Mahasiswa umumnya menjalani masa kuliah dengan dana yang terbatas. Tak jarang mahasiswa harus berhemat untuk biaya hidup dan biaya kuliah. Biasanya, mahasiswa masih bergantung pada orangtua, namun seringkali orangtua pun kesulitan membiayai biaya kuliah buah hatinya. Bagaimana solusinya? Mari kita lihat bersama bagaimana KTA dapat membantu mahasiswa menjalankan studinya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pendidikan Penting Bagi Masa Depan Anda

Pendidikan merupakan suatu hal yang kadang masih diremehkan, dengan asumsi pendidikan belum tentu menjamin masa depan. Namun pendidikan ternyata sangat berpengaruh terhadap masa depan Anda. Oleh karena itu, pemerintah sangat mengupayakan pendidikan di Indonesia. Salah satu cara yang ditempuh pemerintah adalah dengan dicanangkannya UU Pendidikan Tinggi No. 12 Tahun 2012. Undang-undang tersebut, khususnya Pasal 76, membantu masyarakat untuk menjalani pendidikannya melalui tiga bantuan dana, yaitu:

  1. Beasiswa
  2. Bebas biaya pendidikan
  3. Pinjaman tanpa bunga yang dapat dikembalikan setelah menyelesaikan pendidikan

Namun, UU ini masih belum terealisasi hingga kini akibat kendala perencanaan teknisnya. Kemudian apakah solusi lain bagi mahasiswa agar pendidikan tetap diutamakan? Finansialku akan membantu merencanakan pendidikan Anda dengan biaya yang minimal.

Apakah Berisiko, Mahasiswa Mengajukan KTA untuk Modal Kuliah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa, Mahasiwa Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) bagi Mahasiswa

Dengan terkendalanya program pemerintah untuk memberi bantuan finansial demi pendidikan mahasiswa, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menawarkan alternatif solusi bagi Anda. BRI menawarkan KTA dengan bunga yang tergolong rendah (5%) bagi Anda, mahasiswa yang membutuhkan pinjaman untuk dana pendidikan. Selain itu, KTA yang ditawarkan cukup beragam, baik bagi mahasiswa ataupun orangtuanya. BRI juga bekerja sama dengan universitas, sebagai contoh dengan Universitas Satria Makassar yang dikelola oleh Yayasan Mochammad Natzir Said untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam mengambil KTA demi mendukung pendidikannya.

 

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan (KTA) bagi Mahasiswa

Produk KTA bagi mahasiswa sebenarnya berisiko tinggi bagi pihak bank, karena banyak mahasiswa yang belum tentu memiliki pendapatan tetap setiap bulannya setelah menyelesaikan studinya. Namun dengan besarnya permintaan akan pinjaman atau kredit ini, pihak bank tetap berusaha untuk memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai keuntungan, antara lain:

  1. Jumlah pinjaman tunai yang dapat dipinjam tidak terbatas
  2. Persyaratan mudah dan tidak membutuhkan jaminan
  3. Disediakan KTA mahasiswa yang mudah dengan cicilan tetap dengan bunga rendah yang terjangkau
  4. Fasilitas yang disediakan beragam, termasuk transfer antar bank

Mindset yang Benar untuk Mengelola Keuangan Rumah Tangga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Praktekkan! 5 Tips Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa Kos]

 

Syarat Mengajukan KTA bagi Mahasiswa

Untuk memudahkan mahasiswa, persyaratan yang dibutuhkan dalam mengajukan KTA ini juga relatif mudah, yaitu:

  1. Wajib menyediakan fotokopi kartu mahasiswa atau surat keterangan sebagai mahasiswa dari fakultas atau universitas terkait.
  2. Menyediakan fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, dan fotokopi surat nikah apabila sudah berkeluarga.
  3. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia
  4. Usia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun pada saat melunasi kredit.

Para Mahasiswa, Enggan Berinvestasi karena Takut Judi Ketahui Dulu Fakta-Fakta Ini! 1 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Enggan Berinvestasi karena Takut Judi? Ketahui Dulu Fakta-Fakta Ini!]

 

Alternatif Solusi dalam Menyiapkan Biaya Pendidikan

Walaupun tersedia KTA bagi mahasiswa, perlu diingat bahwa KTA tetap memiliki beberapa risiko, antara lain kesulitan membayar cicilan setiap bulannya. Dengan demikian, perlu dipikirkan beberapa alternatif lain dalam menyiapkan biaya pendidikan, antara lain adalah memulai perencanaan dana pendidikan dari orangtuanya yaitu dengan investasi dana pendidikan bagi buah hati sejak awal. Orangtua dapat memulai berinvestasi sejak anak lahir untuk menyiapkan dana pendidikannya. Sehingga saat si kecil telah siap menjalani pendidikannya, dana telah tersedia tanpa memerlukan pinjaman dari bank.

Selain itu, dapat juga menggunakan tabungan pendidikan, selain mengumpulkan dana, anak diajak berpartisipasi secara aktif untuk menabung demi masa depannya. Semakin awal biaya pendidikan disiapkan, maka semakin besar dana yang terkumpul, sehingga kemungkinan besar Anda tidak perlu mengajukan pinjaman ke bank.

Solusi selanjutnya yang dapat ditempuh adalah dari inisiatif mahasiswa sendiri. Selain mengandalkan bantuan dari orangtua, mahasiswa dapat memanfaatkan kreativitasnya untuk mencari penghasilan sendiri. Dengan demikian, mahasiswa dapat memperoleh penghasilan tambahan untuk meringankan biaya pendidikannya.

Pada jaman modern ini, banyak alternatif usaha yang dapat dipilih oleh mahasiswa, antara lain bisnis online menggunakan berbagai media sosial yang berkembang pesat saat ini, bisnis kuliner kecil-kecilan di sekitar kampus, atau jasa penerjemah atau menggambar yang terkadang dicari mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi.

KUR untuk UKM Online di Indonesia (Infografis) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Solusi Mengurus Keuangan untuk Owner Online Shop yang Uang Pribadi dan Bisnis Kecampur]

 

Gunakan KTA Secara Bijak

Berbagai bank menawarkan KTA yang cukup menarik bagi Anda, salah satunya adalah BRI yang menawarkan KTA baik bagi orangtua maupun mahasiswa. Namun, sebelum mengajukan KTA, baik untuk keperluan dana pendidikan maupun keperluan lainnya, perlu diingat bahwa pinjaman bukan satu-satunya solusi. Jika Anda masih memiliki waktu untuk menyiapkan dana pendidikan, Anda juga dapat mencoba alternatif lainnya dalam menyiapkan dana pendidikan. Gunakan KTA secara bijak dan persiapkan rencana untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Jika Anda masih bingung, hubungi perencana keuangan Finansialku, dan kami siap membantu Anda mengatasi kendala dana pendidikan Anda.

 

Apakah KTA aman digunakan untuk modal kuliah? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Boby Chandro Oktavianus. 20 September 2016. Mengajukan KTA Ternyata Menguntungkan bagi Mahasiswa. Cermati.com – https://goo.gl/RmqGqB

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa – https://goo.gl/47jZIf
  • Mahasiswa di Kelas – https://goo.gl/ugKXB8

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang