Familiar dengan moto YOLO, You Only Live Once? Hati-hati terjebak dalam moto tersebut, Anda harus tahu bagaimana cara menikmati hidup dan menggunakan uang dengan bijak.

Ada keuntungannya bila Anda mempelajari teknik ini dengan benar, lho. Kali ini Finansialku akan membahas cara menikmati hidup dan menggunakan uang ala YOLO.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

YOLO, You Only Live Once

Kita hidup hanya sekali, itulah mengapa menikmati hidup adalah hal yang bisa kita lakukan untuk mensyukuri anugerah Tuhan ini.

Namun, kita harus bisa menikmati hidup dengan tetap mengikuti aturan-aturan yang berlaku di sekitar kita. Salah satu aturan yang ada adalah mengenai alat tukar uang.

Memang, uang bukanlah yang terpenting. Namun untuk bertahan hidup, uang adalah satu hal yang penting.

Untuk bisa meraih tiga hal dasar di kehidupan setiap manusia, tentu kita membutuhkan uang. Tapi, seperti yang Anda ketahui, tidaklah mudah untuk mendapatkan uang.

Untuk itu, sifat hemat sangat dibutuhkan. Menghemat bukan berarti harus menahan semua keinginan.

Untuk dapat berhemat, Anda harus bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Dengan begitu, Anda bisa memilah pengeluaran Anda.

Tergiur untuk membeli barang yang bukanlah prioritas kita memang kelemahan setiap manusia. Namun, kita harus bisa menahan hawa nafsu yang akan membawa kita kepada gaya hidup boros.

20 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan 03 Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook]

 

Tapi, tidak ada salahnya lho untuk memanjakan diri sekali-kali dengan uang yang Anda miliki. Seperti slogan di atas, hidup ‘kan hanya sekali. Kalau tidak dibeli sekarang, kapan lagi?

Boleh-boleh saja Anda menerapkan moto YOLO dalam kehidupan Anda, tapi ketahui kiat bijak dalam menggunakan uang untuk hidup yang hanya sekali ini.

Untuk memahami pembahasan di bawah ini, ketahui kiat-kiat mengatur keuangan dengan mengunduh ebook perencanaan keuangan untuk usia 30-an dari Finansialku!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Cara Menikmati Hidup dan Menggunakan Uang

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk bisa menikmati hidup sambil tetap mengatur uang dengan bijak:

 

Cara 1: Bepergian dengan Sedikit Barang

Apabila Anda senang traveling, alangkah bijaknya bila Anda bepergian dengan membawa sedikit barang saja. Apabila seseorang bepergian tanpa banyak beban, konon katanya, kesehatan jiwanya bisa lebih baik daripada yang membawa banyak barang lho.

Manfaat lain dari membawa sedikit barang adalah Anda tidak perlu repot untuk memikirkan bagaimana cara membawanya dan apakah ada barang yang tertinggal.

Cara ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda, lho! Bayangkan bila Anda koper Anda terlalu berat dan Anda harus membeli bagasi tambahan di pesawat. Tentunya biayanya tidak sedikit.

 

Cara 2: Memulai Karier yang Sesuai Dengan Passion

Passion setiap orang tentu berbeda. Bekerja lah sesuai dengan passion yang ada dalam diri Anda. Dengan begitu, Anda bisa bekerja dengan tanpa beban.

Manfaatkan passion tersebut untuk bisa menikmati hidup dengan uang yang Anda dapatkan dari hasil jerih payah Anda.

Lakukan 7 Kebiasaan Pebisnis 01 Finansialku

 [Baca Juga: Segera Bebas Keuangan dan Jadi Bos atas Uang Anda]

 

Cara 3: Bekerja Boleh, Tetapi Kebutuhan Istirahat Harus Terpenuhi

Walau Anda ingin bekerja keras untuk mendapat uang, jangan terlalu memforsir tubuh Anda sendiri.

Sehat itu mahal, sehingga untuk mempertahankan diri agar tetap sehat, kebutuhan jasmani seperti istirahat harus terpenuhi.

Miliki istirahat yang efektif dan berkualitas. Istirahat yang efektif dan berkualitas bukanlah tidur yang lama, jadi jangan khawatir tentang jangka waktu tidur.

Andalah yang mengenal diri Anda sendiri, beristirahatlah sampai Anda merasa diri Anda sudah siap untuk bekerja dan beraktivitas kembali.

 

Cara 4: Minimalkan Utang Kartu Kredit

Kartu kredit memang sering menjadi pilihan saat terdesak. Namun, menggunakan kartu kredit sama saja dengan berutang.

Lebih baik untuk tidak mengandalkan penggunaan kartu kredit yang pada dasarnya adalah utang.

Slide Do’s and Don’ts Penggunaan Kartu Kredit yang Benar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah?]

 

Sebenarnya, berutang itu boleh saja asal bentuknya produktif. Tidak seperti utang konsumtif yang hanya untuk kesenangan pribadi, utang produktif merupakan utang yang tujuan peminjamannya adalah untuk mendapatkan manfaat finansial.

 

Cara 5: Tabungan Lebih Banyak dari Pengeluaran

Banyak orang yang masih mengira bahwa berhemat adalah menyisihkan uang. Namun, pola pikir itu ternyata salah. Uang yang kita sisihkan seharusnya lebih banyak dari uang yang kita belanjakan.

Dengan kata lain, kita harus mengalokasikan terlebih dahulu uang yang hendak ditabung tiap bulannya. Setelah itu, barulah sisa uang dihabiskan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dengan begitu, tabungan akan meningkat pesat. Bahkan, bersenang-senang akan mudah sekali dilakukan jika sudah memiliki banyak uang dari hasil menabung.

 

Cara 6: Investasikan Lebih Awal dan Sering

Ada berbagai macam jenis investasi. Ada baiknya untuk memilih salah satu jenis investasi yang jelas keuntungannya, misalnya saja investasi emas atau investasi tanah.

Pemilihan jenis investasi harus tergantung pada kepercayaan orang dan kemampuan untuk berinvestasi.

Dalam berinvestasi, kita harus memperhitungkan, tidak hanya keuntungan jangka pendek namun juga keuntungan jangka panjang yang bisa diraih.

Sama seperti poin sebelumnya, berinvestasi bijaknya dilakukan di awal bukan di akhir. Itu artinya, setelah mendapat gaji atau pemasukan, hal yang pertama harus kita lakukan adalah mengalokasikan sebagian uang untuk ditabung dan diinvestasikan.

Kerja di Luar Negeri Yuk Miliki Gaya Hidup Hemat dengan Cara Ini! 02 - Finansialku

 

[Baca Juga: Strategi Single Parent Mengatur Keuangan Keluarga: Harta Gono Gini dan/atau Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

 

Lalu, bagaimana mengetahui berapa jumlah uang yang harus ditabung dan diinvestasikan?

Mudah saja! Kelola keuangan Anda, mulai dari mencatat pemasukan hingga membuat anggaran keuangan.

Kedengarannya sulit, ya? Tidak sama sekali! Anda bisa dengan mudah melakukan perencanaan keuangan dengan Aplikasi Finansialku!

Dengan bantuan Aplikasi Finansialku, Anda dapat mengelola keuangan dalam waktu yang singkat!

Anda bisa download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik link berikut ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara 7: Lunasi Utang-utang

Memiliki banyak uang tapi tetap memiliki utang bukanlah hal yang bagus. Sebelum mulai untuk menabung, lunasi terlebih dahulu semua utang yang Anda miliki.

Setelah semuanya utang lunas, Anda bisa menabung dengan tenang!

 

Cara 8: Sembunyikan Kartu Kredit Anda

Apakah Anda orang yang ringan tangan terhadap kartu kredit? Maksudnya, Anda sering bertransaksi dengan kartu kredit tanpa berpikir dua kali.

Jika iya, keluarkan kartu kredit Anda dari dompet dan sembunyikan di laci kamar Anda. Dengan begitu, Anda bisa menahan penggunaan kartu kredit untuk hal-hal yang sangat penting.

YOLO You Only Live Once Bagaimana Cara Menikmati Hidup dan Menggunakan Uang 02 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisnis, Pilih Kredit Multi Guna, KTA, Kartu Kredit, Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja?]

 

Cara 9: Bangun Aset

Memiliki banyak aset adalah salah satu bentuk investasi. Investasi yang menguntungkan tentu akan mendatangkan banyak hal positif.

Aset biasanya berbentuk benda, seperti gedung atau mobil. Pada dasarnya investasi berupa aset dan menabung di bank memiliki tujuan yang sama, yakni mengumpulkan harta untuk mendapat keuntungan di masa depan.

Perbedaannya, menabung di bank cenderung menghasilkan keuntungan rendah karena suku bunga yang kecil. Sementara, investasi berbentuk aset menjanjikan imbal hasil yang lebih tinggi.

 

Cara 10: Buat Penghasilan Pasif

Apa itu penghasilan pasif? Penghasilan pasif adalah ketika seseorang tidak bekerja tapi tetap mendapatkan penghasilan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memiliki penghasilan pasif adalah dengan berinvestasi.

Sudah dikatakan di atas bahwa investasi memiliki banyak manfaat, salah satunya membuat uang Anda bekerja untuk Anda, bukan lagi Anda yang perlu bekerja untuk mendapat uang.

 

Menikmati Hidup Bukan Berarti Boros

Banyak orang yang sering mengartikan bahwa menikmati hidup bisa dilakukan dengan cara berlibur dan makan di restoran mahal.

Menikmati hidup bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya bersepeda bersama keluarga atau sekadar menonton film kesukaan dengan orang tersayang.

Persepsi yang mengatakan bahwa menikmati hidup berarti harus menghabiskan uang banyak harus segera diganti bahwa menikmati hidup adalah bagaimana kita bisa menghabiskan waktu secara bahagia dan bermanfaat.

Menghabiskan waktu dengan orang dekat dan keluarga tentu bisa dimanfaatkan untuk menikmati hidup. Jadi, bagaimana cara menikmati hidup versi Anda?

 

Bagaimana cara Anda menikmati hidup agar bisa menggapai kesehatan finansial? Apa saja cara-cara yang paling relevan dengan kehidupan Anda saat ini?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas dengan mendiskusikan informasi penting ini pada rekan yang juga ingin menikmati hidup dan menggunakan uang, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Paul B. Brown. 15 Juli 2016. Personal Finance Book for Millennials Advises Starting With Lifestyle Goals. Nytimes.com – https://goo.gl/bh1XYU

 

Sumber Gambar:

  • You Only Live Once – https://goo.gl/KTeqBc
  • Kartu Kredit – https://goo.gl/MRp2Ub