facebook_pixel

Infografis #2 : Tujuan Perencanaan Keuangan & Profesi Financial Planner

Sebenarnya apa tujuan perencanana keuangan? Apa itu profesi perencana keuangan? Temukan jawabannya dalam infografis berikut ini.

 

Infografis Seri Perencanaan Keuangan #2 : Tujuan Perencanaan Keuangan dan Profesi Perencana Keuangan

Berikut ini infografis seri perencanaan keuangan #2 : Tujuan Perencanaan Keuangan dan Profesi Perencana Keuangan:

 

Infografis Tujuan Perencanaan Keuangan dan Profesi Perencana Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Apa Tujuan Perencanaan Keuangan?

Sebagaian orang beranggapan perencanaan keuangan, betujuan untuk menjadi kaya. Pernyataan tersebut memang betul, tetapi tidak benar 100%. Pada saat Anda merencanakan keuangan, Anda mulai dapat lebih rutin dalam bersedekah, dapat melindungi aset Anda, berinvestasi untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda (tujuan keuangan jangka pendek, menengah dan panjang). Keuangan yang terencana dengan baik, tentu saja akan menghasilkan kesejahteraan sehingga Anda bisa memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga, Anda dapat hidup lebih bahagia, Anda dapat tidur nyeyak dan hidup lebih besyukur.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Merencanakan Keuangan Jika Saya Masih Memiliki Utang?]

 

Bagaimana Human Life Stage?

Setiap orang tentu memiliki tahapan hidup atau human life stage, mulai dari bayi, usia anak-anak, dewasa, menikah dan tua. Setiap fase atau tahapan tersebut tentu saja memiliki kebutuhan keuangan. Contoh pada saat Anda masih kuliah, mungkin Anda masih memikirkan untuk senang-senang. Memasuki dunia kerja dan karir, Anda sudah memikirkan bagaimana cara berinvestasi, menggunakan kartu kredit, menyiapkan dana untuk menikah, membeli rumah dan lain sebagainya. Begitupula ketika seseorang memasuki fase-fase pensiun.

[Baca Juga: E-Magizine tentang Dana Hari Tua dan Pensiun]

 

Apa Itu Profesi Financial Planner (Perencana Keuangan)?

Profesi financial planner adalah profesi yang membantu kliennya untuk mengelola dan merencanakan keuangan. Para financial planner melayani jasa untuk konsultasi keuangan dan pembuatan rencana keuangan (financial plan). Di dalam rencana keuangan tersebut, Anda akan mendapatkan strategi untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda, mulai dari strategi untuk memperbaiki cashflow, melunasi utang serta berinvestasi untuk jangka menengah dan panjang.

[Baca Juga: Profesi Perencana Keuangan di Indonesia]

 

Kesulitan apa yang Anda alami saat mengelola dan merencanakan keuangan Anda? Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini, terima kasih.

 

Image credits:

  • Buyer Persona – goo.gl/YYDzIm

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment