Apa itu Head Hunter? Dan Bagaimana Cara agar Saya Dikenal oleh Head Hunter?

Apa itu Head Hunter? Ketahui perbedaannya dengan rekruter!

Dapatkan tips agar Anda segera mendapatkan pekerjaan dan dikenali oleh Head Hunter.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rekruter

Rekruter biasanya bekerja pada sebuah perusahaan untuk mencarikan karyawan yang tepat bagi setiap posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Rekruter bisa saja seseorang yang bekerja di perusahaan itu, termasuk menerima gaji bulanan dan fasilitas dari perusahaan tersebut. Namun ada juga rekruter yang mendirikan usaha mereka sendiri dan menyediakan layanan rekruter.

Cara rekruter untuk mencari kandidat lebih umum.

Misalnya, dengan mem-posting iklan lowongan di situs pencarian kerja. Proses yang dilakukan juga seperti proses rekrutmen pada umumnya. Seperti melakukan prescreen dan juga meng-interview kandidat satu per satu hingga menemukan kandidat yang tepat.

Apa itu Head Hunter Dan Bagaimana Cara agar Saya Dikenal oleh Head Hunter 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa Mempercepat Pengembangan Karier dengan Jasa Head Hunter Indonesia]

 

Rekruter cenderung lebih proaktif untuk mencari tahu keahlian dan juga kemampuan yang dimiliki oleh kandidat karyawan.

Namun, ada juga beberapa rekruter yang mencari kandidat menggunakan bantuan dari screening system untuk menemukan kandidat yang tepat.

 

Head Hunter

Head hunter adalah seseorang yang diminta oleh perusahaan untuk mencari kandidat yang cocok mengisi posisi tertentu dengan keahlian tertentu. Biasanya untuk keahlian dan latar belakang yang sulit ditemukan.

Head hunter biasanya bekerja pada sebuah agen perusahaan atau berdiri sendiri sebagai consultant. Mereka akan mendapatkan bayaran untuk setiap kasus yang diterimanya.

Jadi, head hunter ini tidak hanya menerima pendapatan dari satu perusahaan saja, tapi dari setiap perusahaan yang menggunakan jasanya. Biasanya orang yang menjadi head hunter mencari kandidat dengan posisi dan kualifikasi yang lebih spesifik.

Dalam mencari kandidat, head hunter lebih aktif dan juga agresif dalam mendekati kandidat yang diincarnya. Biasanya karena kandidat yang mereka incar adalah top management, sehingga cara pendekatannya pun berbeda.

Apabila kandidat yang diincar itu statusnya masih sedang bekerja, maka akan lebih menarik lagi bagi head hunter untuk bisa membajaknya ke perusahaan lain.

 

Sulitnya Mencari Pekerjaan

Zaman ini, cukup sulit untuk mencari pekerjaan, terutama pekerjaan yang sesuai dengan bidang kemampuan kita.

Beruntung kini dengan adanya perkembangan dunia teknologi informasi melalui internet membuat adanya berbagai platform yang memudahkan para pencari lowongan kerja untuk mencari perusahaan yang sesuai dengan bidang mereka.

Selain itu, perusahaan dan juga agen pencari kerja bisa dengan mudah mencari para kandidat pekerja yang sesuai dengan posisi dalam sebuah perusahaan.

Namun, Anda sebagai calon pekerja, tetap saja tidak boleh bersantai dan menunggu para agen lowongan kerja mencari Anda.

Bro, Sis! Ini 5 Cara Tingkatkan Kredibilitas Meskipun Pengalaman Kerja Masih Minim! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Waspada Tentang 6 Hal ini Agar Tetap Semangat Kerja Di Perusahaan]

 

Anda bisa memasarkan diri Anda melalui berbagai platform pencari kerja dan buatlah resume terbaik Anda agar Anda dapat dicari oleh agen pencari kerja.

Buatlah resume yang terbaik karena mereka hanya mencari yang terbaik!

Silakan download contoh resume atau daftar riwayat hidup secara gratis.

Gratis Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

[[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field10"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field11"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field12"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field13"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field14"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field16"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Ibu Rumah Tangga"]],[["show_fields","field17"]],"and"]]
1 Step 1
namatrue
Telepon
Kotatrue
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Previous
Next

 

Berikut adalah beberapa saran dan poin penting yang perlu diingat saat bekerja dengan perekrut. Bangun dan jalinlah hubungan yang jujur ​​dan profesional dengan perekrut kerja.

  1. Para rekruter bekerja untuk klien mereka, bukan untuk Anda. Mereka tidak mencarikan pekerjaan untuk orang-orang, tapi mereka mencari orang yang tepat untuk pekerjaan tertentu.
  2. Carilah rekruter yang mencari pekerja dengan pengalaman dan juga latar belakang pendidikan Anda.
  3. Jangan pernah membayar rekruter, mereka mendapatkan bayaran dari perusahaan yang mengontrak jasa mereka.
  4. Jika resume Anda tidak masuk dalam daftar “kandidat terbaik”, maka rekruter akan mengesampingkan resume.
  5. Para rekruter biasanya lebih memilih bekerja dengan mereka yang masih berstatus “pekerja”, bukan pengangguran, jika memungkinkan, Anda perlu melakukan pencarian rekruter saat masih menjadi “pekerja” atau dengan segera mencari rekruter saat Anda baru saja berstatus “pengangguran”.

 

5 Hal yang Dapat Anda Lakukan agar Dikenal oleh Head Hunter

Ada 5 hal yang dapat Anda lakukan agar dikenal oleh head hunter, yaitu:

 

#1 Terkoneksi dengan Media Sosial Pencari Kerja

Anda tentu sudah tahu jejaring sosial LinkedIn yang sangat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan mereka.

Buat akun Anda segera dan masukkan setiap informasi penting tentang diri Anda secara profesional terutama setiap keahlian, kualifikasi dan juga latar belakang pendidikan Anda.

 

#2 Buat Resume yang Menarik

Ingin segera dikenal dan dihubungi oleh perekrut kerja? Buatlah resume yang menarik yang sesuai dengan fokus bidang pekerjaan dan keahlian Anda.

Para rekruter dan juga head hunter akan lebih mengedepankan para kandidat yang memiliki kemampuan terbaik di bidangnya.

Jadi, buatlah resume yang terbaik dan miliki kemampuan terbaik.

 

#3 Networking

Forbes merekomendasikan networking sebagai fondasi jangka panjang yang sangat bernilai bagi hubungan profesional.

Memang ketika Anda menghadiri sebuah event networking dan meng-update media sosial, Anda tidak langsung mendapatkan pekerjaan saat itu juga, namun berhubungan dengan para profesional yang ada di industri Anda dapat membantu Anda untuk membuka peluang di masa yang akan datang.

Manfaat Penggunaan Media Sosial untuk Karier Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Manfaat Penggunaan Media Sosial untuk Karier Anda]

 

Anda juga dapat belajar dari beberapa orang yang berhubungan dengan Anda dan berbagi pengalaman dengan mereka dan mendapatkan nasihat karier dari mereka.

 

#4 Ambil Kursus

Jika Anda berminat pada satu bidang pekerjaan dan Anda belum mendapat panggilan pekerjaan, ada baiknya Anda mengambil kursus tambahan untuk menambah skill, pengalaman dan pengetahuan Anda di bidang yang Anda geluti.

 

Jika Anda ingin menambah pengetahuan dalam pengelolaan keuangan secara pribadi dan mendapatkan arahan secara khusus, daftarkan diri Anda untuk Kursus Online bersama Finansialku.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#5 Perbaiki dan Perbaharui Resume

Jika Anda masih belum mendapatkan panggilan pekerjaan dan Anda mendapatkan pengalaman atau pendidikan terbaru seperti menambah gelar sarjana, Anda bisa menambahkan dan juga memperbaharui resume yang telah Anda upload ke jejaring sosial pencari kerja.

 

Do The Best You Can Do – Lakukan yang Terbaik

“Have patience. All things are difficult before they become easy.” (Saadi, Penyair Iran)

 

“Bersabarlah. Segala sesuatu pada awalnya terasa sulit sebelum mereka menjadi begitu mudah.”

Apakah Anda berminat ingin menambah pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan?

Tahukah Anda, menambah pemasukan dengan cara menambah gaji bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan.

Ada banyak cara lain yang dapat Anda lakukan sehingga Anda bisa memaksimalkan penghasilan Anda, antara lain dengan cara mengelola keuangan, merencanakan keuangan dan berinvestasi.

Ingin merencanakan keuangan dengan lebih baik dan mudah? Gunakan saja Aplikasi Finansialku yang akan menolong Anda dalam mencatat keuangan harian Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Blog Karier. 6 Juli 2015. Apa Itu Headhunter & Apa Saja Ciri Headhunter yang Bisa Dipercaya? Karir.com – https://goo.gl/VPKbnz
  • Alison Doyle. 21 September 2017. Learn How to Select an Employment Agency or Headhunter. Thebalance.com – https://goo.gl/wQn9A7
  • Chris Taylor. This Is How You Get on a Headhunter’s Radar (and Find Awesome Jobs). Themuse.com – https://goo.gl/dA46Wp
  • Robert Half. 20 April 2017. Find Me a Job! How a Recruiting Agency Can Help. Roberthalf.com – https://goo.gl/kBcZAx
  • Career Thinker. The Job Seeker and the Recruiter. Careerthinker.com – https://goo.gl/CwEPnJ

 

Sumber Gambar:

  • Apa itu Head Hunter 1 – https://goo.gl/26Ph53
  • Apa itu Head Hunter 2 – https://goo.gl/WsuZUK

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By |2017-12-29T15:21:18+00:00December 19th, 2017|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , , , , |0 Comments
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment