ASEAN adalah organisasi multinasional yang menaungi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Lalu, apa latar belakang organisasi ini?

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut, silakan baca ulasan berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sejarah ASEAN

Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) atau dalam Bahasa Indonesia disebut Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA), merupakan organisasi yang diinisiasi oleh 5 negara, yakni Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Thailand.

ASEAN dibentuk sebagai reaksi atas pertentangan dua negara super power, yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet. Keduanya menjadikan kawasan ini sebagai area persaingan ideologi. Seperti pada Perang Vietnam.

Sebelum ASEAN, telah ada beberapa organisasi yang dibentuk, antara lain South East Asia Treaty Organization (1954), Association of Southeast Asia (1961), dan Malaysia-Filipina-Indonesia (1963).

Peringati Hari ASEAN Sejarah dan Fakta Unik ASEAN, Baca Yuk! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Ketahui Industri Asuransi Global ASEAN yang Inspiratif!]

 

Berangkat dari berbagai masalah yang ada, beberapa pemimpin negara Asia Tenggara berkumpul dan berkomitmen untuk membentuk suatu badan atau organisasi solid dan menyelesaikan hal-hal untuk kepentingan bersama.

Pada 8 Agustus 1967, 5 duta dari 5 negara, yakni Adam Malik (Menteri Luar Negeri Indonesia), Narsisco Ramos (Menteri Luar Negeri Filipina), Tun Abdul Razak (Wakil Perdana Menteri Malaysia), Sinnathamby Rajaratnam (Menteri Luar Negeri Singapura), serta Thanat Khoman (Menteri Luar Negeri Thailand) berkumpul di Bangkok untuk membahas rencana tersebut.

Di waktu yang sama, mereka menyepakati berdirinya ASEAN melalui Deklarasi Bangkok dengan misi One Vision, One Identity, One Community.

 

Fakta Unik ASEAN

Meski berada di satu kawasan, negara-negara Asia Tenggara memiliki ciri khasnya sendiri. Selalu ada kearifan lokal, kebiasaan, serta bentang alam yang menarik untuk dibahas.

Berikut fakta unik ASEAN yang patut kamu ketahui:

 

#1 ASEAN Memiliki Anggota yang Beragam

Asia Tenggara terkenal dengan kebudayaan yang begitu beragam. Sebut saja Indonesia yang memiliki 90 persen penduduk beragam Islam.

Sementara itu, 80 persen masyarakat Filipina menganut agama Katolik Roma. Di sisi lain, Thailand memiliki 95 persen penduduk Buddha.

Dalam hal pandangan hidup pun, setiap negara memiliki perbedaan mencolok. Malaysia terkenal dengan syariat Islam yang ketat. Thailand memiliki toleransi tinggi terhadap transpuan, dan sebagainya.

Peringati Hari ASEAN Sejarah dan Fakta Unik ASEAN, Baca Yuk! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Indeks Daya Saing Indonesia Ke-4 ASEAN, Turun 5 Peringkat Dunia]

 

#2 Jika Disatukan, Jumlah Penduduk ASEAN Menempati 3 Besar Dunia

Tiongkok masih menempati posisi sebagai negara dengan penduduk terbanyak, yakni 1,38 miliar. Di bawahnya, ada India yang memiliki penduduk sejumlah 1,32 jiwa. Sementara itu, ASEAN berada di peringkat tiga dengan 629 juta.

Menariknya, lebih dari setengah populasi di Asia Tenggara adalah anak muda produktif dengan rentang usia di bawah 30 tahun.

 

#3 Merupakan Rumah Bagi Banyak Perusahaan Kuat

Dalam rilis Forbes Global 2000 yang rilis tahun 2006, ASEAN memiliki 49 perusahaan kuat. Tujuh tahun kemudian, jumlahnya menjadi 74 perusahaan.

Jika dikalkulasikan dengan perusahaan dengan nilai pendapatan mencapai US$ 1 miliar, telah ada 227 perusahaan yang ada di sini.

 

#4 Empat dari 10 Anggota ASEAN adalah Produsen Ikan Terbesar Dunia

Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina adalah 4 negara ASEAN yang langganan masuk dalam 10 negara produsen ikan terbesar di dunia. Hal tersebut tak lepas dari potensi lautan di kawasan tersebut.

 

#5 Sekjen ASEAN Dipilih Berdasarkan Abjad

Berbeda dari organisasi kebanyakan, penunjukan Sekretaris Jenderal ASEAN dianugerahkan berdasarkan urutan abjad negara.

Maka, jika jabatan saat ini ditempati Dato Lim Jock Hoi dari Brunei Darussalam. Kepemimpinan akan dilanjutkan oleh Kamboja dengan ejaan Cambodia.

Indonesia telah 3 kali menempatkan wakilnya sebagai Sekjen ASEAN, yakni H.R. Darsono, Umarjadi Notowijono, serta Rusli Noor.

Peringati Hari ASEAN Sejarah dan Fakta Unik ASEAN, Baca Yuk! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Menyelami Makna dari 50+ Kata-kata Bijak Li Ka Shing yang Penuh Inspirasi]

 

#6 Tuan Rumah Konferensi Tingkat Tinggi Diurutkan Berdasarkan Abjad

Ternyata, tidak hanya pemilihan sekjen saja yang menggunakan abjad. Penunjukan tuan rumah KTT juga menggunakan prinsip serupa. Hal ini ditujukan agar tak terjadi kecemburuan di antara anggota.

Pada 2018 lalu, KTT dilaksanakan di Singapura. Sementara pada 2019, Thailand menjadi tuan rumah.

 

 

#7 Dari 5 Menjadi 10 Anggota

Sejak dibentuk pada 8 Agustus 1967, ASEAN telah menerima 5 anggota baru. Brunei Darussalam menjadi anggota keenam secara resmi pada 7 Januari 1984.

Kemudian, anggota ke tujuh sampai ke sepuluh berturut-turut adalah Vietnam (28 Juli 1995), Laos dan Myanmar (23 Juli 1997), serta Kamboja (30 April 1999).

 

Bangga Menjadi Warga Asia Tenggara

Asia Tenggara adalah rumah bagi banyak bangsa. Ratusan suku menempati wilayah ini dan hidup berdampingan. Kamu bisa ikut berkontribusi mengembangkan kawasan ini sesuai dengan passion-mu.

Misalnya jika kamu memiliki hobi traveling, kamu bisa merencanakan untuk berlibur ke negara-negara ASEAN. Selain berlibur, kamu juga bisa sambil mengembangkan potensi negara tersebut.

Ayo rencanakan dana liburan kamu untuk mengunjungi negara-negara di atas. Kamu bisa merencanakannya dengan fitur Rencana Keuangan Dana Liburan dalam aplikasi Finansialku.

Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui berapa dana yang harus kamu siapkan untuk berlibur sesuai dengan keuangan kamu, lho.

Download aplikasinya dan manfaat promo potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 untuk menjadi member premium. Tunggu apa lagi? Ayo, rencanakan liburan dan berkunjung ke negara-negara anggota ASEAN!

playstore icon
appstore icon

 

Itulah beberapa fakta unik tentang ASEAN. Sebagai warga negara yang baik, tidak ada salahnya tetap mendukung kemajuan negara sendiri dan negara tetangga, ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share pada Sobat Finansialku lainnya, terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Bagus Ramadhan. 02 Agustus 2017. 7 Fakta Mengagumkan Tentang ASEAN yang Bakal Berumur 50 Tahun. goodnewsformindonesia.id – https://bit.ly/39MWRNE
  • Dewa Putu Ardita Darma Putera. 08 Agustus 2019. Diperingati Setiap 8 Agustus, Ini Fakta-Fakta Unik ASEAN. Idntimes.com – https://bit.ly/2XmE9HB
  • Iswara N Raditya, Amri Hidayat. 08 Agustus 2019. Sejarah Berdirinya ASEAN & Alasan Diperingati Setiap 8 Agustus. Tirto.id – https://bit.ly/31aYFMy

 

Sumber Gambar:

  • Negara 1 – https://bit.ly/3gwUHUR
  • Negara 2 – https://bit.ly/31owRnU
  • Negara 3 – https://bit.ly/2XCRziQ