Apa saja yang dapat dilakuan mahasiswa untuk menghasilkan uang dari kamar kos? Berikut ini kami akan membahas 7 usaha yang dapat dijalankan mahasiswa/i dari kamar kos. Semuanya membutuhkan modal tidak lebih dari Rp 10 juta.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengapa Mahasiswa/i Perlu Bekerja?

Teman-teman mahasiswa/i pasti tersenyum membaca pertanyaan di atas, kenapa saya perlu bekerja? Ya perlulah, untuk uang jajan, uang pacaran (modal apel di akhir pekan), beli gadget, beli kuota dan lain sebagainya. Apakah Anda terpikir nanti gimana setelah selesai kuliah? Ingat lho, kakak kelas Anda banyak yang mengatakan: saat setelah lulus sidang skripsi, mahasiswa turun kelas. Tadinya pekerjaan mahasiswa/i sekarang jadi pengangguran. Apakah sekarang masih begitu? Jawabannya tidak, jika Anda tahu bisnis online dan investasi.

7-cara-mahasiswa-untuk-menghasilkan-uang-dari-kamar-kos-finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Keuntungan Menjadi Seorang Blogger?]

 

Kami akan bahas beberapa alasan penting, yang mungkin saja lupa Anda pertimbangkan.

 

#1 Bekerja untuk Belajar, Bukan untuk Dapat Uang Saja

Hal pertama yang harus dipahami dan diluruskan adalah tujuan bekerja. Ketika berusia muda, sebaiknya fokus bekerja untuk belajar bukan untuk mendapatkan uang. Kita dibesarkan pada lingkungan yang mengharuskan kita untuk berbuat benar terus dan berusaha untuk tidak berbuat kesalahan. Padahal dalam kehidupan nyata, pebisnis dan karyawan belajar dari setiap kesalahan yang diperbuat. Semakin banyak kesalahan dan semakin cepat melakukan kesalahan, orang tersebut akan semakin banyak belajar dan berpengalaman.

Jangan Bekerja untuk Mencari Uang tetapi - Perencana Keuangan Independen

[Baca Juga: Jangan Bekerja untuk Mencari Uang, tetapi …]

 

#2 Uang untuk Sekolah Lanjutan : Sekolah Profesi atau Pendidikan S2

Saat ini sudah ada banyak sekali mahasiswa lulusan s1 di Indonesia. Sebelumnya ada berita baik dan berita buruk, terkait dengan poin ini. Berita buruknya jumlah tenaga kerja lulusan s1 bertambah signifikan, sedangkan jumlah lapangan kerja cenderung tetap (tidak bertambah secara signifikan). Ujung-ujungnya terjadi kompetisi yang kuat antara Anda dengan para lulusan s1 lainnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing Anda adalah dengan mengambil pendidikan profesi atau menerukan pendidikan S2. Menjadi sebuah kebanggan, jika Anda dapat membiayai pendidikan lanjutan Anda. Berita baiknya adalah jika Anda rajin, Anda bisa membiayai biaya pendidikan profesi atau pendidikan S2 Anda.

 

#3 Menambah Pengalaman Kerja dan Mempercantik CV

Bekerja saat masih kuliah, juga dapat menjadi nilai tambah saat Anda melamar pekerjaan. Perusahaan lebih menyukai orang yang sudah berpengalaman kerja dibandingkan lulusan fresh graduate yang belum pernah bekerja. Tidak ada salahnya ketika Anda masih kuliah, mulailah magang atau internship di perusahaan. Syukur jika dibayar dengan uang, tetapi jika tidakpun Anda dapat banyak belajar dan menjadi bekal dikemudian hari.

tips-sukses-untuk-anak-mahasiswa-yang-menjadi-karyawan-magang-di-perusahaan-finansialku

[Baca Juga: Tips Sukses Mahasiswa yang Menjadi Karyawan Magang di Perusahaan]

 

#4 Modal untuk Buka Usaha, Jika Mau Menjadi Entrepreneur

Sebagian mahasiswa/i pastinya ada yang ingin menjadi pengusaha atau entrepreneur. Permasalahan yang dihadapi oleh calon pebisnis pada umumnya adalah permasalahan modal. Anda dapat mencuri start dengan mulai bekerja saat masih kuliah.

 

#5 Nabung untuk Beli Rumah di Usia Muda

Uang penghasilan kerja saat menjadi mahasiswa/i dapat Anda gunakan untuk kebutuhan yang penting, salah satunya membayar dp rumah. Zaman dahulu seseorang bisa membeli rumah setelah 5 tahun bekerja, adalah hal yang hebat dan luar biasa. Nah sekarang zaman sudah berubah, Anda yang masih kuliah sudah bisa mempersiapkan uang untuk DP rumah.

5 Tahun Kerja Bisa Membeli Rumah, Asalkan Punya Rencana - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membeli Rumah, Setelah 5 Tahun Bekerja?]

 

Selamat pada bagian ini, Anda sudah memperkaya pertimbangan Anda tentang alasan mahasiwa/i harus mulai bekerja saat masih kuliah. Kira-kira pekerjaan apa yang dapat dilakukan oleh mahasiswa/i?

 

Bagaimana cara mahasiswa menghasilkan uang dari kamar kos?

Berita baik yang kedua, saat ini internet dan bisnis online sangat membantu dan memiliki potensi yang sangat luar biasa. Mari kita bahas peluang-peluang bisnis yang dapat Anda gunakan:

  1. Menjadi Pebisnis Dropshipper adalah pilihan yang paling murah untuk dijalankan. Anda tidak perlu stock barang, yang penting Anda harus jago memasarkan produk.
  2. Menjadi Pebisnis Affiliate adalah bisnis yang paling populer di Amerika. Bahkan ada orang yang menghasilkan keuntungan mencapai Ratusan Juta Rupiah dengan menjadi pebisnis afiliasi. Contoh : Pat Flynn.
  3. Menjadi Blogger atau Vlogger, adalah pilihan yang dapat dilakukan oleh anak-anak muda. Coba Anda cek channel-channel Youtube para gammers. Tentunya sangat mengasyikan, jika dibayar saat bermain game.
  4. Menjadi Freelance boleh jadi pilihan yang dapat Anda lakukan untuk menguji kemampuan Anda. Di Indonesia sendiri ada banyak website yang digunakan untuk menawarkan layanan freelance, seperti Sribulancer.com, Projects.co.id.
  5. Menjadi Tenaga Pengajar Online dan/atau Konsultan adalah jenis pekerjaan yang dapat dilakukan semua mahasiswa/i. Sepuluh tahun yang lalu, mahasiswa/I kuliahan seringkali menambah uang jajan dengan menjadi tutor atau guru les. Sekarang ini guru les bisa dilakukan secara online dan Anda juga bisa menjadi guru les.
  6. Menjual Produk-Produk Digital secara Online dapat Anda lakukan jika Anda memiliki produk digital, seperti desain, coding, buku atau bahkan karya musik Anda.
  7. Menjadi Trader Saham yang Professional adalah cara lama yang masih tetap keren. Lima sampai enam tahun lalu, banyak mahasiswa/i yang rajin belajar mengenai trading. Mulai dari trading saham hingga produk-produk derivative. Sebenarnya trading dapat diandalkan untuk hidup dan bahkan menjadi kaya. Salah satunya adalah orang terkaya nomor dua di dunia, Warren buffet.

 

Tidak ada kata tidak bisa, selama Anda masih mau mencoba dan tidak menyerah. Tahukah Anda tantangan terbesar seorang mahasiswa yang mau menghasilkan uang dari kamar kos? Ya betul banyak sekali godaan, seperti malas, suka menunda, takut gagal dan seperangkat pikiran negatif lainnya. Anda sudah dewasa, yuk kita mulai berpikir kedepan. Jangan mikir gimana nanti tetapi berpikirlah nanti gimana.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai 5 cara menambah penghasilan untuk anak muda. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Apakah Anda memiliki ide bisnis yang dapat dijalankan dari kamar kos? Yuk bagikan ide gila dan kreatif kamu dikomentar berikut ini. Siapa tahu ada tambahan ide untuk Anda.

 

Sumber Gambar

  • Carlos Muza. Unsplash.com – https://goo.gl/ni048x

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang