Pernakah Anda mendengar program arisan berantai Dream for Freedom atau Promonesia? Kabar terbaru menyatakan pimpinan dream for freedom resmi ditahan, karena kasus penipuan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pendiri Dream for Freedom Resmi Ditahan!

Akhirnya kasus arisan berantai yang dijalankan oleh PT Promo Indonesia Mandiri (Dream for Freedom atau dikenal dengan Promonesia) memasuki cerita baru. Fili Muttaqien, pendiri Dream for Freedom ditetapkan menjadi tersangka oleh Badan Reserse Kriminal Mabes Polri. Penetapan tersangka terjadi pada hari Rabu, 19 Oktober 2016.

akhirnya-pendiri-dream-for-freedom-resmi-ditahan-finansialku

[Baca Juga: Program Arisan Berantai D4F atau Promonesia.com Diseret ke Polisi]

 

Pendiri Dream for Dream tersebut ditahan karena dugaan pelanggaran terhadap Undang-Undang no 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, yaitu pada pasal 105 skema piramida. Disinyalir program tawaran investasi yang dilakukan oleh Dream for Freedom ini sudah

 

Pasal 105

Pelaku Usaha Distribusi yang menerapkan sistem skema piramida dalam mendistribusikan Barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

Pasal 105 di atas, adalah pasal yang melindungi masyarakat dari penawaran investasi atau program dengan skema piramida. Dikabarkan program Dream for Freedom telah memiliki 700.000 orang dan dana yang terhimpun mencapai Rp 3,5 Trilliun.

 

Perjalanan Dream for Freedom

  • Januari 2015, Dream for Freedom berdiri di bawah PT Promo Indonesia Mandiri dan mulai menawarkan paket investasi. Modal investasi mulai dari Rp 1 – 30 juta dan biaya registrasi Rp 200.000. Anggota dijanjikan keuntungan mencapai 30% per bulan.
  • Februari 2016, Dream for Freedom memiliki 700.000 anggota.
  • 16 Februari 2016, Dream for Freedom mematikan sistem (offline) sampai dengan tanggal 22 Februari 2016. Seketika terjadi ketidakseimbangan antara kontribusi untuk member dan hasil pemasukan yang diperoleh dari member baru.
  • 23 Juni 2016, izin usaha PT Promo Indonesia Mandiri dicabut oleh PTSP – Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Adminstrasi Jakarta Barat. Nasib investasi nasabah menjadi semakin tidak pasti.
  • 19 Oktober 2016, Pendiri Dream for Freedom, Fili Muttaqien ditahan polisi.

 

Pelajaran Berharaga dari Kasus Arisan Berantai Dream for Freedom

Permasalahan penipuan investasi bodong, arisan berntai dengan sistem piramida adalah contoh-contoh penerapan skema Ponzi. Tahukah Anda bahwa skema Ponzi sudah ada mulai dari tahun 1920 dan masih terjadi sampai sekarang. Sejarah berulang, dengan konsep yang lebih canggih dan teknologi terbaru serta masih banyak orang yang menjadi korbannya. Bahkan korbannya menjadi semakin banyak.

Skema Ponzi Modus Klasik Investasi Bodong - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Skema Penipuan Investasi dengan Skema Ponzi]

 

Apa saja pelajaran yang bisa kita dapat dari kasus ini?

  1. Kendalikan mindset Anda, biasanya orang yang menjadi korban penipuan investasi bodong adalah orang-orang yang ingin cepat kaya dan tamak (greedy).
  2. Tingkatkan edukasi keuangan Anda, sehingga Anda dapat berpikir lebih kritis terhadap tawaran investasi yang ada. Paling sederhana : jika perusahaan memang bisa memberikan return mencapai 30% per bulan, kenapa mereka butuh uang Anda? Mereka bisa kok pinjam dari bank.
  3. Pelajari sistem investasi dan pastikan sudah terdaftar dalam OJK. Sejauh ini (sampai tanggal 24 Oktober 2016), perusahaan yang boleh mengumpulkan dana dari masyarakat adalah Bank dan Koperasi. Perusahaan yang boleh mengelola dana masyarakat adalah Manajer Investasi (MI). Keduanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  4. Miliki rencana keuangan dan rencana investasi, agar Anda memiliki panduan yang benar mengenai investasi.
  5. Ketahui tidak ada investasi yang dijamin (kecuali Anda tahu cara memproteksi investasi Anda). Jadi hati-hati dan waspada jika ada penawaran investasi yang menuliskan: keuntungan dijamin.

 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terkena Penawaran Investasi Bodong?

Jika Anda sudah melakukan kesalahan, langkah awal adalah mengakui bahwa Anda bersalah. Setelah itu pelajari apa kesalahan Anda, kenapa Anda melakukan kesalahan tersebut. Cari tahu bagaimana cara yang benar atau langkah seharusnya dalam berinvestasi. Setelah itu lakukan perubahan. Jangan pernah menyalahkan orang lain (misal pemilik perusahaan atau perusahaan yang menipu), karena Anda tidak akan pernah benar-benar belajar, jika Anda masih menyalahkan orang lain.

Jadi Salah Saya, Kalo Kena Tipu Investasi Bodong - SCAM - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jadi Salah Saya, Jika Terkena Tipuan Invesatasi Bodong?]

 

Jika Anda tidak belajar, maka Anda tidak bisa menjadi lebih baik dan akhirnya Anda bisa terkena penipuan sejenis di masa yang akan datang. Yuk kita berubah menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab atas pilihan yang sudah kita lakukan.

 

Apakah Anda pernah terkena kasus investasi bodong online? Menurut Anda, apa yang menyebabkan Anda tertarik untuk ikut investasi bodong online? Apa pelajaran yang dapat Anda petik dari kesalahan tersebut?

 

Sumber artikel:

  • Namira Daufina, Sandy B, Yuwono Triatmodjo. 24 Oktober 2016. Pendiri Dream for Freedom Resmi Ditahan. Harian Bisnis & Investasi Kontan.

 

Sumber Gambar:

  • Background Check Fraud – https://goo.gl/oPZ8sS

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang