Mau jadi affiliate marketer sukses? Bisa dibilang profesi ini cukup menarik karena memiliki penghasilan yang cukup tinggi.

Yuk, cari tahu strateginya di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Affiliate Marketer, Profesi Idaman Berpenghasilan 7 Digit

Apakah Anda pernah berkecimpung di dunia bisnis online? Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah affiliate marketing.

Seperti Anda ketahui affiliate marketing merupakan sebuah jenis pemasaran di mana perusahaan pemilik produk (affiliate merchant) memasarkan produknya dengan melibatkan pihak ketiga (affiliate marketer).

Dalam hal ini, perusahaan dapat menjadi affiliate marketer atau membayar jasa affiliate marketer lain.

Nah, pada kesempatan kali ini Finansialku ingin memfokuskan pembahasan pada affiliate marketer atau pihak ketiga yang akan membantu pemasaran produk affiliate merchant.

Pasalnya, profesi ini memang sedang banyak digemari mengingat penghasilannya yang cukup tinggi, bahkan mencapai 7 digit dalam mata uang Rupiah.

6 Strategi Ampuh Menjadi Affiliate Marketer yang Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers]

 

Namun, untuk mencapai nilai tersebut Anda perlu menjadi affiliate marketer level elit atau sering disebut “super affiliates“. Kabarnya, hanya 1 hingga 5 persen pemasar yang mencapai status ini.

Jadi, bagaimana cara menjadi “super affiliates” atau affiliate marketer sukses ini?

Siapa pun dapat melakukannya, tetapi itu tidak akan datang tanpa kerja keras dan komitmen waktu yang tinggi. Anda juga harus memiliki ketekunan, kesabaran, dan haus akan pengetahuan.

Selain itu, dengan menggabungkan strategi dan taktik di bawah ini, tentunya Anda bisa menjadi seorang affiliate marketer yang sukses.

 

Strategi Ampuh untuk Menjadi Affiliate Marketer Sukses

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, ada banyak cara untuk menjadi affiliate marketer sukses. Namun, jalan menuju kesuksesan tersebut akan lebih mudah dicapai dengan menggunakan 6 strategi ampuh berikut ini:

 

#1 Klaim Pasar Khusus

Kesalahan yang dimiliki oleh banyak affiliate marketer adalah mencoba menawarkan segalanya daripada berfokus pada ceruk pasar tertentu.

Jangan sia-siakan usaha Anda. Fokus pada pasar khusus (niche market). Dengan demikian, Anda bisa mempromosikan pada mereka yang memang berpotensi membeli dan Anda bisa menjual dengan baik.

6 Strategi Ampuh Menjadi Affiliate Marketer yang Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Buat Program Affiliate Marketing yang Berhasil]

 

#2 Pemasaran dengan Mesin Pencari

Setelah Anda membangun afiliasi, Anda harus mulai mempromosikannya. Banyak afiliasi menggunakan pay-per-click engines seperti Google Ads atau Overture, tetapi itu membutuhkan banyak biaya.

Umumnya, lebih efektif untuk mempelajari cara agar orang dapat menemukan Anda secara organik atau menyewa perusahaan search engine marketing untuk meningkatkan pengoptimalan mesin pencari Anda.

Ini akan menyelamatkan Anda dari menghabiskan semua keuntungan Anda untuk pay-per-click engines.

 

#3 Kenali Produk dan Audiens Anda

Pertama-tama, lihat situs web Anda sebagai sumber daya bagi konsumen.

Dengan meluangkan waktu untuk mempelajari produk atau layanan yang Anda tawarkan, serta audiens target Anda, Anda dapat membuat konten yang membangun kredibilitas untuk situs web Anda.

Kredibilitas itu membangun kepercayaan, sehingga cara ini akan membantu audiens untuk mempercayai Anda. Setelah timbul kepercayaan, kemungkinan besar mereka akan membeli dari Anda.

6 Strategi Ampuh Menjadi Affiliate Marketer yang Sukses 03- Finansialku

[Baca Juga: Definisi Afiliasi Adalah? Cek Informasi Lengkapnya di Sini!]

 

#4 Lakukan Diversifikasi

“Don’t Put All Your Eggs in One Basket”, Anda pasti tahu pepatah yang satu ini.

Pepatah ini nyatanya berlaku juga bagi affiliate marketer, di mana Anda disarankan untuk mempromosikan produk dari pedagang yang berbeda dalam ceruk pasar Anda.

Dengan cara ini, jika Anda memiliki masalah dalam menerima pembayaran dari pedagang, atau produk mereka tidak terkonversi dengan baik, efeknya pada bisnis Anda akan minimal.

Lindungi diri Anda dan lakukan diversifikasi agar tidak merasakan efek rugi jika terjadi satu kesalahan. Ini adalah bisnis Anda, dan sama sekali tidak ada yang salah dengan mempromosikan produk khusus dari pedagang yang berbeda.

 

#5 Terus Cari Pengetahuan dan Nikmati Perubahan

Jika Anda sudah familiar dengan pemasaran online, tentu Anda tahu bahwa apa yang berhasil tiga bulan lalu mungkin tidak berhasil hari ini. Tetap mengikuti tren dan adaptasi terhadap perubahan itu penting dalam bisnis di bidang ini.

Jadi jangan bosan-bosan untuk terus mencari pengetahuan, dan mulailah dengan mempelajari sesuatu yang baru tentang pemasaran afiliasi setiap hari.

Untuk menjadi afilliate marketer sukses, Anda harus selalu meluangkan waktu untuk belajar dan merangkul perubahan dalam pemasaran online.

 

 

#6 Jangan Menyerah

Banyak orang yang mencoba pemasaran afiliasi menyerah terlalu cepat jika mereka tidak melihat kesuksesan langsung. Namun menjadi affiliate marketer adalah proses yang panjang. Anda tidak bisa mengharapkan kesuksesan instan.

Tetapkan harapan yang realistis di awal dan pantau statistik Anda dengan cermat untuk melihat apa yang berhasil dan yang tidak.

Lakukan perubahan bila perlu, dan kemungkinan Anda akan mulai menerima lebih banyak pembayaran. Ingatlah bahwa menjadi pemasar afiliasi yang sukses tidak akan terjadi dalam semalam.

 

Semoga Bermanfaat

Semoga 6 strategi ampuh tadi bermanfaat bagi Anda yang sedang berupaya menjadi affiliate marketer sukses.

Satu hal yang harus Anda ingat, menjadi affiliate marketer sukses membutuhkan waktu, tetapi Anda akan menikmati hasilnya jika pantang menyerah dan terus beradaptasi.

Untuk menambah pengetahuan Anda di bidang bisnis online, Anda bisa membaca artikel-artikel dan mengikuti webinar bisnis yang diadakan oleh Finansialku.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan untuk mendapat rekomendasi mengenai bisnis online yang sesuai dengan Anda. Semua itu bisa Anda lakukan di aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini adalah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi oleh OJK dan Kominfo.

Download sekarang dan dapatkan promo potongan Rp 50 ribu untuk menjadi member premium dengan memasukkan kode CUAN50 untuk bisa menikmati semua fitur dalam aplikasi Finansialku.

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai strategi ampuh lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini.

Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Laura Lake. 23 Desember 2018. Strategies for Becoming a Successful Affiliate Marketer. Mobidea.com – https://bit.ly/3jgb5tJ
  • Redaksi. Pengertian Afiliasi dan Contohnya. Pengertianmenurutparaahli.net – https://bit.ly/2UVWQzN
  • Redaksi. 21 November2019. Mengenal Apa itu Afiliasi (Affiliate): Definisi, Keunggulan, Manfaat, Cara Kerja. Idcloudhost.com – https://bit.ly/3dMBOML

 

Sumber Gambar:

  • Strategi 1 – https://bit.ly/2EvXOhX
  • Strategi 2 – https://bit.ly/2YzQBV9
  • Strategi 3 – https://bit.ly/2EytiE3