Apa itu agen asuransi? Apa saja keuntungan menjadi agen asuransi? Dan Bagaimana cara menjadi agen asuransi? Agen asuransi adalah salah satu profesi yang sangat dibutuhkan di Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Profesi Agen Asuransi di Indonesia

Apakah Anda pernah ditelepon oleh teman yang sudah lama tidak contact dan meminta ketemuan. Setelah ketemuan, ternyata teman Anda menawarkan produk asuransi sekaligus menjadi agen asuransi?

Jika ya, maka kita senasib. Sama-sama pernah didatangi teman lama untuk direkrut jadi agen asuransi. Apa yang Anda lakukan pada saat itu?

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jujur saja pada saat itu (beberapa bulan setelah lulus kuliah), saya masih belum tahu industri keuangan dan belum tahu industri asuransi. Jujur saja penawaran tersebut cukup membingungkan.

Setelah berkecimpung dalam industri perencanaan keuangan, saya jauh lebih paham mengenai industri asuransi jiwa. Dalam artikel ini saya akan berbagi pendapat saya mengenai apa itu agen asuransi jiwa.

Agen asuransi adalah tenaga professional yang memasarkan dan mendistribusikan produk asuransi. Dalam bahasan kali ini, produknya adalah asuransi jiwa.”

 

Jika Anda diajak oleh teman atau kenalan menjadi agen asuransi, maka Anda akan bertanggung jawab untuk memasarkan produk asuransi tersebut. Sebagai hasilnya, Anda akan mendapatkan beberapa benefit.

 

Keterangan:

Perencana Keuangan (Financial Planner) adalah profesi yang membantu kliennya untuk mewujudkan tujuan keuangan dan perencanaan yang sistematis.

Mulai dari cash flow, dana darurat, manajemen risiko sampai dengan tujuan keuangan (missal membeli rumah, liburan, perjalanan ibadah, sampai pensiun).

Jika Anda ingin tahu tentang perencanaan keuangan, silakan akses kursus online: Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

 

5 Keuntungan Menjadi Agen Asuransi

Berikut ini 5 keuntungan menjadi agen asuransi, yaitu:

  1. Kepuasan secara emosional, karena dapat membantu klien dari masalah keuangan akibat biaya pengobatan yang mahal. Salah satu agen asuransi yang pernah saya wawancarai, mengaku bersyukur pekerjaannya dapat membantu salah satu klien menyiapkan dana untuk perawatan penyakit jantung.
  2. Penghasilan bulanan yang bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta. Beberapa agen asuransi jiwa yang sukses, mampu mencetak penghasilan mencapai ratusan juta setiap bulannya.
  3. Bonus liburan ke luar negeri dan penghargaan yang prestigious.
  4. Waktu kerja fleksibel dan memungkinkan untuk meningkatkan karier dalam waktu relatif cepat (3-5 tahun).
  5. Update dengan pengetahuan-pengetahuan di bidang keuangan dan cara berkomunikasi (memasarkan produk).

 

Seberapa Besar Potensinya?

Berikut ini beberapa data yang kami rangkum dari berbagai sumber, yang menjelaskan seberapa besar potensi dari profesi agen asuransi jiwa:

  1. OJK Targetkan Perekrutan 10 juta Agen Asuransi, itulah headline dari portal DETIK.com tanggal 21 Oktober 2015. Sejak tahun 2015 pemerintah Indonesia memiliki perhatian penuh dalam pengembangan industri keuangan.
  2. Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dalam konferensi pers Maret 2018, disebutkan jumlah tenaga pemasar asuransi (agen asuransi) berlisensi pada tahun 2017, sebanyak 584.469 orang.
  3. Merujuk website resmi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), per tanggal 23 Oktober 2018, sudah terdapat lebih dari 50 perusahaan asuransi jiwa di Indonesia.
  4. Masyarakat Indonesia sekarang ini lebih terbuka dengan produk-produk keuangan seperti asuransi dan investasi. Hal ini disebabkan karena tingkat pengetahuan atau literasi keuangan masyarakat Indonesia mengalami peningkatan.
  5. Meningkatkan jumlah kelas menengah Indonesia yang membuat mereka mampu untuk membayar premi asuransi.

 

Tantangan Besar Agen Asuransi Jiwa di Indonesia

Sekarang ini banyak sekali agen asuransi yang baru memulai kariernya. Kebanyakan dari mereka fokus dalam menjual, menjual dan menjual produk asuransi.

Pertanyaannya:

  1. Apakah menjual produk asuransi merupakan pekerjaan mudah?
  2. Apakah pekerjaan menjual produk asuransi akan sustain 2-5 tahun yang akan datang?

 

Berikut ini pendapat saya:

#1 Apakah Menjual Produk Asuransi Merupakan Pekerjaan Mudah?

Jawabannya: TIDAK

Menjual produk asuransi jiwa adalah pekerjaan yang cukup sulit, karena siapa orang yang mau “DIJUALI”? Anda tentunya juga tidak mau kan dijualin produk?

Menurut saya seorang klien tidak membeli produk atau layanan, mereka membeli solusi (solutions), dampak akhir (outcomes) dan hasil (results). Semuanya itu dapat terjadi jika Anda mampu membangun relasi dengan jujur.

 

Apa Itu Agen Asuransi, Keuntungan Menjadi Agen, Cara Menjadi Agen 02 Asuransi Jiwa - Finansialku

[Baca Juga: Freelancer dan Agen Asuransi: Awal Tahun, Waktu yang Tepat Merencanakan Keuangan]

 

#2 Apakah Pekerjaan Menjual Produk Asuransi Akan Sustain 2-5 Tahun yang akan Datang?

Jawabannya: SEMAKIN SULIT dan SEMAKIN TIDAK SUSTAIN

Saya melihat sebuah kenyataan di dunia yang serba modern dan teknologi. Coba jawab pertanyaan ini:

  • Sekitar awal tahun 2015an, toko online sudah mulai ada bukan? Kira-kira berapa rata-rata uang yang Anda belanjakan di toko online? Pada saat itu, saya masih ingat membeli beberapa produk dengan harga sekitar Rp100.000.
  • Sekitar awal tahun 2016-2017, berapa rata-rata uang yang Anda belanjakan di toko online? Sekarang ini mungkin Anda berani membelanjakan uang Rp200.000-Rp1.000.000 di toko online.
  • Di tahun 2018 saya cukup kaget melihat kenyataan, orang membeli motor dan mobil melalui online.

 

Lima tahun lalu, saya belum terpikir pekerjaan tenaga pemasar mobil, bisa tergeser melalui toko online. Sekarang buktinya:

Apa Itu Agen Asuransi, Keuntungan Menjadi Agen, Cara Menjadi Agen 03 Bukti Toko Online - Finansialku

Tampilan Search Engine Google dalam pencarian mengenai pemasar mobil

 

Bagaimana dengan agen asuransi yang menawarkan produk asuransi yang nilainya mulai Rp500 ribu per bulan (sampai dengan puluhan juta rupiah per bulan)?

Jika agen asuransi jiwa hanya fokus pada jualan, maka tantangannya makin besar. Ke depan agen asuransi jiwa harus berubah (transformasi) menjadi penyedia solusi.

Agen asuransi tidak boleh hanya menjual asuransi jiwa seperti paket hemat (paket A, paket B, paket C). Agen asuransi jiwa harus lebih bisa mengenal kebutuhan klien dan memberikan solusi yang sesuai dengan klien.

 

Bagaimana Cara Menjadi Agen Asuransi?

Cara menjadi agen asuransi jiwa adalah:

  1. Mendatangi agen asuransi jiwa atau kantor (cabang/pusat) perusahaan asuransi jiwa.
  2. Mendaftar sebagai agen asuransi jiwa.
  3. Mengikuti pelatihan dasar mengenai asuransi jiwa.
  4. Mengikuti serta lulus ujian sertifikasi yang diadakan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).
  5. Mengikuti peraturan dari perusahaan asuransi jiwa.

Berdasarkan Pasal 27 PP No. 73 Tahun 1992 yang menyebutkan bahwa:

  1. Setiap agen asuransi hanya dapat menjadi agen dari satu perusahaan asuransi saja.
  2. Agen asuransi wajib memiliki perjanjian keagenan dengan perusahaan asuransi yang diageninya.
  3. Semua tindakan agen asuransi yang berkaitan dengan transaksi asuransi menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi yang diageninya.
  4. Agen asuransi dalam menjalankan kegiatannya harus memberikan keterangan yang benar dan jelas kepada calon tertanggung tentang program asuransi yang dipasarkan dan ketentuan isi polis, termasuk hak dan kewajiban calon tertanggung tersebut.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana Cara Finansialku.com Membantu Agen Asuransi Jiwa

  1. Di Finansialku.com terdapat banyak informasi terbaru mengenai keuangan, asuransi dan investasi. Para agen asuransi jiwa dapat update informasi dan pengetahuan di portal edukasi.
  2. Agen asuransi jiwa dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu dalam proses perhitungan, contoh memanfaatkan fitur perencanaan dana pendidikan anak, perhitungan kebutuhan asuransi jiwa dan lain sebagainya (studi kasus di bawah).
  3. Agen asuransi jiwa juga dapat belajar secara online (melalui kursus online Finansialku) mengenai topik-topik keuangan, seperti investasi dan lain sebagainya.

 

Contoh:

Keluarga Pak Budi sedang menyiapkan dana pendidikan S1 untuk anaknya yang berusia 5 tahun. Berdasarkan data diketahui uang pangkal (uang masuk sekolah) adalah Rp40.000.000 dan uang SPP bulanan Rp1.500.000 per bulan (atau Rp9.000.000 per semester).

Kira-kira solusi apa yang bisa ditawarkan untuk Pak Budi?

Apa Itu Agen Asuransi, Keuntungan Menjadi Agen, Cara Menjadi Agen 04 Rencana Keuangan - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku dalam Perencanaan Keuangan

 

Dan hasil perhitungannya:

Apa Itu Agen Asuransi, Keuntungan Menjadi Agen, Cara Menjadi Agen 05 Kesimpulan - Finansialku

Tampilan Kesimpulan dari Perencanaan Keuangan yang dilakukan

 

Kekurangan dana pendidikan yang diperlukan adalah Rp317.399.353.

Anda perlu berinvestasi sebesar Rp10.110.642 per tahun selama 13 tahun atau Rp844.302 per bulan selama 156 bulan.

Dengan asumsi:

  • Kenaikan biaya pendidikan 10% per tahun.
  • Estimasi hasil investasi 12% per tahun.

 

Untuk membantu Anda melakukan perhitungan yang sama, silakan cek video berikut ini:

 

Contoh:

Agen asuransi jiwa dapat memberikan solusi perlindungan uang pertanggungan sebesar Rp317 juta. Tujuannya jika terjadi sesuatu dengan orang tua, maka si anak dapat kuliah. Uang kuliahnya dibayarkan oleh perusahaan asuransi jiwa.

Mengenai kekurangan dana yang harus diinvestasikan, dapat memilih produk-produk keuangan yang lebih cocok dengan target investasi 12% per tahun. Apakah boleh investasi di unitlink? Silakan cek cara kerja asuransi unitlink.

Anda dapat download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau akses di Aplikasi.Finansialku.com

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Profesi Agen Asuransi, Yes or No?

Bekerja sebagai professional adalah salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan sekaligus bermanfaat untuk banyak orang.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai profesi ini, saya sarankan Anda bertemu dengan agen-agen asuransi yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

Wawancarai mereka, mengenai pekerjaan dan apa yang mereka lakukan untuk dapat bertahan dalam industri asuransi.

 

Semoga penjelasan kami dapat menambah gambaran mengenai agen asuransi jiwa. Jangan lupa coba Aplikasi Finansialku untuk mencoba fitur perencanaan keuangan atau berkonsultasi dengan Perencana Keuangan.

 

Sumber Referensi:

  • Yanita Petriella. 21 Oktober 2015. OJK Targetkan Perekrutan 10 juta Agen Asuransi. Detik.com – https://goo.gl/PrWLTV
  • Website resmi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Aaji.or.id – https://goo.gl/TsvqcB

 

Sumber Gambar:

  • Agen Asuransi – https://goo.gl/zmY2uS
  • Asuransi Jiwa – https://goo.gl/C5NNeH