Baru saja resmi melantai di BEI, PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk. (AMOR) hari ini, sahamnya langsung naik 50% dalam beberapa jam.

Simak berita selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

MI Pertama di BEI

Perusahaan Manager Investasi (MI) PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) pada hari Selasa (14/01/2020) ini resmi mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui skema penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering/IPO.

Dengan melantainya Ashmore, maka Ashmore resmi menjadi manajer investasi pertama yang mencatatkan sahamnya di bursa Indonesia.

Pada perdagangan perdana ini, Ashmore menawarkan 111,11 juta saham atau setara 10% saham, dengan harga penawaran perdana Rp1.900 per lembar saham.

Dalam beberapa jam saja, saham perusahaan berkode “AMOR” ini langsung melonjak 50 persen menjadi Rp2.850 per lembar.

Ashmore Asset Management menjadi perusahaan kelima yang mencatatkan sahamnya di BEI sepanjang 2020 ini, dan menjadi perusahaan ke 673 yang tercatat di BEI.

Ashmore IPO, Saham Langsung Naik 50 Persen 02

[Baca juga: Cermati, Inilah Syarat Perusahaan untuk IPO]

 

Selain itu, AMOR juga melakukan program Employee Stock Alocation (ESA) sebesar 1,32 juta saham atau 1,19% dari saham yang ditawarkan saat IPO.

Adapun harga yang ditawarkan saat ESA sama dengan harga saham pada saat AMOR melakukan IPO.

Susunan kepemilikan saham AMOR setelah resmi melantai di pasar modal yaitu 60 persen dimiliki Ashmore Investment Management, 12,9 persen dimiliki PT Adiraksa Sarana, dan sisanya dimiliki publik.

 

Berhasil Meraup Dana Segar hingga 200 Miliar

Diketahui nilai kapitalisasi pasar AMOR telah mencapai 3,17 triliun. Dari hari perdana IPO ini, AMOR berhasil meraup dana hingga Rp211 miliar.

Adapun total frekuensi di awal perdagangan saham 15.764 kali dengan volume perdagangan 232,6 juta saham. Investor asing diketahui membeli saham Rp2,1 miliar di pasar regular.

AMOR berencana menggunakan dana Rp200 miliar ini untuk kebutuhan pengembangan infrastruktur untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan. Berikutnya, AMOR akan memanfaat sisanya untuk membentuk produk baru.

I Gede Nyoman Yetna, direktur penilaian perusahaan BEI, pada Selasa (14/1/2020) mengungkapkan:

“Melantainya Ashmore Asset Management sebuah langkah awal, selanjutnya dapat merealisasikan rencana strategis ke depan dengan proceed yang dihimpun.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama AMOR, Arif Cahyadi, mengatakan bahwa perjalanan amor Asset Management berjalan dengan singkat.

Ashmore Asset Management diketahui baru didirikan pada 2012 silam, lalu berkembang dengan sangat pesat.

“Dalam jangka singkat kami mampu tumbuh pesat dan mencapai di atas Rp 30 triliun pada akhir tahun 2019.

 

Saat ini Ashmore mengelola 18 produk Investasi Reksa Dana dan 9 kontrak pengelolaan dana.

Dalam IPO ini, Ashmore menunjuk PT Mandiri Sekuritas sebagai Penjamin Emisi Efek.

 

Bagaimana tanggapan Anda mengenai berita ini? Anda bisa mengutarakannya dalam kolom komentar di bawah ini.

Anda juga bisa bagikan informasi ini kepada rekan-rekan Anda.

 

Sumber referensi:

  • Akhmad Suryahadi. 14 Januari 2020. Resmi melantai, saham Ashmore Asset Management (AMOR) melesat 50% ke auto reject atas. Investasi.kontan.co.id – http://bit.ly/372d5jT
  • Fahmi Abidin. 14 Januari 2020. Ashmore Asset Management Resmi Jadi Emiten Baru, Siap Raup Rp211,11 Miliar. Idxchannel.com – http://bit.ly/35Qn9uD
  • Maulandy Rizky Bayu Kencana. 14 Januari 2020. IPO, Saham Ashmore Asset Management Naik 50 Persen. Liputan6.com – http://bit.ly/2FQZ7VG
  • Syahrizal Sidik. 14 Januari 2020. Ashmore Jadi MI Pertama Listing di BEI, Sahamnya Terbang 50%. CnbcIndonesia.com – http://bit.ly/2QPnVUo

 

Sumber Gambar:

  • Ashmore 01 – http://bit.ly/385yeJM
  • Ashmore 02 – http://bit.ly/2t76aXV