Tingginya animo masyarakat dalam membeli kupon SBR004 membuat pemerintah semakin semangat menaikkan kuota SBR004 menjadi Rp5 triliun.

Sebelumnya pemerintah hanya menargetkan kupon SBR004 sebesar Rp4 triliun saja. Namun, hingga tulisan ini dibuat kupon tersebut masih laris manis di pasaran.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Tingginya Permintaan Membuat Pemerintah Naikkan Target SBR004

Dalam upaya membangun infrastruktur Indonesia menjadi lebih baik sekaligus membuka ruang investasi bagi investor, pemerintah luncurkan surat utang negara untuk investor ritel.

Di pertengahan 2018, Pemerintah Indonesia mengeluarkan surat utang berupa saving bond retail (SBR) seri SBR004.

Melalui SBR004, pemerintah berharap dapat menarik minat para investor sekaligus ikut dalam pembangunan di Indonesia.

Harapan tersebut ternyata disambut baik olah para investor. SBR004 diminati dan laku di pasar hingga terhitung selalu mengalami peningkatan. Berdasarkan data di laman Investree.id, penjualan SBR004 telah menyentuh angka Rp3,29 triliun.

Angka tersebut mengalami peningkatan 300 miliar dibandingkan sehari sebelumnya. Peningkatan tersebut diprediksi akan terus terjadi dan belum akan mengalami penurunan dalam waktu dekat.

Pembukaan Masa Penawaran (Launching) SBR Seri SBR300 di Jakarta, Senin (14/5/2018).

[Baca Juga: Ingin Investasi Obligasi? Ketahuilah Cara Membeli Obligasi]

 

Melihat peluang tersebut, pemerintah kemudian menetapkan target penerbitan SBR004 menjadi Rp5 triliun. Naik Rp1 triliun yang semula hanya ditetapkan sebesar Rp4 triliun.

Dengan demikian, SBR004 bisa menyerap lebih banyak investor karena masih memiliki alokasi dana sekitar Rp1,7 triliun. Meski sudah naik secara drastis, angka Rp5 triliun bukan merupakan target akhir pemerintah.

Seperti dikutip dari laman BisnisIndonesia.com, Schneider C.H. Siahaan selaku Direktur Strategi dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan mengakui bahwa peningkatan target SBR004 masih terbuka.

“Target persisnya memang terbuka untuk dinaikkan, tergantung demand investor juga.”

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

 

Keuntungan SBR004 yang Menggiurkan

Terus meningkatnya animo investor terhadap SBR004 ditengarai karena semakin dikenalnya instrumen SBR. Selain itu, pembelian via online juga dianggap mempermudah transaksi.

Namun, bisa dibilang daya tawar utama dari SBR004 terletak pada besaran kupon yang ditawarkan, yaitu 8,05%. Angka tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan deposito maupun instrumen sukuk ritel.

SBR004 nyatanya tak sekadar memiliki nilai tinggi, namun juga memungkinkan untuk bertambah. Bila BI 7 Days Repo Rate yang dijadikan suku bunga acuan mengalami kenaikan, maka angka kupon investasi SBR004 juga bisa terkerek naik.

Antusiasme Terus Melonjak, Target SBR004 Dinaikkan 1 Finansialku

[Baca Juga: SBR004 Ladang Keuntungan Baru Bagi Investor]

 

Keuntungan yang ditawarkan SBR004 ini memang terbilang menggiurkan, sehingga wajar saja bila para investor tertarik dan berbondong-bondong membeli kupon.

Dari segi periode, SBR004 hanya memerlukan waktu dua tahun saja. Bahkan terdapat fasilitas early redemption pada instrumen satu ini.

Fasilitas ini memungkinkan investor untuk menarik sebagian pelunasan pokok SBR004 sebelum jatuh tempo.

Sementara dari segi keamanan, SBR004 dapat dijamin keamanannya. Hal ini dikarenakan berinvestasi SBR004 sudah dijamin melalui UU Nomor 19 Tahun 2008. Sehingga risiko gagal bayar tidak akan terjadi.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Bila Anda tertarik untuk berinvestasi melalui SBR004, waktu yang tersedia masih cukup panjang. Penutupan rencananya akan dilakukan pada Kamis (13/9) mendatang.

Artinya, masih tersisa banyak waktu jika memang Anda tertarik menginvestasikan dana yang ada melalui SBR004.

Tidak perlu khawatir kehabisan kuota, karena banyak pihak yang memperkirakan bahwa pemerintah akan menaikkan kuota bila permintaan masih tinggi.

Seperti yang diwartakan BisnisIndonesia.com, Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Indonesia Ramdhan Ario Maruto menyatakan, peluang kenaikan target SBR004 masih terbuka lebar, bahkan kenaikan bisa mencapai Rp2 triliun hingga menyentuh total Rp7 triliun.

“Saya kira pemerintah mungkin akan upsize target penerbitannya karena kondisi pasar sangat memungkinkan.”

 

Apakah Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini? Jangan ragu untuk membagikan pada teman Anda. Agar semua orang bisa mendapatkan manfaat dan merasakan keuntungannya.

 

Sumber Referensi

  • Emmanuel Caesario. 31 Agustus 2018. Pemerintah Naikkan Target SBR004 Jadi Rp5 Triliun. Bisnisindonesia.com – https://goo.gl/Bve33r

 

Sumber Gambar:

  • SBR004 – https://goo.gl/2ufTw6
  • SBR004 2 – https://goo.gl/d2NCxo
Summary
Antusiasme Terus Melonjak, Target SBR004 Dinaikkan
Article Name
Antusiasme Terus Melonjak, Target SBR004 Dinaikkan
Description
Tingginya animo masyarakat dalam membeli kupon SBR004 membuat pemerintah semakin semangat menaikan kuota SBR004 menjadi Rp5 triliun.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo