Mau Investasi Properti? Inilah 6 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual

Ingin investasi properti tetapi bingung mau cari properti seperti apa dan di mana? Di artikel kali ini, Finansialku bakal kasih rekomendasi 6 tempat di mana Anda bisa mendapatkan informasi properti yang sedang dijual!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Properti

Harga tanah cenderung mengalami kenaikan setiap tahun. Pasalnya, jumlah penduduk semakin bertambah banyak, tetapi jumlah tempat untuk tinggal yang tersedia semakin berkurang.

Banyak orang yang mengambil kesempatan ini sebagai peluang untuk investasi properti.

Namun, kenyataannya menemukan investasi properti yang sesuai untuk kita seringkali tidak semudah itu.

Untuk membantu Anda, berikut ini akan saya bagikan beberapa tips tempat mencari informasi properti yang sedang dijual. Tips ini juga berlaku bagi Anda yang sedang mencari rumah untuk ditinggali.

Mengenal Jenis Asuransi Rumah Terbaik yang Berlaku di Indonesia 01 Finansialku

[Baca Juga: Membeli Properti: Antara KPR, Tunai Keras, dan Tunai Bertahap! Mana yang Menguntungkan?]

 

Sebelum itu, sudahkah Anda merencanakan dana membeli rumah? Segera rencanakan dana beli rumah lewat aplikasi Finansialku!

Dengan fitur-fiturnya, Anda bisa mengelola keuangan dalam waktu yang singkat!

Anda bisa download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik link berikut ini.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

6 Tempat Mendapatkan Informasi Rumah

Dalam istilah investasi properti, cari properti dengan tulisan “Rumah Dijual” biasa disebut sebagai “listing properti”. Artinya, ada pemilik properti yang berniat untuk menjual (atau bisa juga menyewakan) propertinya.

Listing properti meliputi properti yang masih dalam proses pembangunan maupun properti yang sudah jadi.

Jadi jika Anda ingin mencari listing properti, maka ada 6 (enam) tempat/sumber informasi yang dapat Anda cari:

 

#1 Cari di Majalah Properti/Koran Lokal

Meskipun konvensional, tapi Anda bisa menemukan berbagai listing properti pada koran lokal atau majalah properti.

Pada koran lokal, Anda bisa menemukan listing untuk properti lama/secondary maupun properti baru. Untuk properti lama, iklan akan ditampilkan dalam bentuk iklan baris.

Anda bisa menemukan informasi seperti luas tanah bangunan, jenis sertifikat, alamat, beserta nomor kontak pemilik atau broker yang dapat Anda hubungi.

Beberapa majalah atau koran lokal juga menampilkan properti baru yang sedang dibangun sebagai bentuk marketing. Anda bisa menemukan blue print properti dengan gambar berwarna, denah, spesifikasi, dan fasilitas umum properti yang dijual.  

 

#2 Agen Properti

Banyak pemilik properti yang menggunakan jasa agen properti/broker untuk menjadi perantara dengan pembeli dan mengurus keperluan sebelum dan sesudah proses jual beli properti.

Agen properti umumnya memiliki jaringan yang luas dan bisa membantu mempertemukan Anda dengan listing properti.

Dengan daftar listing properti yang dimiliki, agen properti akan membantu Anda mencarikan properti sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan dan juga menghemat waktu Anda.

Selain itu, mereka juga lebih memahami harga pasar properti yang dapat Anda gunakan sebagai perbandingan.

Definisi Lessor dan Lessee 02 Properti Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Mulai Investasi Properti? Ini 12 Panduan Memilih Properti yang Dapat Dijadikan Investasi]

 

Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi properti, cobalah untuk berdiskusi jangan beberapa agen properti. Jangan berpedoman pada satu agen properti.

Pada umumnya, setiap agen properti memiliki pengalaman dan akses yang berbeda-beda atas properti di pasaran. Agar tidak tertipu, carilah agen properti yang handal dan terpercaya.

 

#3 Penjualan Lewat Rekan (Off Market Sales)

Saya mengenal seorang beberapa orang yang ingin menjual rumahnya, namun tidak berani memasang tulisan “Rumah ini Dijual” di depan pagar rumahnya dan tidak pasang iklan lewat manapun.

Ada beberapa alasan mengapa pemilik rumah tersebut tidak melakukannya: ragu-ragu, tidak butuh uang dengan segera, malu, dan lain-lain.

Tipe pemilik properti seperti ini biasanya mencari calon pembeli dari lingkaran pertemanan atau relasi. Tentu mencari listing properti yang seperti ini sifatnya sangat “kebetulan”. Jika di lingkaran pertemanan Anda tidak ada hubungan yang “kebetulan” dengan lingkaran pertemanan pemilik properti tersebut, maka Anda tidak akan tahu bahwa properti tersebut sebenarnya akan dijual.

Membeli-Rumah-Cash-Bertahap-01-Finansialku

[Baca Juga: Trik Hebat Menjalankan Bisnis Properti Dengan Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal]

 

Untuk itu, kembangkan jaringan pertemanan atau relasi Anda. Hal ini tidak sulit untuk dilakukan di era digital saat ini.

Bahkan jika Anda mau, Anda juga bisa mendapatkan informasi ini melalui ngobrol-ngobrol santai dengan satpam komplek. Yup.. Satpam komplek!

Tentu saja tidak semua satpam komplek pasti mengetahui apa yang ingin Anda tanyakan mengenai listing properti. Tetapi satpam kompleks bisa memberi informasi pada Anda mengenai kondisi properti di daerah tersebut, fasilitas, faktor keamanan, budaya, hubungan antar tetangga, dan lain-lain.

Dengan cara off market sales, Anda perlu terbuka terhadap penolakan yang ada. Jadi, siap-siap jangan baper ya!

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#4 Buat Penawaran/Iklan

Dalam hidup seringkali kita menunggu kesempatan emas datang menghampiri kita. Tetapi bagaimana jika Anda mencoba menjemput kesempatan emas tersebut terlebih dahulu?

Jika Anda ingin berusaha, Anda bisa membuat penawaran/iklan yang menyatakan bahwa Anda sedang serius untuk mencari atau investasi properti. Tuliskan kriteria properti yang Anda inginkan dan kontak nomor Anda yang dapat dihubungi.

Anda bisa menempatkan penawaran ini pada koran lokal, di sekitar lokasi yang Anda inginkan, ataupun di internet melalui social media/blog. Biarkan orang-orang di sekeliling Anda tahu bahwa Anda serius untuk investasi properti.

 

#5 Website Properti

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memudahkan akses informasi untuk menemukan rumah yang sedang dijual. Baik itu rumah masih sedang tahap pembangunan, maupun rumah jadi yang dijual.

Website properti merupakan cara yang saat ini paling mudah dan cepat untuk dilakukan. Saat ini ada beberapa website properti seperti berikut ini. Untuk mengikuti tren saat ini, beberapa sudah menyediakan aplikasi mobile yang bisa Anda unduh.

 

  • Rumah123.com

Mau Investasi Properti Inilah 7 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual 1 Finansialku

Didirikan pada tahun 2007, Rumah123.com merupakan bagian dari REA group yang terdaftar di Bursa Efek Australia dan memiliki sejumah kepemilikan saham perusahaan properti di beberapa negara di Eropa, Asia, dan Amerika Serikat.

Rumah123.com menyediakan situs pencarian properti untuk lebih dari 900 ribu listing, baik perumahan baru, secondary, apartemen, serviced apartment, tanah, ruko, komersial dll, untuk dijual ataupun sewa.

Rumah123.com juga menyajikan fitur Kalkulator KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bagi Anda yang ingin melakukan perhitungan biaya untuk investasi properti, fitur cari agen properti, dan berita properti.

 

  • Rumah.com

Mau Investasi Properti Inilah 7 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual 2 Finansialku

 

Rumah.com merupakan salah satu situs pencarian properti di Indonesia. Sejak diakuisisi pada tahun 2011, Rumah.com merupakan bagian dari PropertyGuru, grup properti yang cukup besar di Asia Tenggara (Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam)

Sebelum memutuskan untuk investasi properti, dapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai properti incaran Anda.

Selain listing properti, Rumah.com juga menyediakan review properti, tanya jawab properti, berita properti, kalkulator KPR, dan pencarian daftar agen sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi detail mengenai kawasan atau properti yang Anda incar untuk investasi properti.

 

  • 99.co (sebelumnya UrbanIndo.com)

Mau Investasi Properti Inilah 7 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual 7 Finansialku

UrbanIndo.com merupakan situs pencarian properti yang didirikan pada tahun 2011, dengan mengkombinasikan antara ratusan ribu listing properti di Indonesia dengan data pasar dan informasi lokal.

Pada awal tahun 2018, platform properti asal Singapura 99.co telah mengakuisi UrbanIndo sehingga berganti nama menjadi 99.co.

Website 99.co menyediakan informasi mengenai properti dan menyederhanakan proses jual beli properti dengan pencarian properti langsung melalui peta, fitur analisis lingkungan, menyediakan properti yang mirip, analisis distribusi harga,    pergerakan harga pada daerah tertentu dan juga gambaran mengenai rincian cicilan dengan kalkulator KPR.

Informasi yang ditampilkan cukup detail dan membantu Anda untuk menganalisis rating wilayah, aspek positif dan negatif properti, membandingkan dengan properti serupa, membandingkan harga pasaran properti di kawasan tersebut dan mengetahui estimasi jumlah angsuran yang perlu Anda persiapkan.

99.co juga sering melakukan promosi potongan harga mulai dari diskon booking fee, harga unit, dan promo lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk investasi properti.

 

  • Lamudi.co.id

Mau Investasi Properti Inilah 7 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual 6 Finansialku

Lamudi.co.id juga merupakan salah satu pilihan situs pencarian properti untuk menemukan listing properti secara online untuk transaksi jual beli dan sewa menyewa.

Melalui website resminya, Lamudi didirikan ada tahun 2013 dan memiliki lebih dari 90.000 listing properti yang  tersebar di 30 negara di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Anda juga dapat menemukan daftar rumah subsidi melalui Lamudi.co.id.

 

  • OLX.co.id

Mau Investasi Properti Inilah 7 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual 4 Finansialku

OLX.co.id merupakan bagian dari OLX group, sebuah online marketplace yang dimiliki oleh group Naspers dari Afrika Selatan dan telah beroperasi di 45 negara.

OLX.co.id  mempertemukan penjual dan pembeli dengan berbagai jenis produk mulai dari kendaraan, elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi dan anak, peralatan dan perlengkapan kantor, properti, hingga lowongan pekerjaan.

Anda juga bisa menemukan listing properti di Indonesia mulai dari rumah, apartemen, indekos, bangunan komersil, dan tanah. Pada saat artikel ini dibuat, tersedia lebih dari 500.000 iklan properti di website OLX.co.id ini.

Meskipun menyediakan tips investasi properti, namun OLX.co.id tidak menyediakan kalkulator KPR, daftar pencarian agen dan informasi properti yang mendetail seperti website properti lainnya.

 

  • Rumahku.com

Mau Investasi Properti Inilah 7 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual 3 Finansialku

Rumahku.com adalah situs pencarian properti yang didirikan sejak tahun 2011. Rumahku.com memberikan informasi mengenai listing properti, perbandingan bunga KPR bank, dan tren harga rumah berdasarkan sejarah transaksi sehingga memberikan gambaran yang jelas apakah saat ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan jual, beli, atau sewa.

Rumahku.com juga menyajikan informasi berbagai fasilitas di sekitar properti, untuk membantu Anda memilih investasi properti yang tepat dan akurat sesuai kebutuhan.

Selain itu, Rumahku.com juga menyediakan artikel properti dan mengadakan berbagai acara offline seperti pameran di mall-mall di Indonesia.

 

  • Rumahdijual.com

Mau Investasi Properti Inilah 7 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual 5 Finansialku

Selain Rumah.com, PropertyGuru juga mengakuisisi website Rumahdijual.com pada tahun 2015, yang juga merupakan website properti lokal di Indonesia. Perbedaannya, Rumahdijual.com menampilkan link website agen properti lain dan kalkulator KPR.

 

#6 Tempat Lainnya

Ada banyak sumber informasi untuk mencari informasi listing properti selain yang telah saya sebutkan di atas.

Jika Anda termasuk orang yang hobi jalan-jalan, Anda bisa menemukan tulisan di depan sebuah rumah atau bahkan pohon/tiang listrik misalnya “DIJUAL.. BU.. Hubungi…”

Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk melakukan negosiasi harga pada pemilik properti yang perlu untuk menjual propertinya dengan segera.

Hal yang penting adalah orang lain tahu bahwa Anda sungguh-sungguh sedang mencari properti (serious buyer).

 

Kalau Anda Mau Investasi Properti, Mulailah Cari Properti di:

Kesimpulannya, jika Anda tertarik untuk investasi properti maka Anda bisa mulai mencari properti yang sesuai kriteriamu di:

  • Majalah properti/koran lokal
  • Agen properti
  • Penjualan lewat rekan (off market sales)
  • Buat penawaran/iklan
  • Website properti
  • Tempat lainnya (jalan-jalan)

 

Selamat mencari!

 

Mari ceritakan pengalaman Anda dalam mencari investasi properti yang sesuai dengan Anda melalui kolom komentar di bawah ini. Anda juga bisa menanyakan pertanyaan seputar  investasi properti maupun cara mengelola keuangan untuk mempersiapkan investasi properti. Bagikan juga artikel ini pada rekan Anda yang ingin investasi properti.

 

Sumber Referensi:

  • Dolf de Roos. 2005. Real Estates Riches: How to Become Rich Using Your Bankers Money. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
  • Risky Maulana. https://goo.gl/VWm1tJ

 

Sumber Gambar:

  • Rumah – https://goo.gl/mhLRAe

 

Summary
Mau Investasi Properti? Inilah 6 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual
Article Name
Mau Investasi Properti? Inilah 6 Tempat Mencari Informasi Properti yang Sedang Dijual
Description
Ingin investasi properti tetapi bingung mau cari properti seperti apa dan di mana? Di artikel kali ini, Finansialku bakal kasih rekomendasi 6 tempat di mana Anda bisa mendapatkan informasi properti yang sedang dijual!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-08-10T16:38:11+00:00August 10th, 2018|Categories: Investasi, Rumah|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Shierly, S.E., M.B.A
Shierly, S.E., M.B.A adalah seorang perencana keuangan independen. Memiliki latar belakang pendidikan S1 di Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan Bandung, kemudian mengambil pendidikan lanjutan S2 di Institut Teknologi Bandung (MBA-ITB). Sebelum menjadi seorang perencana keuangan independen, memiliki pengalaman kerja sebagai Relationship Manager untuk kredit komersial di sebuah bank swasta di Indonesia, juga pengalaman kerja di bidang akuntansi, corporate finance, dan perpajakan.

Leave A Comment