terhadap pembaruan rencana keuangan dan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang Anda alami, maka Anda perlu membayar sesuai dengan ketentuan yang ada.

 

#4 Lakukan Penyaringan Online Sesuai dengan Kriteria

Mesin pencari online merupakan jalan yang baik untuk menemukan nasihat berdasarkan kode pos, kredibilitas seorang penasihat keuangan atau informasi biaya seperti tarif per jam atau tarif berdasarkan pekerjaan (tidak ada komisi).

Setiap mesin pencari online memungkinkan Anda untuk memasukkan kriteria khusus tentang jenis penasihat apa yang Anda cari, seperti kredibilitas dan metode kompensasi (pembiayaan) mereka. Selain itu juga, mesin ini dapat mencari perencana keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dimana Anda tinggal.

Pilihlah penasihat keuangan berdasarkan keahliannya, jangan memilih karena jarak yang dekat tapi tidak memiliki keahlian yang terpercaya.

Berkonsultasi Dengan Perencana Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Berkonsultasi Dengan Perencana Keuangan]

 

#5 Tanyakan Beberapa Pertanyaan Sebelum Anda Menggunakan Jasanya

Ada daftar pertanyaan wawancara dalam menentukan bagaimana penasihat keuangan berkomunikasi, bidang keahliannya serta kompetensinya. Kunci dari pertanyaan yang diajukan harus dapat dimengerti oleh Anda.

Berikan pertanyaan yang Anda mengerti. Jangan sampai mengajukan pertanyaan yang tidak Anda pahami maksudnya atau tidak Anda tahu apa maksud dari jawaban tersebut.

 

#6 Verifikasi Kredibilitasnya dan Cek Riwayat Jasanya

Sebelum menggunakan jasa penasihat keuangan, Anda perlu meyakinkan keabsahan dan riwayat jasa pelayanannya dengan melihat kredibilitas dan keluhan-keluhan dari orang di FINRA, SEC, CFP atau organisasi lainnya.

Infografis Tujuan Perencanaan Keuangan dan Profesi Perencana Keuangan Cover - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Infografis #2 : Tujuan Perencanaan Keuangan & Profesi Financial Planner]

 

Jangan Salah Menemukan Penasihat Keuangan Anda

Jika keenam langkah ini tampak terlalu banyak, berpikirlah tentang latar belakang dan tujuan yang Anda inginkan sebelum memutuskan menggunakan jasa penasihat keuangan.

Anda sedang menggunakan jasa mereka untuk membantu pada seluruh aspek dalam kehidupan keuangan di masa depan. Keenam langkah inilah yang akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang benar untuk menggunakan jasa penasihat keuangan atau tidak.

 

Bagaimana dengan pengalaman Anda dalam menentukan Penasihat Keuangan? Apakah sesuai dengan yang Anda inginkan? Silakan tulis pengalaman dan komentar Anda pada kolom di bawah ini! Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

  • Dana Anspach. 25 Okt 2016. How to Find The Best Financial Advisor in Easy Steps. https://goo.gl/ps8kTZ

 

Sumber Gambar:

  • Konsultasi Keuangan – https://goo.gl/8nGTEC

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Tommy Hilman
Tommy Hilman, M.T. menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister di Teknik Industri, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, konsentrasi Desain Rekayasa dan Industri.

Leave A Comment