Pernahkah menghitung berapa banyak momen yang Anda lewati dalam hidup? Apakah Anda sudah memiliki apresiasi hidup?

Apakah Anda menyadari bahwa setiap momen tersebut adalah momen yang tidak dapat diulangi lagi? Ada banyak momen yang telah Anda lewati dan banyak di antaranya yang layak Anda apresiasi agar bisa semakin menikmati hidup.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Momen Dalam Hidup

Sepanjang hidup, Anda tentu sudah melewati berbagai momen baik yang menyedihkan maupun menyenangkan.

Saat Anda melewati momen bahagia, Anda mungkin ingin waktu berjalan lebih lambat atau bahkan berhenti agar Anda bisa menikmati momen tersebut lebih lama lagi.

Atau pada saat Anda mengalami momen yang menyedihkan, rasanya Anda ingin waktu cepat berlalu supaya momen tersebut bisa segera terlewatkan.

Seringkali, momen-momen tersebut tidak dapat Anda lewati dua kali. Karena itu, untuk bisa merasakan bahagia yang sebenarnya, ada momen-momen yang perlu Anda nikmati sebagai bentuk apresiasi hidup.

Berikut ini adalah momen-momen yang perlu Anda apresiasi:

Apresiasi Hidup 02 Apresiasi Hidup 2 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Hidup Mencerminkan Siapakah Diri Anda! Mari Mengatur Gaya Hidup]

 

#1 Momen Tertawa Bersama Orang Tersayang

Tertawa bisa menjadi hal yang semakin sulit dilakukan ketika usia Anda semakin bertambah.

Entah karena tekanan hidup yang semakin banyak atau hal-hal lain yang dilewati oleh orang-orang seiring semakin banyaknya waktu yang mereka lewati.

Pada masa-masa tersebut, momen tertawa bersama orang-orang yang Anda sayangi bisa menjadi kenangan yang sangat indah dan berharga.

Karena itu, jika saat ini Anda masih diberi kesempatan untuk bisa sering tertawa bersama orang-orang yang Anda cintai, manfaatkan waktu tersebut dengan baik agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Momen Perayaan

Hari-hari besar atau hari raya seringkali menjadi waktu bersama orang-orang terkasih. Entah itu keluarga, sahabat, atau pasangan. Ada banyak momen perayaan yang bisa Anda lewati bersama mereka.

Misalnya momen hari raya keagamaan, momen ulang tahun, momen tahun baru, dan lain sebagainya.

Momen perayaan ini memang seringkali berulang setiap tahunnya. Tapi pernahkah Anda terpikir bahwa bisa jadi momen perayaan tahun ini adalah momen terakhir yang bisa Anda lewati bersamanya.

Siapa yang tahu apakah tahun berikutnya Anda masih bisa berkumpul dengan orang yang Anda kasihi atau tidak.

Karena itu, cobalah untuk lebih menikmati momen-momen perayaan seperti ini meski bisa jadi Anda adalah orang yang tidak terlalu suka keramaian. Bisa jadi momen ini adalah momen terakhir yang akan Anda lewati bersamanya.

Apresiasi Hidup 03 Apresiasi Hidup 3 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Prinsip Hidup Orang Sukses Dalam Membangun Bisnis]

 

#3 Momen Relaksasi Diri

Ada banyak hal dalam hidup yang mungkin akan membuat Anda merasa jenuh atau lelah. Atau ada waktu dimana kesibukan pekerjaan atau hal-hal lainnya susul menyusul menunggu untuk dikerjakan.

Pada saat-saat seperti itu, Anda butuh waktu untuk menepi sejenak dan melakukan relaksasi diri agar pikiran kembali jernih. Lakukan relaksasi untuk mengistirahatkan pikiran dan jiwa Anda agar siap kembali menghadapi hidup.

Ketika melakukan relaksasi, jangan lupa untuk menikmati momen tersebut. Pikirkan sesuatu dan renungkanlah hal-hal yang dapat membantu Anda merasa nyaman.

Cara ini dapat membantu Anda lebih mampu mengapresiasi hidup yang sudah Anda jalani dan lebih siap menyambut tantangan baru yang akan Anda hadapi di depan.

Apresiasi Hidup 04 Apresiasi Hidup 4 - Finansialku

[Baca Juga: YOLO! You Only Live Once, Bagaimana Cara Menikmati Hidup dan Menggunakan Uang]

 

#4 Momen Ketika Anda Merasa Bangga

Beberapa kali dalam hidup, Anda pasti pernah berada dalam suatu acara atau perayaan yang membuat Anda merasa bangga. Suatu euphoria yang membuat Anda merasa begitu luar biasa.

Apalagi jika kebanggaan itu Anda raih untuk seseorang yang Anda cintai. Perasaan tersebut pasti akan semakin luar biasa. Rasa bangga, bahagia, haru, tidak disangka-sangka, dan perasaan lainnya pasti akan menyelimuti Anda.

Apalagi jika apa yang Anda dapatkan adalah sesuatu yang Anda dapatkan dengan usaha keras dan doa yang tidak pernah putus.

Nikmati momen tersebut dan ingat-ingatlah bagaimana perasaan Anda pada saat tersebut. Dan bayangkan bagaimana perasaan orang yang berharga bagi Anda saat Anda berhasil membuat mereka bangga.

Momen ini akan menjadi motivasi Anda saat suatu hari nanti Anda merasa lelah dan ingin berhenti.

Jangan Dipertahankan Jika Tipe Teman Kamu Seperti Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: 30+ Kata-kata Bijak Theodore Roosevelt yang Akan Mengubah Hidup Anda!]

 

#5 Momen Ketika Anda Melakukan Hal Kemanusiaan

Salah satu cara mengapresiasi hidup seringkali justru datang saat Anda berbagi dengan sesama. Pernahkah Anda bergabung dalam suatu aktivitas sebagai volunteer? Bagaimana perasaan Anda saat bergabung dalam kegiatan tersebut?

Banyak orang jadi merasa berharga dan berguna bagi orang lain saat mereka turun sebagai volunteer dan berbagi dengan orang lain.

Selain itu, menjadi volunteer juga memberikan Anda puas dan bangga saat melihat orang lain tersenyum tulus atas apa yang telah Anda lakukan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#6 Momen Ketika Anda Memiliki Hubungan Baik Dengan Seseorang

Hubungan baik juga bisa menjadi sesuatu yang patut Anda apresiasi dalam hidup. Baik itu hubungan Anda dengan keluarga, sahabat, pasangan, atau bahkan hubungan baik dengan orang yang baru saja Anda kenal.

Memiliki hubungan baik dengan seseorang dapat membantu Anda menjalani hidup dengan lebih nyaman.

Karena dengan menjaga hubungan baik dengan orang lain, Anda akan mendapat aliran energi positif dan juga memberikan balik energi positif kepada orang lain.

Hargailah momen ini dengan memberi apresiasi yang layak bagi orang tersebut. Jangan sampai Anda kehilangan momen yang berharga ini karena ketidakpedulian Anda terhadap apa yang terjadi di sekitar Anda.

 

#7 Momen Dari Ucapan Maaf, Tolong, Dan Terima Kasih

Saat Anda keluar dari toko, Anda pasti sering mendapatkan ucapan terima kasih dari pegawai toko tersebut sambil tersenyum. Apa yang biasa Anda lakukan sebagai balasannya?

Jika biasanya Anda hanya menganggapnya sambil berlalu, cobalah membalas hal tersebut dengan terima kasih atau sekedar anggukan kepala sambil tersenyum.

Hal sederhana seperti itu dapat menimbulkan perasaan hangat yang menyenangkan dalam diri Anda.

Orang lain akan lebih mudah memberikan penghargaan pada Anda saat Anda menunjukkan bahwa Anda layak dihargai.

Salah satunya adalah dengan bersikap sopan dan menghargai apa yang ia lakukan meskipun dengan cara-cara sederhana. Seperti ucapan maaf, tolong, dan terima kasih pada waktu yang tepat.

Ucapan maaf, tolong, dan terima kasih adalah ucapan yang singkat dan sederhana namun seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal saat diucapkan, 3 ucapan sederhana ini mampu memberikan arti yang mendalam.

 

Mengapresiasi Setiap Momen Dalam Hidup

Itulah beberapa momen dalam hidup yang perlu Anda apresiasi dalam hidup. Cobalah untuk melakukannya dan menikmati makna yang ada dalam setiap momen tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengapresiasi hidup Anda dan menemukan kebahagiaan dalam hidup yang Anda jalani.

 

Menurut Anda, apalagi momen dalam hidup yang sering orang lakukan agar lebih mampu mengapresiasi hidup yang mereka jalani? Tuliskan pendapat Anda dengan menuliskannya di kolom komentar ya.

 

Sumber Referensi:

  • Sekar Jatiningrum. 27 September 2018. 9 Hal yang Harus Kamu Apresiasi dalam Hidup, Sudah Belum? Idntimes.com – https://goo.gl/RGhLqM

 

Sumber Gambar:

  • Apresiasi Hidup 1 – https://goo.gl/i2YAz4
  • Apresiasi Hidup 2 – https://goo.gl/aZq3Tr
  • Apresiasi Hidup 3 – https://goo.gl/RFia3D
  • Apresiasi Hidup 4 – https://goo.gl/W1cAG7