Untuk Anda pengguna asuransi Allianz yang ingin klaim asuransi untuk kendaraan, yuk ikuti tips ini agar klaim Anda bisa diterima.

Mengajukan klaim adalah hal yang mudah namun sulit. Alasannya, Anda harus memenuhi seluruh syarat pengajuan klaim agar klaim Anda dapat diterima.

Pada artikel ini, Anda akan diberikan tips pengajuan klaim oleh Finansialku yang dapat memastikan klaim Anda diterima.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Tips agar Klaim Asuransi Kendaraan Allianz dapat Diterima

Pada saat risiko terjadi, maka asuransi adalah tempat Anda mencari perlindungan atas kerugian. Begitu pula dengan risiko yang terjadi pada kendaraan Anda. Asuransi kendaraan ada untuk meminimalisasi kerugian dari risiko tersebut.

Mulai dari perbaikan mobil hingga biaya pengobatan apabila kecelakaan melukai pengendara mobil. Tanpa adanya asuransi kendaraan, kerugian yang harus Anda bayarkan pasti akan sangat besar.

Untuk memperbaiki atau mengurangi kerugian, Anda diharuskan untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan. Namun, banyak pengalaman klaim yang ditolak.

Sebenarnya, Anda hanya perlu memenuhi persyaratan dan ketentuan pengajuan klaim. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memastikan klaim Anda diterima.

Tips Klaim Asuransi Allianz Untuk Kendaraan Agar Bisa Diterima 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Saatnya Punya! Ini Alasan Harus Memiliki Asuransi Kendaraan]

 

#1 Mengerti Isi Polis Asuransi Kendaraan

Sebelum Anda melakukan klaim, sebaiknya Anda mempelajari dan mengerti isi polis asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan secara garis besar dibagi menjadi 2 jenis, asuransi mobil TLO (Total Loss Only) dan asuransi kendaraan all risk.

Perbedaan di keduanya adalah klaim hanya akan diterima jika kerusakan terjadi dalam sekian persen dari nilai mobil. Jika Anda memiliki asuransi kendaraan TLO, maka Anda tidak dapat mengajukan klaim untuk jenis kerusakan all risk.

Untuk asuransi kendaraan TLO, perusahaan asuransi hanya akan menerima klaim apabila nilai kerusakan mencapai 75% dari nilai mobil. Ini berarti mobil Anda rusak berat atau hilang karena pencurian.

Untuk asuransi kendaraan all risk, perusahaan asuransi akan menerima seluruh klaim mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat.

Karena perlindungan yang diberikan lebih menyeluruh, premi asuransi all risk lebih tinggi dibandingkan asuransi TLO.

Tips Klaim Asuransi Allianz Untuk Kendaraan Agar Bisa Diterima 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 3 Kerugian Membeli Asuransi Kendaraan TLO Untuk Mobil Baru]

 

#2 Langsung Menghubungi Perusahaan Asuransi

Jika mobil Anda mengalami kerusakan, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pihak asuransi. Anda harus melapor dalam jangka waktu maksimal 72 jam setelah kejadian.

Dengan berkembangnya teknologi, sangat ini Anda dapat melaporkan kejadian melalui aplikasi Allianz. Pada saat menghubungi pihak Allianz, Anda akan diminta data sebagai berikut:

  1. Nomor polis asuransi
  2. Nama pemilik polis
  3. Merek kendaraan
  4. Nomor polis kendaraan
  5. Kronologi kejadian berupa tanggal kejadian, tempat kejadian, kerugian benda, dan uraian singkat terjadinya kecelakaan/kerugian.

 

#3 Mengisi Formulir dan Melengkapi Dokumen

Anda dapat mengunduh formulir pengajuan klaim via online melalui situs resmi Allianz atau meminta langsung ke pihak asuransi.

Sebenarnya, Anda juga dapat mengisinya ketika mendatangi bengkel rekanan namun lebih baik Anda persiapkan terlebih dahulu daripada menunggu lama nantinya.

Jika Anda mengunjungi situs resmi Allianz, Anda juga dapat mengisi formulir pengajuan secara online. Agar proses klaim diterima dan lancar, sebaiknya Anda mengisi formulir dengan data yang akurat dan jujur serta detail.

Selain formulir, terdapat beberapa dokumen pelengkap yang dibutuhkan agar klaim asuransi mobil diterima, seperti:

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi SIM (Surat Izin Mengemudi)
  • Fotokopi STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

 

Untuk mempercepat proses klaim, Anda dapat menyediakan dokumen tersebut sebelum risiko terjadi.

Bila dibutuhkan, pihak asuransi kendaraan juga mungkin meminta foto bukti kerusakan dan surat keterangan polisi setempat (BAP).

BAP terutama diperlukan bila kendaraan mengalami rusak berat atau kecelakaan menyangkut pihak ketiga (bukan kecelakaan tunggal).

Tips Klaim Asuransi Allianz Untuk Kendaraan Agar Bisa Diterima 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Prosedur Klaim Asuransi Kendaraan yang Hilang]

 

#4 Mendatangi Bengkel Rekanan

Setelah Anda mempersiapkan seluruh berkas dengan lengkap, selanjutnya Anda dapat mendatangi bengkel rekanan. Biasanya daftar bengkel rekanan dapat Anda temukan di situs resmi perusahaan asuransi.

Anda pun dapat menghubungi pihak asuransi untuk mencari bengkel rekanan dengan lokasi yang paling dekat dengan Anda.

Jika Anda berada di luar kota, Anda pun dapat tetap mengajukan klaim selama dilakukan di bengkel yang bekerja sama.

Setelah Anda mengunjungi bengkel rekanan, pihak bengkel akan melakukan pengecekan dan menghubungi pihak asuransi.

Jika klaim Anda disetujui, maka mobil Anda akan segera diperbaiki. Jika tidak maka berarti klaim Anda ditolak.

 

#5 Membayar Biaya

Dengan asuransi kendaraan, Anda hanya perlu membayar biaya risiko sendiri (own risk) atau biaya yang ditanggung nasabah asuransi yang besarannya telah ditetapkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Biasanya per kejadian, Anda hanya perlu membayar Rp 300 ribu dan sisanya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Ada pula yang menggunakan sistem reimburse yang mana Anda harus membayar dahulu seluruh biaya yang dikenakan bengkel kemudian meminta penggantian biaya ke perusahaan asuransi.

Oleh karena itu, jangan pernah melakukan perbaikan di bengkel non-rekanan karena hal tersebut mungkin akan mengakibatkan perbedaan harga yang mana selisihnya akan menjadi tanggung jawab Anda.

Tips Klaim Asuransi Allianz Untuk Kendaraan Agar Bisa Diterima 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Asuransi untuk Kendaraan Ojek Online?]

 

Lengkapi Seluruh Tahapan agar Diterima

Seluruh tahapan di atas memang sederhana namun sangatlah penting untuk memastikan bahwa klaim Anda diterima. Jika ada yang dapat Anda sediakan sebelum risiko terjadi, maka sediakanlah. Lebih baik sedia payung sebelum hujan, betul?

Sebagai tambahan informasi, yuk cek video berikut ini mengenai cara kerja asuransi agar Anda tidak salah paham.

 

Demikian tips-tips yang dapat Anda lakukan agar klaim asuransi kendaraan Anda diterima. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Tips agar Klaim Asuransi Kendaraan Dapat Diterima. Allianz.co.id – https://bit.ly/2X4RjK1

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Allianz 1 – https://bit.ly/2RRE105
  • Asuransi Allianz 2 – https://bit.ly/34Ya97H
  • Asuransi Allianz 3 – https://bit.ly/2XNoOB1
  • Asuransi Allianz 4 – https://bit.ly/34Mhs20