Perencanaan keuangan bersama pasangan merupakan suatu tugas yang sulit, Terlebih bagi seorang single parent yang baru saja melakukan perceraian. Bagaimana cara merencanakan keuangan dengan baik bagi seseorang yang baru saja bercerai? Mari kita lihat 8 tips perencanaan keuangan untuk ibu yang melakukan perceraian.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menjadi Wanita yang Mandiri

Memang benar mayoritas masyarakat beranggapan bahwa pengatur dan perencana keuangan dalam keluarga adalah tugas seorang kepala keluarga. Namun, bukan berarti Anda sebagai seorang Ibu tidak mampu mengatasinya sendiri.

Saat terjadi hal-hal tidak terduga seperti perceraian, Anda diharapkan untuk menjadi wanita yang mandiri dan mampu merencanakan keuangan bagi Anda dan buah hati Anda. Finansialku akan membantu Anda dengan memberikan 8 tips perencanaan keuangan untuk ibu yang melakukan perceraian.

8 Tips Perencanaan Keuangan untuk Ibu yang Melakukan Perceraian 02 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Single Parent Mengatur Keuangan Keluarga: Harta Gono Gini dan/atau Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

 

#1 Mempersiapkan Diri untuk Menghadapi yang Terburuk

Hidup merupakan kumpulan serangkaian kejadian yang tidak terduga. Anda dapat melakukan perencanaan dan pencegahan, namun terkadang ada hal-hal yang terjadi secara tiba-tiba dan tak terduga. Salah satunya adalah perceraian.

Anda perlu mempersiapkan diri secara finansial, sehingga saat perceraian terjadi, Anda tidak bergantung kepada mantan suami Anda.

Anda tidak dapat memprediksi apakah suami Anda akan menyokong keuangan Anda setelah bercerai, sehingga sebaiknya Anda sudah memiliki persiapan keuangan yang matang sejak awal menikah.

 

#2 Bekali Diri dengan Pengetahuan Dasar

Jika selama ini Anda belum melibatkan diri dalam urusan cicilan rumah, pajak, dan persiapan dana pensiun dan dana pendidikan buah hati Anda, tanyalah segera kepada pasangan Anda dan pelajari dasar-dasarnya. Pengetahuan tersebut merupakan pengetahuan sederhana yang sebaiknya Anda pahami sehingga Anda dapat secara mandiri mengaturnya jika terjadi perceraian.

 

#3 Menabung dan Mendidik Anak untuk Menabung

Kedengarannya mungkin sederhana, tapi nyatanya sangat banyak ibu rumah tangga yang tidak pernah menabung. Ibu rumah tangga sibuk mengatur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari namun tidak pernah terpikir untuk menabung demi kebutuhan diri sendiri.

Tidak ada salahnya untuk menyisihkan sedikit uang untuk dana darurat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti perceraian. Jangan lupa untuk mengajarkannya juga kepada anak Anda sejak dini untuk menabung demi masa depannya.

Moms, Lebih Baik Belanja Mingguan atau Bulanan - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Lebih Baik Belanja Mingguan atau Bulanan?]

 

#4 Mintalah Bantuan Pemerintah jika Dibutuhkan

Mungkin kebijakan setiap negara berbeda, namun terdapat beberapa negara yang memperhatikan kehidupan manula dan single parent. Anda dapat memanfaatkan keuntungan yang diberikan pemerintah bagi single parent sehingga Anda dapat memberikan kehidupan yang lebih baik bagi buah hati Anda.

Meminta bantuan pemerintah bukan berarti Anda tidak mampu menghidupi keluarga, namun menjamin Anda dan buah hati Anda hidup secara layak.

 

#5 Atur Strategi Keuangan Anda dengan Cerdas

Menjadi single parent berarti Anda perlu membuat sebuah target finansial yang ingin Anda capai. Dengan sebuah tujuan, Anda tentunya membutuhkan strategi untuk mencapainya dengan cepat. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah memisahkan keinginan dan kebutuhan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya adalah membuat prioritas dari kebutuhan Anda. Penuhilah kebutuhan yang utama lebih dulu sehingga Anda dapat menghemat untuk mencapai target finansial Anda.

 

#6 Berhenti Merasa Bersalah dan Berjuanglah

Jika Anda mengalami perceraian, tidak ada gunanya merasa bersalah berkepanjangan. Berhenti merasa bersalah dan berjuanglah menjadi seorang single parent yang mandiri. Anda dapat menggunakan keterampilan dan pengetahuan Anda untuk menjadi mandiri secara finansial tanpa harus bergantung kepada tunjangan dari mantan suami.

5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan) 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

#7 Hindari Pemborosan di Pengadilan

Tidak ada gunanya menghabiskan banyak uang untuk memperebutkan hak Anda di pengadilan. Jika mantan suami tidak bersedia memberikan tunjangan atau bantuan setelah bercerai, pertengkaran tanpa akhir di pengadilan merupakan langkah yang tidak tepat.

Ingatlah bahwa biaya pengadilan dan pengacara tidaklah murah. Pertimbangkan peluang dengan cerdas dan hindari menghabiskan uang berlebih di pengadilan.

Keputusan pengadilan dapat berubah seiring waktu jika kondisi berubah, sehingga sebaiknya bekali diri Anda terlebih dahulu secara finansial daripada menghabiskannya di pengadilan.

 

#8 Uang Tidak Dapat Membeli Kebahagiaan

Uang memang dibutuhkan, hidup akan terasa sulit jika Anda tidak memiliki uang. Namun uang bukanlah satu-satunya yang perlu dikhawatirkan. Jika Anda memiliki anak, ingatlah bahwa kebahagiaannya lebih penting dan nyatanya kebahagiaannya terkadang tidak membutuhkan biaya.

Bermain di taman, membaca buku di perpustakaan, bermain bersama merupakan aktivitas yang dibutuhkan untuk membuatnya bahagia di tengah kesulitan yang sedang terjadi.

Menghidupi keluarga memang penting dan akan sulit dilakukan bagi seorang single parent, namun bukan berarti Anda menelantarkan hal yang jauh lebih penting, yaitu kebahagiaan buah hati Anda.

Kehidupan saat Suami Meninggal Bukan Akhir dari Segalanya - Finansialku

[Baca Juga: Kehidupan saat Suami Meninggal Bukan Akhir dari Segalanya]

 

Bercerai Bukanlah Akhir dari Segalanya

Perceraian memang salah satu kejadian yang sangat tidak diharapkan, namun apabila memang harus terjadi, Anda tidak dapat menyerah dan menganggapnya sebagai akhir dari segalanya.

Anda perlu menjadi single parent yang mandiri dan mampu membuat perencanaan keuangan yang tepat bagi Anda dan keluarga. Aplikasikanlah beberapa tips di atas untuk kehidupan single parent yang lebih baik.

 

Apakah Anda mengetahui tips perencanaan keuangan untuk ibu yang melakukan perceraian lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • LaParisienne. 26 Februari 2014. 8 Financial Planning Tips for the Divorced Mom. Divorcedmoms.com – https://goo.gl/GbKySq

 

Sumber Gambar:

  • Perceraian – https://goo.gl/dyLI7F dan https://goo.gl/XxAmrj

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang