Ternyata ada langkah mudah untuk mengurangi pengeluaranmu dan mengalokasikan dana untuk hal-hal yang lebih penting.

Simak pembahasannya berikut ini dan jadilah mahasiswa yang smart & wise dalam mengatur keuangan pribadi! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Smart & Wise dalam Mengurangi Pengeluaran

Semakin dewasa seseorang, tentu semakin besar juga tanggung jawab yang harus ditanggung, termasuk bertanggung jawab dalam mengatur dan mengelola keuangan.

Sebagai mahasiswa, kamu tentunya sudah harus bisa mengatur sendiri keuangan pribadimu, walaupun tak jarang orangtua masih menolong dalam pembiayaan bulanan untuk biaya perkuliahanmu.

Tapi, bukan berarti kamu tetap bertopang dagu dan menyepelekan untuk tidak menggunakan uang yang diberikan oleh orangtuamu setiap bulan dengan sembarangan.

Inilah tahapannya saat kamu mahasiswa, kamu perlu belajar satu langkah lebih maju untuk mengatur keuangan pribadi dengan mengurangi pengeluaranmu secara bijak.

Salah satu bagian dalam mengatur keuangan pribadi adalah dengan mengurangi pengeluaran, terutama untuk pengeluaran yang tidak perlu.

Mengurangi-Pengeluaran-02-Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda]

 

Sebelum masuk dalam pembahasan cara mudah mengurangi pengeluaranmu, apakah kamu sudah mendisiplinkan diri untuk mencatat arus keuanganmu setiap hari secara rutin?

Catat arus keuanganmu dengan cara yang mudah dan praktis dengan Aplikasi Finansialku. Gunakan fasilitas free trial-nya untuk mengetahui setiap fitur cerdas yang ada di dalamnya.

Selain mencatat arus keuangan pribadimu, aplikasi ini dapat mengecek kesehatan finansialmu juga lho. Tunggu apa lagi? Download sekarang juga!

 

7 Langkah Mudah Mengurangi Pengeluaran

Simak pembahasannya berikut ini agar kamu bisa menghemat uang dari orangtuamu atau dari pekerjaan sampingan yang kamu lakukan dengan mengurangi pengeluaran dengan cara yang bijak.

#1 Daftarkan Setiap Pengeluaran Wajib

Setiap bulannya, tentu kita akan mengeluarkan uang untuk membiayai berbagai keperluan.

Dari setiap keperluan itu, ternyata ada pengeluaran yang wajib kita bayarkan dan ada juga pengeluaran yang sebetulnya bisa kita potong karena memang kita tidak membutuhkannya.

Sebagai mahasiswa, coba kamu daftarkan setiap pengeluaran wajibmu setiap bulan, misalnya seperti:

  • Pembayaran uang kuliah (per bulan/semester),
  • Biaya makan & minum,
  • Biaya sewa kos & perlengkapan kebersihan (bagi kamu yang tinggal di perantauan),
  • Biaya transportasi, biaya telepon seluler, dan internet (untuk mengerjakan tugas kuliah),
  • Biaya membeli buku dan perlengkapan kuliah, dan lainnya.

Harap digarisbawahi bahwa daftar pengeluaran di atas adalah biaya pengeluaran yang wajib kamu bayarkan!

Ketika kamu ingin membeli sesuatu, tentu kita akan berhadapan dengan keputusan untuk membeli barang kebutuhan atau keinginan.

Untuk membedakan antara yang wajib (kebutuhan) dan keinginan, kamu bisa menggunakan pertanyaan seperti:

Apakah jika saya membeli barang ini atau tidak membayar untuk pengeluaran yang satu ini, kelangsungan hidup saya akan terganggu?

 

Mari lihat daftar pengeluaran wajibmu di atas pada poin pertama, jika kamu tidak melakukan pembayaran uang kuliah, bagaimana kamu bisa melanjutkan studi dan meraih masa depanmu?

Lantas, bagaimana jika kamu ingin membeli minuman soda, apakah itu masuk dalam daftar pengeluaran wajib?

Jika kamu membeli hanya untuk mengobati rasa penasaran akan rasanya, sesekali membelinya boleh saja, tetapi bukan berarti pengeluaran untuk membeli minuman bersoda menjadi sebuah pengeluaran yang wajib.

Lagipula, mengingat pentingnya kesehatan, minum air putih jauh lebih sehat daripada minuman bersoda. Ditambah lagi, kamu bisa mengurangi pengeluaranmu dengan tidak jajan sembarangan.

Dalam mengatur keuangan, kamu harus mulai melakukan perencanaan keuangan yang baik. Segera download ebook Finansialku di bawah ini sebagai panduan awal kamu dalam melakukan perencanaan keuangan di umur 20 an:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Jadilah mahasiswa yang smart dengan merencanakan keuangan sejak dini untuk meraih masa depan keuangan yang sukses.

 

#2 Potong Pengeluaran yang Tidak Perlu

Setelah kamu mendaftarkan setiap kebutuhan wajib yang harus kamu beli atau kamu bayarkan, coba temukan jika ada biaya pengeluaran yang bisa dikeluarkan dalam daftar atau dikurangi biayanya.

Misalnya, jika kamu sudah berlangganan internet di ponselmu, untuk apa kamu harus berlangganan TV kabel? Bukankah dengan langganan internet, kita bisa streaming video atau tayangan di TV?

Buat kamu para mahasiswa yang merantau di luar kota, kamu bisa memotong biaya kamar kos dengan mencari beberapa teman kos dan menyewa satu rumah yang bisa ditinggali oleh beberapa orang.

Cara lainnya, kamu bisa mencari satu kamar kos yang bisa disewa untuk 2 hingga 3 orang. Tentu ini akan menghemat banyak biaya, seperti biaya listrik, air, dan biaya kamar kos atau rumah sewaan yang dibagi sama rata dengan teman-temanmu.

TERUNGKAP!-20-Cara-Hidup-Hemat-agar-Bisa-Menabung-2-Belanja-Supermarket-Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

Sebagai mahasiswa, tentu ada kalanya kamu ingin mentraktir temanmu, bukan?

Menghemat biaya dan mengurangi pengeluaran bukan artinya kamu menjadi seorang yang pelit.

Mentraktir teman itu boleh saja karena bisa menambah kualitas persahabatanmu, tetapi bukan berarti setiap kali hang out, kamu selalu mentraktir mereka.

Bagi kamu yang memiliki asuransi, cobalah untuk melihat biaya asuransi yang sesuai dengan kondisimu. Selain itu, semakin muda kamu ikut asuransi, biaya asuransi bulanan akan lebih murah.

Gunakan kreativitasmu untuk mengurangi pengeluaran dan menghemat uang bulanan yang diberikan oleh orangtuamu.

 

#3 Cari Barang dengan Harga Lebih Murah Tanpa Mengurangi Kualitas

Strategi berikutnya dalam mengurangi pengeluaran adalah dengan mencari barang kebutuhanmu dengan biaya yang lebih murah namun bukan berarti murahan dan mengurangi kualitas dari barang yang kamu beli.

Salah satu contohnya adalah dengan mengunduh E-Book dari mata kuliah yang kamu ikuti daripada membeli buku baru yang harganya bisa lebih mahal.

Tapi, jika buku yang kamu butuhkan memang tidak tersedia dalam versi digital atau E-Book, kamu bisa meminjam kepada kakak tingkat atau meminjamnya dari perpustakaan.

Bagi kamu anak kos, membandingkan biaya kebutuhan yang wajib kamu beli di beberapa toko bisa menghemat biaya dan mengurangi pengeluaran juga lho.

Manfaatkan promo dari toko-toko tertentu yang biasanya mengadakan bazar atau promo buy 1 get 1 dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengajak teman satu kos atau teman kuliah yang membutuhkan barang yang sama sehingga promo buy 1 get 1 bisa kamu gunakan bersama dengan temanmu tersebut.

Strategi patungan bersama teman juga bisa menjadi salah satu cara cerdas dalam mengurangi pengeluaran.

 

#4 Mengotomatisasi Pembayaran

Pernahkah kamu lupa membayar tagihan bulanan? Penggunaan auto debet atau pembayaran secara otomatis akan sangat menolong, terutama bagi kamu yang lupa untuk melakukan pembayaran.

Bagi kamu yang sudah memiliki asuransi, kamu bisa menggunakan sistem auto debet untuk melakukan pembayaran setiap tanggal yang kamu tentukan sendiri.

Dengan demikian, kamu tidak perlu kelimpungan ketika jadwal jatuh tempo tiba dan kaget ketika menerima notifikasi berupa surat atau email bahwa kamu belum melakukan pembayaran asuransi.

Paypal Pembayaran Digital Finansialku

[Baca Juga:  Kata-kata Bijak Peter Drucker yang Dapat Mengubah Bisnis sekaligus Mengubah Dunia]

 

Tahuhah kamu bahwa kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan cara investasi dengan cara yang sederhana dan dengan modal yang tidak terlalu besar? Hanya dengan Rp100 ribu saja, kamu bisa memulai investasi Reksa Dana.

Segera untuk secara gratis E-Book Panduan Berinvestasi Reksa Dana bagi Pemula dari Finansialku.

Gunakan sistem auto debet untuk menabung uangmu dna menginvestasikan danamu di Reksa Dana sehingga kamu bisa berinvestasi dengan cara yang lebih praktis.

 

#5 Merawat Barang Milik Pribadi

Membeli itu mudah (asalkan ada uangnya), namun merawat adalah salah satu tanggung jawab berikutnya yang terkadang disepelekan.

Coba lihat barang-barang yang ada di kamarmu sendiri atau barang-barang yang kamu miliki.  Apakah mereka semua dalam kondisi yang baik dan terawat?

  • Apakah kendaraan bermotormu sudah kamu service setiap bulan dan dalam keadaan yang bersih?
  • Apakah kamu memperlakukan laptopmu dan setiap gadget milikimu dengan baik?

Dengan merawat barang-barang tersebut, kita bisa memperpanjang usia pemakaian dan tidak perlu membeli barang baru dalam waktu dekat.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Biaya pemeliharaan tentu tidak semahal biaya kerusakan, bahkan biaya pembelian barang baru bukan?

Itulah sebabnya, rawatlah barang kepunyaanmu, terutama barang-barang yang setiap hari kamu gunakan, seperti kendaraan bermotor, gadget, dan lain sebagainya.

 

#6 Merawat Kesehatan

Kesehatanmu juga perlu dijaga sebagai salah satu strategi dalam mengurangi pengeluaran. Bayangkan jika kamu sakit-sakitan, tentu kamu harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan bukan? Lebih baik menjaga daripada mengobati!

Beberapa saran tentang menjaga kesehatan diantaranya:

  • Makan asupan bergizi seimbang dengan mengurangi jajan sembarang, bahkan disarankan untuk membawa bekal makanan dari rumah.
  • Rajin berolahraga setidaknya 3 kali seminggu atau 30 menit setiap harinya.
  • Tidak merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, dan obat-obatan terlarang.

Jaga-Kesehatan-dengan-6-Olahraga-Irit-yang-Cocok-Dilakukan-Saat-Puasa!-2-Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO Donuts, BreadTalk dan Johnny Andrean Salon]

 

Rajin berolah raga bukan berarti kamu harus berlangganan member gym center.

Kamu bisa menggunakan alat-alat sederhana untuk melakukan olah raga. Bahkan kini banyak aplikasi yang dapat kamu unduh untuk mendukung latihan olah raga tanpa menggunakan alat-alat seperti yang ada di gym center.

Hidup sehat itu tidak selalu mengeluarkan biaya yang mahal. Ada banyak cara mudah, praktis dan juga murah namun tetap mendapatkan tubuh yang bugar.

 

#7 Tergabung Dalam Komunitas Positif

Komunitas yang postif akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih positif dan membawa pada atmosfer yang baik untuk perkembangan kita.

Bayangkan jika kamu tergabung dalam geng motor yang tidak jelas, akan ada dampak negatif yang akan kamu terima, bukan?

Tak jarang geng motor yang terlibat tawuran dan berakhir dengan cedera di rumah sakit bahkan dipenjara hingga kematian. Tentu ada biaya juga yang harus kamu keluarkan untuk hal-hal ini.

Komunitas tempat kamu bergaul dan bersosialisasi akan menjadi salah satu faktor keberhasilan masa depanmu.

Oleh sebab itu, bergabunglah dengan komunitas positif yang dapat membangun kepribadianmu semakin lebih baik.

 

Gunakan Kreativitas dalam Mengurangi Pengeluaran

Kreativitasmu akan sangat menolong dalam mengatur keuangan terutama dalam mencari celah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Semoga tips mudah dan praktis dalam mengurangi pengeluaran di atas dalam membantu kamu sebagai mahasiswa yang ingin mengatur keuangan pribadi lebih baik dan bertanggung jawab.

 

Apakah kamu memiliki saran lainnya dalam mengurangi pengelaran dan mengatur keuangan sebagai mahasiswa? Kamu bisa memberikan berbagai ide cemerlangmu melalui kolom yang tersedia di bawah ini!

Jika kamu membutuhkan konsultasi dalam merencanakan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis yang ingin kamu kembangkan, kamu bisa menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong kamu! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Erin Huffstetler. 10 Desember 2017. 7 Ways to Redirect Money to Pay Off Your Debt. Thebalanceeveryday.com – https://goo.gl/HHLSYw
  • Admin. 15 Agustus 2016. How to Budget For Life at University. Yourfinanciallife.bmo.com – https://goo.gl/BzJaiW
  • Freemont College. How to Reduce Expenses: 6 Simple Tips. Fremont.edu – https://goo.gl/QbRoCB
  • Elizabeth Hoyt. 31 Money Saving Tricks for Students. Fastweb.com – https://goo.gl/QZ4T96

 

Sumber Gambar:

  • Mengurangi Pengeluaran 1 – https://goo.gl/7yAX1E
  • Mengurangi Pengeluaran 2 – https://goo.gl/D83CP5