Bagi yang bingung, ini analogi running trade saham untuk pemula!

Ketahui informasi selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini.

 

Analogi Running Trade Saham

Setelah Sobat Finansialku membuka sebuah rekening saham dan login trading app (OLT) dari sekuritas Sobat Finansialku, maka yang akan muncul pertama kali biasanya adalah running trade, meski sebenarnya tidak semuanya sama.

Bicara soal running trade, adalah papan transaksi berjalan. Seperti list transaksi yang terus bertambah dari detik ke detik yang terjadi karena 3 hal:

  • Banyaknya investor dan trader
  • Banyaknya broker saham
  • Banyaknya saham yang tersedia

 

Analoginya, ketika ada suatu transaksi jual beli properti secondary, melalui broker properti. Maka objeknya adalah rumah, dan subjeknya adalah pembeli dan penjual, dan broker sebagai perantara.

Sementara di dunia saham, perantara harus ada dari kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual.

Nah, bayangkan jika setiap broker properti se-Indonesia mencatat transaksi yang terjadi di hari dan jam tertentu dikumpulkan secara real time ke misalnya sebuah asosiasi properti.

Maka bisa dipastikan dalam asosiasi tersebut juga akan ada papan berjalan berisi daftar transaksi properti yang akan terus bertambah.

Analogi broker properti barusan adalah salah satu analogi yang mudah dipahami untuk para pemula kebanyakan kebingungan apa yang diperhatikan.

Biasanya, kendala yang dirasakan oleh pemula adalah melihat running trade yang selalu bergerak sangat cepat. Bahkan, tidak jarang ada banyak transaksi yang terjadi dalam satu detik saja.

Di bawah ini adalah gambar berisi penjelasan fungsi menu yang membantu Sobat Finansialku memahaminya dari Galerisaham.com:

"Analogi

 

Sebenarnya, running trade saham ini bukan lah sesuatu yang penting, karena ada yang lebih penting, yaitu transaksi itu sendiri, sementara Running trade saham hanyalah sebuah pencatatan dari sebuah transaksi.

Namun biar begitu, ini bukanlah sesuatu yang sama sekali tidak perlu dipelajari, karena Running trade saham bisa membantu Sobat Finansialku mengetahui emiten apa yang sedang ramai ditransaksikan.

Apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan terkait topik ini? Kalau ada, tuliskan di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman-teman investor lainnya lewat pilihan platform yang ada di bawah ini, ya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • 07 Desember 2020. Running Trade Saham. Galerisaham.com – https://bit.ly/2PNgmiU

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 01 – https://bit.ly/3djP2B6
  • Gambar 02 – https://bit.ly/2PNgmiU