Apakah Bisa Mempercepat Pengembangan Karier dengan Jasa Head Hunter Indonesia

Pernahkah Anda mengenal istilah Head Hunter Indonesia?

Kenali apa itu head hunter dan apa fungsinya sehingga bisa mempercepat pengembangan karier melalui rubrik berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Head Hunter

Apa itu head hunter?

Head hunter adalah para rekruter yang mencarikan calon atau kandidat pekerja bagi perusahaan-perusahaan untuk mengisi berbagai posisi penting atau posisi kunci yang lowong di perusahaan tersebut.

Head hunter bekerja dengan sistem komisi. Untuk mencarikan eksekutif level senior, umumnya komisinya sebesar 23% hingga 30% dari gaji setahun kandidat yang berhasil direkrut.

Misalnya, gaji kandidat tersebut sebesar Rp100.000.000 per tahun, maka komisi yang diterima sekitar Rp23.000.000 hingga Rp30.000.000.

Yang membayar komisi adalah perusahaan yang bersangkutan, bukan kandidat. Jika Anda adalah seorang kandidat yang direkrut atau dibantu oleh seorang head hunter, Anda tidak perlu membayar sepeser pun kepada head hunter tersebut.

 

Tips Memilih Head Hunter Indonesia

Bagaimana Anda bisa memilih head hunter yang akan bekerja secara efektif untuk Anda?

Jika Anda mencari pekerjaan di industri tertentu, pertimbangkan untuk menggunakan pencari kerja yang bekerja di industri itu.

Jika Anda termasuk dalam asosiasi profesional, mereka mungkin bisa memberikan daftar perekrut.

Apakah Bisa Mempercepat Pengembangan Karier dengan Jasa Head Hunter Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ilmu Dasar Manajemen untuk Karir dan Kesejahteraan Keuangan]

 

Berikut adalah beberapa langkah dalam menilai kualitas sebuah perusahaan head hunter:

 

Langkah 1

Kenali nama dan sejarah perusahaannya. Jangan menerima tawaran jika perusahaan tersebut baru berdiri dan tidak jelas afiliasinya atau profil perusahaannya.

 

Langkah 2

Head hunter tidak akan meminta komisi dari kandidat. Jika head hunter meminta komisi dari Anda, jauhi saja.

Logika berpikir dari poin ini adalah: jika ia mendapatkan komisi dari kandidat, bagaimana ia akan dengan objektif memberikan assessment atau penilaian tentang kandidat?

 

Langkah 3

Uji pengetahuan head hunter yang menghubungi Anda.

Head hunter yang baik harusnya menguasai industri yang menjadi pilihan karier Anda saat ini. Jika ia terdengar atau terlihat tidak memahami industri Anda, anggap saja dia bukan dari perusahaan yang bagus.

Sebagai contoh, jika saat ini Anda sedang berkarier di bank, head hunter yang baik seharusnya mengerti dan paham soal industri perbankan di Indonesia.

ingin-punya-karir-sebagai-konsultan-pajak-ini-dia-7-pilihannya-2-finansialku

[Baca Juga: Para HRD: 8 Alasan Pentingnya Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan di Perusahaan Anda]

 

Anda patut mencurigai kredibilitas perusahaan head hunter jika perusahaan head hunter tersebut berusaha memungut biaya dari Anda.

Oleh karena regulasi layanan rekrutmen bagi korporasi di Indonesia belum paten (bahkan bisa dibilang nyaris tidak ada), perusahaan head hunter abal-abal pun cukup menjamur di Indonesia.

Dengan demikian, Anda perlu berhati-hati jika Anda menjalin hubungan dan bekerja sama dengan perusahaan head hunter, terutama yang masih baru.

Head hunter yang baik dapat menjadi pelatih atau penasihat karier Anda, dan bisa membantu Anda mengembangkan karier ke level berikutnya.

Tidak salah sama sekali jika Anda ingin membangun relasi dengan para head hunter dari awal Anda mulai berkarier.

Dengan menjalin hubungan baik dengan mereka, Anda bisa mendapatkan informasi terkini soal besaran gaji profesional di Indonesia.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

Daftar Head Hunter Indonesia

Beberapa perusahaan head hunter yang sudah memiliki reputasi bagus di antaranya:

  1. Bo Le Associates: Mengerjakan executive search, pencarian kandidat level atas
  2. BRecruit Indonesia: Mengerjakan semua level, umumnya level menengah
  3. Kelly Services: Mengerjakan semua level dan bahkan outsourcing
  4. JAC: Perusahaan Jepang, kebanyakan klien adalah perusahaan Jepang
  5. Recruit: Terbesar di Jepang, kebanyakan kliennya perusahaan Jepang
  6. Robert Walters: Belum lama di Indonesia, namun cukup memiliki reputasi internasional yang baik
  7. Amrop Hever International: Hanya mengerjakan level atas
  8. Boyden International: Hanya mengerjakan level atas
  9. Egon Zehnder: Hanya level CEO

 

Perusahaan head hunter lokal yang bagus di antaranya: Rimbun, Jakarta Consulting Group, Experd, dan lain-lain.

 

3 Cara agar Nama Anda Masuk di Radar Head Hunter

Bekerja sama dengan head hunter akan memberi sejumlah potensi keuntungan.

Yang terpenting, menjadi rekan dari head hunter akan memberi jalan yang jelas bagi Anda untuk bisa mendapatkan perhatian khusus dari manajer perekrutan.

Selain itu, head hunter dapat memberi wawasan tentang apa yang dicari oleh perusahaan, tips untuk lulus wawancara kerja dengan sukses dan bahkan saran mengenai negosiasi gaji.

Seringkali, para head hunter-lah yang akan menemukan Anda. Anda mungkin menerima email atau telepon dimana pun Anda berada.

Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Contoh Soal Psikotes dan Kiat Sukses Hadapi Tes Psikotes Saat Melamar Kerja]

 

Pada kenyataannya, mereka telah melacak Anda dengan cara yang sangat disengaja dan melihat Anda sebagai peluang yang mungkin untuk sebuah kesempatan agar Anda bekerja pada sebuah perusahaan tertentu.

Lantas, bagaimana caranya jika Anda ingin dapat dihubungi oleh head hunter dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan resume dan kualitas kerja Anda?

 

#1 Pastikan Resume Anda termuat Secara Online

Pertama, apakah resume Anda up-to-date? Jika tidak, segera buat resume yang up-to-date dari salah satu artikel Finansialku.

Jika iya, bagikan resume Anda melalui jaringan internet untuk meningkatkan peluang Anda menerima rujukan.

Anda juga dapat download contoh CV yang keren dari Finansialku.

Gratis Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

[[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field10"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field11"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field12"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field13"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field14"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field16"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Ibu Rumah Tangga"]],[["show_fields","field17"]],"and"]]
1 Step 1
namatrue
Telepon
Kotatrue
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Previous
Next

 

Bagaimana dengan media sosial Anda? Pernahkah Anda berpikir untuk membangun situs pribadi (personal web)? Jika belum, Anda bisa meluangkan waktu Anda untuk membuat personal blog.

Selain menempatkan platform media sosial Anda dalam kondisi prima, Anda bisa merancang profil LinkedIn dengan kata kunci yang menarik perhatian sekaligus memaksimalkan pengalaman dan pencapaian Anda.

 

#2 Pilih Head Hunter yang Tepat Untuk Anda

Langkah yang baik untuk menemukan nama agensi head hunter antara lain:

 

Langkah 1

Meminta teman yang pernah mereka tangani di masa lalu atau pelatih karier (career coach) Anda (jika memilikinya).

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi, profesional SDM, mendapatkan rujukan (mereka sering bermitra dengan biro iklan), atau cari ‘perekrut’ atau ‘agen rekrutmen’ melalui LinkedIn atau Google.

 

Langkah 2

Periksa situs agen secara online untuk menemukan informasi penting tentang apakah mereka dapat membantu Anda.

Agen perekrut bukan satu ukuran cocok untuk semua, jadi mulailah dengan meneliti industri dimana lembaga tersebut mengkhususkan diri.

 

Langkah 3

Lihatlah jangkauan geografis mereka. Beberapa bersifat nasional sementara yang lain bersifat regional atau bahkan lokal.

Terakhir, pastikan untuk melihat ke tingkat di mana mereka biasanya menempatkan kandidat (yaitu, temporary, full-time, entry-level atau level direktur).

Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Menghadapi Wawancara Kerja Menggunakan Psikologi. Buktikan!]

 

Begitu Anda menemukan agen yang sesuai dengan industri, lokasi, dan tingkat Anda, segera ambil kesempatan ini.

Biasanya para head hunter ini akan sangat aktif di jejaring sosial LinkedIn, oleh sebab itu sangat disarankan bagi Anda untuk lebih intens dalam mengakses jejaring sosial ini.

Anda bisa mengirim pesan atau email LinkedIn (Anda biasanya dapat menemukan alamat email di situs agensi).

Atau, pilihan lain untuk diketahui adalah bahwa banyak agen memiliki area bagi pencari kerja untuk mengunggah “resume untuk dipertimbangkan”. Langkah ini membawa Anda ke dalam sistem manajemen pencari kandidat perusahaan.

 

#3 Tahap Follow Up

Tetapkan pengingat pada kalender Anda (reminder) untuk menjalin koneksi dengan head hunter secara teratur.

Seorang head hunter mungkin berurusan dengan ratusan kandidat yang tersebar di sejumlah area bidang pekerjaan dan tujuan Anda adalah memastikan Anda tetap memiliki koneksi dengan head hunter yang tepat.

Trik yang selalu jitu untuk terus memiliki koneksi yang baik dengan head hunter adalah dengan mempunyai kemurahan hati.

 

Tujuan Pengembangan Karier

Apa tujuan utama Anda saat mengembangkan karier?

Apakah Anda ingin menambah jumlah gaji Anda di rekening pribadi?

Tahukah Anda bahwa menambah pemasukan melalui gaji bukanlah satu-satunya cara. Uang dan kekayaan bisa saja habis, seberapapun besarnya gaji kita.

Namun, dengan pengelolaan keuangan yang baik perencanaan keuangan yang terstruktur dan juga berinvestasi dengan cara yang benar, akan membuat kehidupan finansial kita lebih terkendali dan tentu saja membawa kepada kesejahteraan hidup.

 

Jika Anda belum memiliki perencanaan keuangan yang tepat, segera download:

 

Jika Anda membutuhkan panduan melalui kursus online keuangan pribadi, Anda bisa menghubungi Finansialku.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Bog Karier. 6 Juli 2015. Apa Itu Headhunter & Apa Saja Ciri Headhunter yang Bisa Dipercaya? Karir.com – https://goo.gl/VPKbnz
  • Alison Doyle. 21 September 2017. Learn How to Select an Employment Agency or Headhunter. Thebalance.com – https://goo.gl/wQn9A7
  • Chris Taylor. This Is How You Get on a Headhunter’s Radar (and Find Awesome Jobs). Thebalance.com – https://goo.gl/dA46Wp

 

Sumber Gambar:

  • Head Hunter 1 – https://goo.gl/RTFNAm
  • Head Hunter 2 – https://goo.gl/3iB8Gw

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-12-29T15:04:02+00:00 December 14th, 2017|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , , , , |0 Comments
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment