Anak Air Swim School, Bisnis Waralaba Sekolah Renang Anak dengan Prospek Tinggi

Waralaba di bidang pendidikan memang tidak pernah sepi, misalnya saja bisnis sekolah renang Anak Air Swim School.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kebutuhan para orangtua dalam mengupayakan pendidikan terbaik bagi buah hatinya.

Tak heran waralaba Anak Air Swim School menarik banyak pengusaha hebat. Apakah Anda juga tertarik dengan waralaba satu ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha.

Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan bagaimana memulai usahanya?

Jangan khawatir, kini hadir sebuah solusi bisnis yang praktis dan sederhana, yaitu WARALABA.

Secara umum, waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Franchisor dan franchisee berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain. Mengapa demikian?

Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Kini bisnis waralaba ini semakin berkembang, sehingga turut mencakup bidang pendidikan.

Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan menjabarkan serba-serbi mengenai waralaba Anak Air Swim School, sekolah renang anak dengan prospek tinggi bagi Anda:

 

Sekolah Renang

Berdasarkan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 1989, pendidikan dilaksanakan dalam bentuk bimbingan, pengajaran, dan latihan.

Banyak orangtua yang mengupayakan tambahan pendidikan terbaik bagi buah di luar jam belajar formal, misalnya dengan bimbingan belajar atau sekolah keterampilan.

Dewasa ini, selain pendidikan akademis di sekolah, banyak pendidikan lainnya yang diupayakan para orangtua, misalnya saja pendidikan renang.

Mengapa sekolah berenang cukup populer?

Anak-Air-Swim-School-4-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Aktivitas renang telah dikenal sejah zaman pra-sejarah, di mana keterampilan yang satu ini sangat penting, terutama bagi kesehatan dan keselamatan.

Jenis olahraga ini memang sangat menyehatkan, karena dilakukan di dalam air sehingga seluruh bagian tubuh ikut bergerak.

Sedangkan dari segi keselamatan, keterampilan ini dibutuhkan misalnya saat terjadi bencana banjir.

Bidang pendidikan ini sendiri sudah semakin menjanjikan, karena telah terbukti ketahanan kritisnya. Buktinya Anak Air Swim School pun berhasil mengembangkan sayapnya hingga kini.

Nah, apabila Anda tertarik membeli waralaba di bidang pendidikan, simak pembahasan Finansialku mengenai Anak Air Swim School berikut ini:

 

Anak Air Swim School

Berdasarkan data yang diperoleh, saat ini terdapat sekitar 73 juta anak di bawah usia 12 tahun di Indonesia.

Jumlah ini diperkirakan akan terus naik seiring waktu. Dengan demikian, bisa dibilang anak-anak adalah target market yang potensial di Indonesia.

Tentu, maraknya bisnis di bidang pendidikan ini didorong oleh minat orang tua untuk mengembangkan bakat anaknya baik akademik maupun non akademik.

Dari prospek tinggi inilah muncul ide untuk membuat sebuah sekolah renang bagi anak-anak, Anak Air Swim School.

Mengingat pelajaran renang merupakan salah satu materi yang biasa diwajibkan di sekolah, banyak orangtua berlomba-lomba mendaftarkan anaknya di Anak Air Swim School.

Menurut para orangtua, selain untuk mendukung pendidikan olahraganya, renang juga penting untuk keselamatan dan kesehatan.

Anak-Air-Swim-School-3-Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

 

Banyak orangtua yang mempercayakan anaknya untuk belajar berenang di Anak Air Swim School.

Alasannya, sekolah renang yang didirikan Riandi Ridwan ini menawarkan pendidikan renang dengan metode yang berbeda. Seperti yang Riandi paparkan berikut ini:

“Anak Air Swim School hadir untuk menjembatani kebutuhan anak dan orangtua akan sekolah renang yang mengajarkan renang secara bertahap dan terstruktur. Namun disesuaikan kemampuan masing-masing anak dengan tidak memberikan beban mental maupun fisik yang berlebihan dalam proses belajar berenang di awal masa kanak-kanak mereka.”

 

Riandi menekankan tujuannya untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan dan nyaman, dengan pendekatan bermain sambil belajar.

Ia juga senantiasa membuat inovasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, metode belajar, desain dan materi dari fasilitas pendidikan renang ini.

Hal ini jugalah yang menyebabkan Anak Air Swim School terus sukses berkiprah di dalam negeri sampai saat ini.

Selain itu, prinsip manajemen yang diterapkan pun modern dengan teknologi yang up to date, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai etika pendidikan. Seluruhnya didasarkan pada visi Anak Air Swim School, yaitu:

“Sekolah renang terbaik di Asia Tenggara dengan pelayanan dan pengajaran yang menyenangkan.”

 

Anak-Air-Swim-School-1-Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Riandi mengakui bahwa passion bisnisnya memang dalam bidang renang. Dan Ia kini sedang berupaya untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi.

Dalam mengembangkan bisnisnya, ia dibekali oleh ilmu dari mentor-mentor hebat, misalnya saja dr. Jun selaku dosen Universitas Negeri Jakarta.

Dari situ juga ia mengantongi sertifikat pengajar renang resmi.

Tak berhenti sampai di situ, ia juga belajar jauh-jauh ke negeri Paman Sam, dengan berguru pada profesor Jim Raiser melalui lembaga Swim Lessons University.

 

Metode Pelajaran Renang Anak Air Swim School

Konsep yang diterapkan dalam Anak Air Swim School adalah child center progressive learning, di mana anak dikembangkan sesuai dengan kemampuannya sendiri.

Artinya, kondisi psikologis anak akan diutamakan, terutama dengan bekal psikologi dasar anak bagi seluruh staf pengajar.

Tujuannya, pendidikan dapat dilakukan dengan dekat, saling percaya, dan nyaman.

Satu kelas renang di Anak Air Swim School hanya diperuntukkan bagi 2 hingga 3 anak sesuai level kemampuannya.

Waktu latihan terdiri dari 30 menit untuk setiap anak, agar anak tidak kelelahan dan kehilangan fokus.

Metode belajar pun bukan sembarangan, melainkan hasil pengembangan Riandi selaku pendirinya bersama rekan-rekan pendidik profesional.

Ia juga menerapkan kurikulum internasional yang ia dapat dari Swim Lesson University, Amerika.

Kurikulum ini terbukti memberikan proses belajar yang akan bagi anak dan efektif.

 

Waralaba Anak Air Swim School

Mengingat sekolah renang milik Riandi lebih mengutamakan pelayanan untuk membuat anak senang belajar renang, sekolah renangnya ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan aman.

Kadar kimia kolam renang di sekolah ini aman bagi anak-anak, ada pula fasilitas lain seperti alat pemanas hemat energi, dan masih banyak lagi.

Maka tidak aneh bahwa sekolah renang ini terus diminati dan berkembang sangat luas. Saat ini saja sudah ada 3 cabangnya dengan ribuan peserta didik.

Terlebih, dengan minimnya pesaing dalam bidang sejenis, Anak Air Swim School belum terkalahkan.

Anak-Air-Swim-School-2-Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Potensi bisnis ini tentunya sangat luar biasa, karena saat ini Anak Air Swim School masih terdepan di bidangnya.

Melihat peluang bisnis yang sangat menggiurkan, maka Anak Air Swim School percaya bahwa akan banyak calon mitra yang tertarik untuk bekerja sama.

Oleh karena itu munculah kesempatan kerja sama bagi calon mitra yang berminat membuka sekolah renang.

 

#1 Joint Venture

Salah satu paket kerja sama yang ditawarkan adalah joint venture.

Riandi menjelaskan bahwa sistem paket joint venture adalah bagi hasil antara sang pemilik kolam dengan manajemen Anak Air Swim School yang akan mengelolanya:

“Kami memberikan kesempatan kepada pemilik kolam renang rumahan, atau fasilitas kolam renang umum yang sudah tidak aktif yang ingin diubah untuk bisa menghasilkan pendapatan. Konsepnya bagi hasil.”

 

Bagi Anda yang berminat, Anda hanya perlu menyediakan modal berupa kolam renang yang layak bagi anak-anak beserta beberapa fasilitas penunjang untuk dijadikan tempat kursus.

Contohnya adalah ruang tunggu, ruang ganti, kamar mandi, dan juga tempat parkir yang bisa menampung kendaraan roda empat.

Pembagian keuntungan atau profit sharing akan dibagikan dengan persentase 25% hingga 35% bagi mitra.

Penentuan persentase keuntungan ini tergantung luas dan kondisi kolam milik mitra.

Misalnya saja, spesifikasi umum bagi kolam renangnya dan lokasinya adalah sebagai berikut:

  1. Luas kolam minimal 50 meter2
  2. Kedalaman kolam mulai 1.3 hingga 2.5 meter
  3. Lokasi berluas total minimal 350 meter2

 

Anak-Air-Swim-School-6-Finansialku

[Baca Juga: Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba]

 

#2 Franchise Utuh

Paket kerja sama kedua adalah franchise utuh, di mana franchisor akan bertanggung jawab penuh atas pendirian lokasi usaha mulai dari pembangunan kolam hingga fasilitas lainnya.

Terdapat 2 jenis penawaran dalam paket ini, yaitu:

  1. Gold
  2. Silver

 

Biaya yang dibutuhkan adalah berkisar dari 550 juta hingga 1.4 miliar rupiah. Namun sudah mencakup berbagai dukungan dari pusat.

Riandi menjelaskan:

“Sebagai franchisor, kita akan training staff pengajar, pendampingan untuk mitra, marketing awal seperti grand opening dan program marketing. Pokoknya secara keseluruhan kita akan damping, karena itu memang komitmen kami.”

 

Riandi pun ikut memberi saran dalam pemilihan lokasi, yakni lokasi sebaiknya terletak dekat dengan sekolah negeri maupun swasta dalam tingkat pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Lokasi alternatif lainnya adalah dekat pemukiman atau perumahan kelas menengah ke atas dengan banyak keluarga muda karena sesuai dengan segmentasi pasar Anak Air Swim School. Berikut penjelasan dari Riandi:

“Peminat sekolah renang kami lebih banyak dari keluarga muda yang memiliki anak balita hingga usia sekolah. Dari pengalaman outlet kami di Pondok Indah juga cukup berhasil menjangkau 350 siswa dalam empat bulan pertama setelah pembukaan. Mereka (orangtua) juga tidak perlu jauh-jauh mengantarkan anaknya kursus renang, karena dekat dengan rumah mereka.”

 

 

Ingin Menjadi Mitra Anak Air Swim School?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli waralaba dan menjadi mitra Anak Air Swim School?

Jika Anda juga tertarik dalam bidang pendidikan atau sekolah renang pastinya waralaba dengan skala nasional ini sangat menggoda.

Jika berminat, Anda bisa memperoleh informasi kemitraannya dengan mendatangi alamat berikut ini:

Jl. Kebagusan Raya no. 9 Kav. Taman Palem Kebagusan, Jakarta

 

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang pendidikan yang berkualitas dan terjamin.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba Anak Air Swim School lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017
  • Admin. Berenang. Id.wikipedia.com – https://goo.gl/1QxNMj

 

Sumber Gambar:

  • Anak Air Swim School 01 – https://goo.gl/kS8JE6
  • Anak Air Swim School 2 – https://goo.gl/Xo4G2n
  • Anak Air Swim School 3 – https://goo.gl/FZLbfv
  • Anak Air Swim School 4 – https://goo.gl/2Dk5iB
  • Anak Air Swim School 5 – https://goo.gl/NBQUGT
  • Anak Air Swim School 6 – https://goo.gl/4bTRV8

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Anak Air Swim School, Bisnis Sekolah Renang Anak dengan Prospek Tinggi
Article Name
Anak Air Swim School, Bisnis Sekolah Renang Anak dengan Prospek Tinggi
Description
Waralaba di bidang pendidikan memang tidak pernah sepi, misalnya saja bisnis sekolah renang Anak Air Swim School.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment