Sudahkah Anda mendengar tentang 8wood, salah satu fashion e-commerce terbaik yang sedang naik daun di Indonesia.

Bisnis ini ternyata milik salah satu selebrita Indonesia lho! Penasaran dengan fashion e-commerce satu ini? Mari simak selengkapnya pada artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Melirik 8wood, Fashion E-Commerce Milik Alice Norin

Dari 5 fashion e-commerce terbaik yang ada di artikel sebelumnya, Finansialku ingin mengangkat 8wood, salah satu situs e-commerce yang sedang naik daun dan digandrungi pelanggan sebagai topik pembahasan kali ini.

Melansir dari Id.techinasia.com, 8wood merupakan situs e-commerce yang menyediakan kebutuhan fashion wanita, mulai dari bawahan, atasan, hingga aksesori-aksesori lainnya.

Menurut situs resminya, 8wood merupakan toko online atau online shop baju wanita terbaru dan pusat fashion online dari Indonesia dengan gaya yang mengikuti tren fashion dunia.

Online shop ini menyediakan berbagai macam produk fashion wanita terkini yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Koleksi pakaian yang kami tawarkan mulai dari baju, dress, atasan, kemeja, celana, jeans, denim, rok, blazer, sweater, jaket, cardigan, tas, sepatu, flat shoes, heels, wedges, boots, sandal, aksesoris, kalung, gelang, cincin, kacamata, parfum, make up, pakaian renang hingga bikini.

Diluncurkan pada awal tahun 2013, fashion e-commerce ini didirikan oleh Alvin Yudhapatria bersama istrinya, Alice Norin.

Kisah Sukses 8wood, Fashion E-Commerce yang Lagi Naik Daun 02

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Alvin selaku CEO adalah seorang DJ dan Event Organizer (EO). Sedangkan Alice selaku CCO merupakan selebriti yang sering muncul di layar kaca Indonesia dan juga seorang DJ.

Alvin mengungkapkan kepada Tech in Asia bahwa ia sempat merambah bisnis telekomunikasi.

Akan tetapi bisnis tersebut tidak berjalan lancar, lantaran partner yang ia ajak bekerja sama melarikan diri dan hampir menyebabkan ia bangkrut.

“[…] Dengan dana tersisa yang kami miliki, kami memutuskan untuk mendirikan toko online karena biaya yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan toko fisik,” ungkap Alvin.

 

Siapa sangka keputusan bisnis Alvin dan Alice kali ini tepat, lantaran 8wood langsung menarik perhatian para investor dan akhirnya memperoleh pendanaan dari perusahaan VC lokal Ideosource.

Fashion e-commerce yang satu ini memang bukan hanya sukses menggaet investor, namun juga segera melakukan penetrasi ke hati pelanggan.

Dengan presentasi yang menarik, 8wood berhasil membawa tim stylist yang bertanggung jawab untuk memilih dan mencocokkan produk yang tepat sehingga dapat menarik perhatian pengunjung.

Semua itu sukses dilakukan meski awalnya produk-produk yang ditawarkan tidak berasal dari merek-merek besar.

Selain tampilan yang menarik, 8Wood juga menggunakan media sosial untuk menarik konsumen mereka. Salah satunya adalah Instagram, dimana akun Instagram mereka telah memiliki lebih dari 120.000 follower.

Melalui komentar dan interaksi di media sosial, fashion e-commerce ini mengklaim memproses sekitar 100 order per harinya meski tanpa upaya pemasaran.

Hingga saat ini, 8Wood mengklaim telah bekerja sama dengan lebih dari 200 merek dan memiliki lebih dari 6.000 listing produk dalam situs mereka.

Seperti situs e-commerce pada umumnya, model bisnis yang diterapkan adalah B2C dimana mereka mengambil potongan sebesar 30 persen dari setiap produk yang terjual di platformnya.

Menurut Alice, adalah respon masyarakat yang positif membuat bisnis fashion Alice berkembang pesat hingga saat ini.

Strategi yang dijalankan Alice dalam menjalankan bisnis fashion e-commerce ini adalah mengedepankan kepercayaan pelanggan.

Kisah Sukses 8wood, Fashion E-Commerce yang Lagi Naik Daun 03

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Alice juga menanamkan nilai atau rasa tidak takut rugi dan gagal dalam menjalankan bisnis.

Menurut Alice, jika tidak berani karena takut rugi dan gagal dalam menjalankan bisnis, maka tidak akan pernah berhasil meraih yang diinginkan.

Alice mengungkapkan akan terus mengembangkan bisnis fashion e-commerce-nya agar terus bisa melayani pelanggan dengan lebih baik lagi ke depannya, dengan produk yang semakin lengkap dan layanan yang semakin nyaman juga.

Setelah menyimak kisah sukses Alvin dan Alice membangun fashion e-commerce mereka, apa Anda ingin membangun bisnis Anda sendiri? Anda bisa memulai bisnis Anda dengan mengatur keuangan pribadi terlebih dahulu.

Aplikasi Finansialku bisa membantu melakukan pengaturan keuangan Anda. Setelah mampu mengelola keuangan Anda, bisnis Anda pun bisa teratur dengan baik.

Anda juga bisa membaca buku Finansialku berikut untuk lebih mengerti cara mengatur keuangan bisnis dan pribadi Anda.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Bagaimana menurut Anda? Apakah langkah Alice dan suami untuk terjun ke bisnis fashion e-commerce ini merupakan langkah yang tepat menurut Anda? Berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih!

 

Kesimpulan

Tentunya kisah Alvin dan Alice dalam mengembangkan bisnis fashion e-commerce ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda para pebisnis e-commerce.

Meski pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis tak membuat mereka putus asa dan menyerah begitu saja.

 

Kami harap Anda bisa memetik nilai dan tips positif dari artikel ini.

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang kebingungan akan pengembangan bisnis e-commerce-nya.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Hallo Id. 25 Juli 2016. Kepercayaan Pelanggan Membuat Bisnis Fashion E-commerce Alice Norin Maju. Hallo.id – http://bit.ly/2DJbXod
  • Ketut Krisna Wijaya. 11 Mei 2015. 8Wood, Satu Lagi Startup Fashion e-Commerce yang Didirikan oleh Selebriti Indonesia. Id.techinasia.com – http://bit.ly/2LmqtpS

 

Sumber Gambar:

  • Fashion 01 – http://bit.ly/2YfOiFl
  • Fashion 02 – http://bit.ly/2rUBOXC
  • Fashion 03 – http://bit.ly/2RrUHMl