Mau jadi agen properti? Sudah tahu bagaimana cara memperoleh sertifikasi profesinya? Ternyata ada 5 langkah mudah untuk memperoleh sertifikasi profesi broker properti Indonesia.

Penasaran? Simak caranya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Agen Properti: Modal Minim Untung Besar

Anda tertarik memulai bisnis properti? Investasi properti tergolong dalam investasi real asset, dimana investasinya berupa benda yang berwujud. Investasi tanah atau properti memang sangat populer belakangan ini.

Hal tersebut dapat terjadi dengan timbulnya kelangkaan. Bayangkan saja, tanah yang tersedia tidak akan bertambah (kecuali dilakukan proses perluasan tanah oleh pemerintah). Sedangkan populasi penduduk terus meningkat.

Artinya, permintaan akan tanah dan properti akan lebih tinggi dari persediaannya, dan mengakibatkan harganya semakin tinggi.

Anda juga bisa memperoleh pendapatan pasif saat berinvestasi properti. Misalnya saja apabila Anda menunggu masa pensiun dan memutuskan untuk mengontrakan atau menyewakannya.

Disini Anda memperoleh pendapatan pasif sembari tetap memiliki asset-nya (karena tanah dan bangunan tidak dijual).

Jadi bisa dibilang investasi properti punya keuntungan ganda, dimana selain nilainya yang terus meningkat, Anda juga bisa memperoleh penghasilan pasif selama belum menjualnya.

Beberapa hal inilah yang membuat setiap orang berlomba-lomba berinvestasi tanah dan properti. Anda juga bisa menonton video dari channel Youtube Finansialku berikut ini agar mengetahui tips membeli tanah untuk investasi:

 

Meskipun memiliki banyak kelebihan, memulai bisnis properti juga tentunya memiliki risiko. Apabila Anda gagal memperoleh keuntungan, atau lokasi tidak mendukung Anda bisa terjebak dengan properti itu selamanya.

Jika Anda memilih untuk menyewakannya juga ada risiko kekosongan pada jangka waktu yang tidak dapat ditentukan.

Selain itu, jual beli properti juga membutuhkan modal yang besar. Alhasil tidak banyak orang yang mampu berbisnis properti. Jadi harus bagaimana?

Kabar baiknya Anda bisa memulai bisnis properti dengan cara menjadi agen atau broker properti terlebih dahulu. Dengan demikian Anda akan meminimalkan risiko bisnis properti sambil tetap menikmati keuntungannya.

Agen properti adalah sebuah usaha memasarkan tanah atau bangunan (rumah, rumah KPR, ruko, apartemen, dll) milik orang lain. Biasanya mereka disebut dengan nama agen, makelar, atau pun broker.

Fungsi utama agen properti ini adalah menghubungkan pemilik properti dan pembeli.

Banyaknya pemilik yang sibuk akan hal lain atau pun permasalahan konektivitas mengakibatkan penggunaan jasa Agen Properti sangat diminati.

Dengan menggunakan Jasa tersebut, pemilik properti akan lebih cepat menjual asetnya tanpa harus mengganggu waktunya.

Menjadi agen properti juga terkenal akan modalnya yang minim namun keuntungan yang besar. Anda bahkan bisa melakukannya tanpa modal karena hanya bertugas mempertemukan pembeli dan pemilik properti. 

Namun Anda juga diperbolehkan untuk menggunakan dana untuk jasa iklan sebagai alat pemasarannya, baik iklan gratis maupun berbayar.

Milenial Gaji UMR Beli Properti Bisa, Gini Lho Caranya! - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Ingin Membeli Rumah dengan KPR Sekaligus Membuat Bisnis, Apakah Mungkin?]

 

Meski modalnya kecil, menjadi agen properti berpotensi menghasilkan untung cukup besar. Biasanya Agen akan mendapatkan 2% – 3% dari hasil penjualan properti.

Satu contoh, harga properti yang mencapai 1 miliar rupiah akan dihargai dengan komisi 20-30 juta rupiah dan bayangkan bila properti yang Anda jual lebih dari satu per bulannya, luar biasa bukan?

Nah, jika Anda kini tertarik untuk menjadi seorang agen atau broker properti, kami menyarankan Anda untuk memiliki sertifikasi profesinya, yakni sertifikasi profesi broker Indonesia.

Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan bagaimana cara mendapatkan sertifikasi profesi broker Indonesia tersebut.

 

Menjadi Agen Properti dengan Sertifikasi Profesi Broker Indonesia

Anda merupakan seorang fresh graduated yang belum tahu mau berprofesi sebagai apa? Mungkin agen properti atau broker bisa menjadi salah satu daftar pekerjaan yang dipilih.

Namun tentunya Anda ingin menjadi broker terpercaya bukan? Oleh karena itu, Finansialku telah melansir beberapa langkah yang dapat membantu anda untuk menjadi agen properti yang handal dari Investpedia.com berikut ini:

 

#1 Peroleh Sertifikasi Profesi Broker Indonesia

Tahukah Anda? Sejak akhir tahun 2015 lalu, AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) terus menggiatkan lisensi bagi para broker melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti.

Dengan memiliki sertifikat/lisensi, maka agen properti dianggap sudah memiliki kemampuan menjalankan pekerjaan sebagai broker.

Ada beberapa manfaat dari kepemilikan sertifikasi ini, antara lain bagi pemerintah, pengguna jasa broker, dan broker itu sendiri.

  1. Untuk Pemerintah
  • Membantu memastikan pencapaian program pengembangan SDM pada sektornya
  • Membantu memastikan kesesuaian sistem pembinaan dan pengendalian SDM dalam sektornya.

  1. Untuk Pengguna Jasa Broker
  • Mendapatkan pelayanan jasa perantara perdagangan properti yang sesuai standar profesi (SKKNI)
  • Lebih aman dan terjamin dilayani oleh Broker properti / Kantor Broker properti yang memiliki SIU-P4 dan memiliki Sertifikat Kompetensi.
  1. Untuk Broker itu Sendiri
  • Mendapatkan pengakuan resmi dari negara atas profesi dan profesionalitas di bidang Real Estat kategori Real Estat golongan Perantara Perdagangan Properti.
  • Mendapatkan keuntungan dari Harmonisasi Sertifikasi Kompetensi dengan negara-negara ASEAN.

Darimana Sumber Keuntungan Broker Komoditas 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Tempat Terbaik Untuk Investasi Properti Di Dunia. Apakah Indonesia Termasuk?]

 

Namun sayangnya masih banyak agen properti yang belum memilikinya karena kurang tahu bagaimana caranya mendapatkan sertifikat ini.

Berbeda halnya dengan Anda, kami akan menjabarkan proses untuk memperoleh Sertifikasi Profesi Broker Indonesia tersebut berikut ini:

  • Untuk broker properti di Kota Jakarta dan sekitarnya

Bagi Anda broker yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya dan ingin mendapatkan sertifikat/lisensi dapat datang ke Sekretariat LSP Broker Properti di Jl Jambu No. 2, Menteng, Jakarta Pusat (Telp: 021-3909913).

  • Untuk broker di luar Jakarta dan Pulau Jawa,

Pihak LSP Broker Properti membuka layanan sertifikasi secara kolektif. Ajak rekan-rekan agen yang lain untuk mengurus sertifikasi, nanti pihak LSP Broker Properti akan mendatangi lokasi Anda.

Keberadaan aturan ini dianggap penting mengingat Indonesia telah memberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sehingga broker properti asing akan mudah masuk ke Indonesia dan persaingan antar broker pun akan semakin ketat.

Jadi tunggu apa lagi? Segera ajukan pendaftaran Sertifikasi Profesi Broker Indonesia Anda.

Untuk prosedur pendaftaran Sertifikasi Profesi Broker Indonesia, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti adalah sebagai berikut:

  1. Peserta mengajukan permohonan sertifikasi ke LSP BPI.
  2. Peserta memilih TUK ketika proses pendaftaran.
  3. LSP BPI menunjuk Asesor untuk melakukan assessment terhadap Peserta Uji Kompetensi.
  4. Tim Asesor Kompetensi melakukan assessment terhadap Peserta Uji Kompetensi. Ada tahap Pre Assessment dan Real Assessment
  5. ​Tim Asesor Kompetensi memberikan laporan assessment yang telah dilaksanakan kepada LSP BPI.
  6. LSP BPI membentuk Komite Teknik untuk mengkaji rekomendasi dari Tim Asesor.
  7. Komite Teknik memberikan rekomendasi hasil sertifikasi kepada LSP BPI.
  8. LSP BPI memberikan sertifikasi kepada Peserta Uji Kompetensi yang dinyatakan kompeten.
  9. LSP BPI tetap melakukan surveilen/pengawasan terhadap Peserta Uji Kompetensi selama masa berlaku sertifikat (3 tahun).

 

#2 Cari Kantor Agen Properti

Langkah yang kedua ini sebenarnya adalah sebuah pilihan yang tidak wajib. Anda bisa memilih antara menjadi agen properti perorangan/individual atau tergabung dalam sebuah badan usaha.

Bila memilih untuk menjadi agen properti perorangan/individual, maka Anda sebaiknya memanfaatkan media pemasaran atau platform yang tersedia.

Sebagai contoh, cobalah menggunakan beberapa situs yang bisa membantu Anda memasarkan rumah (sewa atau jual), misalnya saja rumah.com atau rumah123.

Dengan demikian Anda akan lebih mudah memasarkan rumah di situs yang memang pengunjungnya adalah mereka yang sedang mencari rumah.

Sedangkan jika Anda memilih untuk tergabung dalam sebuah badan usaha, Anda sebaiknya mencari perusahaan agen properti yang memiliki reputasi bagus dan terpercaya.

Para Investor Properti Wajib Memahami Jenis Pajak Properti 01 - Finansialku

[Baca Juga: Langkah Yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan KPR dan Peminjaman Renovasi di BPJS Ketenagakerjaan, Agar Lolos Verifikasi]

 

Cara mudahnya adalah dengan memeriksa kredibilitas perusahaan tersebut melalui ulasan di media sosial atau blog. Anda bisa juga meminta saran dari kerabat yang pernah menjadi agen pemasaran properti.

Keuntungan menjadi bagian dari agensi properti adalah Anda bisa mendapatkan bimbingan dari senior dan database klien yang bisa Anda kembangkan sendiri.

Sebagai bahan pertimbangan, jangan lupa tanyakan 4 hal ini kepada bagian personalia:

  1. Apakah perusahaan memberi kursus tambahan kepada karyawan atau agen propertinya?
  2. Apakah ada pendamping yang siap mengajarkan saya?
  3. Haruskah menerapkan gaya khas perusahaan saat berkomunikasi dengan klien?
  4. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan komisi?

 

#3 Siapkan Anggaran

Menjadi agen properti bukannya tanpa modal. Meski modalnya terbilang sangat kecil, Anda harus mempersiapkan sedikit biaya untuk mempersiapkan diri dan membantu bisnis Anda ini.

Sebagai contoh, dibutuhkan biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp500.000  untuk pendaftaran sertifikasi profesi broker properti Indonesia.

Selain itu, minimal dibutuhkan dana awal sekitar Rp1 juta untuk membuat kartu nama, menjadi member berbayar di website properti terdepan, dan mendaftar sebagai anggota di portal web penjualan properti.

Anda dapat juga mengikuti berbagai kursus atau seminar yang mengupas tuntas dunia properti. Meski harus mengeluarkan sejumlah uang, akan tetapi informasi yang didapat mampu memperkaya diri sekaligus modal berjualan.

 

#4 Membangun Relasi dan Portofolio

Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah dari networking. Dengan relasi yang luas, maka Anda bisa menjadi agen properti yang dikenal dari mulut ke mulut. DAN ini adalah salah satu strategi pemasaran paling efektif di Indonesia.

Selain itu, Anda juga harus membangun portofolio. Salah satu metode terbaik untuk membangun portofolio adalah mencari mentor.

Tips Mudah Berbisnis Properti Untuk Pemula 2 Finansialku

 [Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

 

Barbara Kennon, dari National Association of Realtors, mengungkapkan bahwa menemukan mentor yang tepat sangat perlu khususnya bagi agen properti pemula.

Mereka tentu mampu memandu Anda dalam melakukan proses jual beli properti hingga cara cepat mendapatkan klien.

Saatnya mulai menghubungi orang terdekat Anda dan menggunakan jaringan pribadi anda.

Hubungi kerabat yang tengah berencana menjual rumah, tanah, atau apartemennya, dan tawarkan mereka untuk menggunakan jasa Anda sebagai agen.

 

Yuk Berbisnis Properti secara Profesional

Nah, kini Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis properti secara profesional. Kami yakin Anda bisa sukses dalam berbisnis properti dengan melakukan 4 langkah di atas dan memiliki sertifikasi profesi broker Indonesia.

Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar kondisi keuangan pribadi Anda dan bisnis Anda bisa tetap terjaga, selamat membaca.

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tips jual properti dengan harga tinggi dan dijamin cepat laku lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

Jangan lupa bagikan kepada teman-teman Anda yang juga sedang bergumul untuk memulai bisnis properti, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Ingin Menjadi Agen Properti? Berikut Tahapannya. Humanikon.co.id – http://bit.ly/2KarRNE
  • Admin. Menuju Broker Properti Indonesia yang Kompeten dan Profesional. Lspbrokerproperti.com – http://bit.ly/2K9jSQC
  • Admin. Pendaftaran. Lspbrokerproperti.com – http://bit.ly/2ZlldYu

 

Sumber Gambar:

  • Broker Properti – http://bit.ly/2R5eWwM