Apakah pendidikan formal sangat penting untuk dianyam di usia 20 tahun? Bagaimana jika seseorang kembali menimba ilmu pendidikan dalam lingkup perguruan tinggi saat berada di usia 20 tahun? Kali ini Finansialku akan membahas apakah seharusnya anda kembali disaat usia 20 tahun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Planner

 

Usia 20 Tahun

Saat berada pada usia 20 tahun, seseorang akan memiliki produktivitas sangat tinggi. Karena, usia 20 tahun adalah akhir masa remaja. Seseorang tidak akan bertumbuh lagi pada usia 21 tahun. Jadi, secara teoritis pertumbuhan dan perkembangan masih terjadi saat berusia 20 tahun.

Selain kondisi fisik yang prima, masih banyak pula waktu luang yang dimiliki Anda yang berusia 20 tahunan. Berbagai ide, keinginan dan mimpi-mimpi besar masih belum terlambat untuk diwujudkan dalam berbagai bentuk. Oleh karena itu, tidak heran bahwa orang yang sedang menginjak usia awal 20 tahunan akan menjadi lebih idealis.

Termasuk juga dari segi pendidikan. Pendidikan tinggi umumnya ditempuh oleh orang-orang yang berada pada usia 20 tahunan. Di perguruan tinggi, banyak mahasiswa yang menghabiskan bertahun-tahun dalam usia produktifnya untuk mengejar gelar sarjana. Tidak sedikit pula yang akhirnya gagal karena terkena sistem drop out atau melampaui batas jangka waktu perkuliahan akibat tersandung skripsi macet.

Ditambah lagi, biaya pendidikan tinggi yang semakin menjulang ke langit. Dengan sistem pembayaran sangat tinggi, tentunya pendidikan tinggi tidak bisa diakomodasi oleh calon mahasiswa dari kalangan menengah ke bawah. Jikalau ada beasiswa pun, jumlahnya masih sangat terbatas dibandingkan dengan calon mahasiswa yang membutuhkan.

Apakah Seharusnya Anda Kembali Disaat Usia 20 Tahun - Finansialku

[Baca Juga: Negara Mana yang Memiliki Biaya Pendidikan Termurah?]

 

Jadi, apakah dengan fakta di atas Anda tetap perlu mengenyam pendidikan formal dalam kemasan perguruan tinggi? Jawabannya sungguh relatif. Apabila ingin bekerja dengan asumsi bahwa pendidikan Anda sudah cukup, hal ini bisa diterima. Atau tetap melanjutkan pendidikan tinggi? Itupun tidak salah.

 

Hal-hal Penting yang Harus dilakukan Pada Usia 20 Tahun

Meskipun tidak mengenyam bangku kuliah, banyak orang-orang yang menjadi sukses karena langkah besar untuk bekerja di usia 20 tahun. Sebenarnya, kesuksesan dimulai bukan karena seseorang memilih untuk berkuliah atau tidak. Karena, universitas hanyalah lembaga pendidikan formal untuk mewadahi Anda yang ingin belajar lebih tentang beberapa jurusan.

Kalau begitu, apakah kuliah tidak berguna? Tentu saja pemikiran ini salah. Pendidikan tinggi diperlukan untuk membantu Anda menemukan jati diri. Untuk beberapa orang yang sudah bisa memetakan kemampuan dan cita-citanya, bangku kuliah harus ditempuh sebagai langkah mencapai asa.

Begitu pula bagi yang masih tidak tahu akan jadi apa kelak. Saat kuliah, Anda bisa mencari tahu bagaimana Anda memikirkan sebuah jurusan yang diambil saat ini. Seperti bagaimana para mahasiswa teknik mengambil langkah besar dalam Film “3 Idiots”.

Ingin Melanjutkan Pendidikan S2 ke Eropa? Begini Cara Merencanakan Dananya - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melanjutkan Pendidikan S2 ke Eropa? Begini Cara Merencanakan Dananya]

 

Oleh karena itu, orang-orang yang secara mantap memilih untuk berkuliah atau tidak tetap pantas dihargai. Selama pemikiran tersebut berdasar dan bisa dipertanggungjawabkan, maka sebenarnya tidak ada masalah. Tinggal bagaimana menyesuaikannya dengan lapangan kerja yang tersedia di sekitar diri.

 

Kembali Belajar Saat Usia 20 Tahun

Lalu, apa saja yang menjadi pertimbangan jika seseorang ingin melanjutkan pendidikan tinggi pada usia 20 tahun atau tidak. Anda bisa membaca beberapa pertimbangan berikut sebagai wacana tambahan dalam memikirkan kembali, kemana langkah yang akan diambil selanjutnya.

 

Pertimbangan 1: Usia Kerja

Tidak bisa dipungkiri bahwa 20 tahun memang usia yang sangat muda untuk bekerja. Banyak orang tidak percaya dengan kinerja Anda saat baru memasuki usia 20 tahun. Terutama pekerjaan di dunia pendidikan, bisnis dan pemesinan, umumnya semakin senior usia seorang pekerja, maka semakin senior pula pengalamannya.

Salah satu pertimbangan memasuki bangku kuliah saat usia 20 tahun adalah untuk mematangkan usia dengan cara yang sangat bermanfaat. Karena pekerjaan-pekerjaan yang “mapan” biasanya membutuhkan gelar tinggi dan tidak percaya Anda yang baru 20 tahun dengan ijazah SMA, maka pendidikan tinggi sangat penting.

Tips Sukses, Mahasiswa yang Menjadi Karyawan Magang di Perusahaan - Finansialku

[Baca Juga: Tips Sukses, Mahasiswa yang Menjadi Karyawan Magang di Perusahaan]

 

Pertimbangan 2: Sisi Finansial

Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diusung beberapa universitas negeri membuat biaya pendidikan tinggi semakin melambung. Bahkan untuk orangtua yang berkecukupan pun, harga UKT masih dirasa cukup berat. Pada akhirnya, banyak orangtua yang harus melarang anaknya menjadi seorang mahasiswa karena beban ekonomi.

Untuk Anda yang mengalami masalah ini, jangan terbawa kesedihan terlalu dalam. Bagaimanapun juga, biaya perkuliahan memang mahal. Disisi lain, tidak semua sarjana bekerja sesuai dengan harapan setelah lulus. Banyak dari alumni universitas ternama yang mendapatkan pekerjaan biasa saja atau bahkan di bawah harapan. Dalam artian, kualifikasi yang dibutuhkan pekerjaan tersebut bisa diisi oleh lulusan SMA.

Pertimbangan 3: Menginvestasikan Diri

Dalam dunia kerja, atau dilihat dari kacamata ekonomi, berkuliah merupakan salah satu investasi diri karena bisa meningkatkan skill serta kemampuan nalar. Oleh karena itu, berkuliah bisa dianggap penting dan bermanfaat. Meskipun demikian, perlu digarisbawahi jika investasi diri tidak hanya bisa diperoleh dari perkuliahan. Kursus, les, seminar, dan berbagai pelatihan juga bisa menambah poin Anda sebagai pekerja atau wirausahawan masa kini.

Apakah Mahasiswa Perlu Bimbingan Karier ? Apa Alasannya - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mahasiswa Perlu Bimbingan Karier ? Apa Alasannya?]

 

Kembali Disaat Usia 20 Tahun

Jika Anda yang masih di usia sebelum 20 tahun, ada perlu mempertimbangkan pendidikan setelah SMA sebagai modal utama Anda bekerja. Zaman ini, sudah banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan pendidikan S1 sebagai syarat untuk bekerja. Jika Anda yang sudah lewat usia 20 tahun, Anda masih tetap belajar baik formal maupun informal. Ada beberapa lembaga yang mau menerima Anda sebagai murid untuk menimba ilmu yang sangat penting untuk kehidupan.

 

Apakah Anda akan mengenyam pendidikan tinggi di usia 20 tahun? Mengapa demikian? Uraikan penjelasan Anda secara terperinci dengan melakukan pembicaraan ringan bersama orangorang yang memiliki keinginan yang sama, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Martin. Should You Go Back to School in Your 20s? You’ll Know After Reading This. Studenomics.com – https://goo.gl/5OKBoq

 

Sumber Gambar:

  • Learn and Earn – https://goo.gl/nlaCLP
  • University – https://goo.gl/Y1WHRp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang