Ini 3 Kerugian Membeli Asuransi Kendaraan TLO Untuk Mobil Baru

Asuransi kendaraan dibagi menjadi asuransi mobil comprehensive dan asuransi TLO.

Kedua asuransi ini memiliki kekurangan dan kelebihan, tetapi untuk mobil baru, sebaiknya Anda memilih asuransi comprehensive. Artikel ini akan membahas 3 kerugian membeli asuransi kendaraan TLO untuk mobil baru.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kendaraan Mobil: Asuransi TLO

Asuransi mobil TLO adalah singkatan dari asuransi mobil Total Loss Only. Sesuai dengan namanya, asuransi TLO adalah asuransi yang mana pertanggungan yang diberikan hanya sebatas pada kehilangan dan penggantian biaya akan dilakukan jika kerusakan melebihi 75% dari harga pertanggungan.

Ini berarti jika kerusakan tidak lebih dari 75% harga mobil yang diasuransikan, maka perusahaan asuransi tidak akan menerima klaim. Hal ini berbeda dengan asuransi mobil comprehensive.

Kerugian Membeli Asuransi Kendaraan TLO Untuk Mobil Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda Tentang Asuransi Mobil Syariah? Penasaran?]

 

Penggantian biaya untuk kerusakan kecil seperti tergores atau lecet biasanya beragam dan tergantung pada kerusakan dari mobil tersebut dan sisanya menjadi tanggungan konsumen.

Karena perlindungan yang ditawarkan sangat terbatas, asuransi mobil TLO memiliki rasio premi yang jauh lebih rendah dibandingkan asuransi mobil comprehensive.

Walaupun jumlah preminya rendah, tidak berarti asuransi TLO akan lebih menguntungkan. Jika Anda memiliki mobil baru, asuransi kendaraan TLO, kurang disarankan.

 

3 Kerugian Membeli Asuransi Kendaraan TLO untuk Mobil Baru

Berikut adalah 3 kerugian yang akan Anda rasakan jika memiliki asuransi TLO untuk mobil baru.

 

#1 Risiko Atas Kepemilikan Kendaraan Tidak Hanya Sekadar Hilang atau Hancur

Ketika Anda memiliki mobil baru, pasti Anda akan semaksimal mungkin menjaga mobil tersebut agar tidak terbaret atau rusak. Tetapi, risiko atas kepemilikan kendaraan pasti tetap saja ada.

Walaupun Anda telah hati-hati, tidak menutup kemungkinan mobil atau kendaraan lain yang menabrak Anda. Ini hanya kerusakan akibat ketidakhati-hatian.

Bayangkan jika kerusakan yang disengaja orang lain, seperti kaca spion yang diambil atau bagian mobil yang dicongkel. Pasti semua hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Prosedur Klaim Asuransi Kendaraan yang Hilang 01

[Baca Juga: Apakah Asuransi Mobil All Risk Selalu Lebih Untung Daripada Asuransi Mobil Total Lost Only?]

 

Jika Anda memiliki asuransi TLO, maka kerusakan minor seperti di atas, tidak akan dijamin oleh asuransi. Ini berarti, premi yang telah Anda bayar menjadi sia-sia karena Anda tidak mendapatkan jaminan atas risiko yang terjadi.

Anda harus mengeluarkan Rp500 ribu untuk memperbaiki badan mobil, atau Rp200 ribu untuk memoles lecet pada mobil dan lebih banyak lagi untuk kerusakan lainnya.

Mau tidak mau dana tersebut harus Anda keluarkan agar mobil baru Anda terlihat bagus. Dana yang dikeluarkan itu juga merupakan uang pribadi Anda.

Tetapi jika Anda memiliki asuransi comprehensive, maka hanya dengan membayar Rp300 ribu untuk pengurusan klaim, Anda dapat memperbaiki kerusakan mobil mulai dari yang kecil bahkan hingga kerusakan yang mencapai 50% kondisi mobil.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Pada Akhirnya, Asuransi TLO Hanya Menyiakan Uang Anda

Asuransi TLO memiliki premi yang tergolong lebih rendah, sehingga Anda terkesan lebih hemat.

Tetapi, jika Anda tetap harus menghabiskan uang untuk merawat kerusakan kecil, lebih baik Anda membayar premi yang lebih mahal dan kerusakan tersebut dapat dijamin oleh perusahaan asuransi.

Selain itu, kerusakan 75% atau kehilangan biasanya akan terjadi ketika pemilik kendaraan lengah. Namun seberapa lengah Anda ketika Anda mengetahui bahwa kendaraan yang Anda miliki sekarang adalah baru? Tentu Anda akan lebih berhati-hati.

Perbedaan Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kecelakaan Diri 03 Finansialku

[Baca Juga: Mari Kenali Program Asuransi Mobil ‘Asuransi No Klaim Uang Kembali’]

 

Jika pada akhir masa asuransi, Anda tidak melakukan klaim, maka uang klaim Anda akan hangus. Jika Anda memilih asuransi TLO dengan fitur pengembalian premi, maka Anda akan mendapatkan uang klaim kembali. Pengembalian tersebut tentu tidak seindah yang Anda bayangkan.

Terdapat potongan untuk biaya lain yang ada di dalam asuransi, dan pada akhirnya Anda hanya akan dikembalikan 70% dari total premi yang telah Anda setorkan.

Jika memang Anda tidak dapat melakukan klaim atas kerusakan minor dan Anda harus mengeluarkan uang pribadi ekstra, maka sama saja asuransi TLO yang Anda miliki sia-sia.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#3 Jika Terjadi Kehilangan, Perusahaan Asuransi Tidak Akan Mengganti 100% dari Harga Mobil

Walaupun mobil Anda masih tergolong baru dan Anda telah menghabiskan dana untuk memperbaiki kerusakan minor pada mobil Anda, ketika mobil Anda hilang, Anda tidak akan digantikan 100% harga mobil.

Tentu setiap nasabah akan mengharapkan penggantian yang maksimal, tetapi setiap tahunnya, harga mobil Anda akan menyusut.

Penyusutan harga mobil ini disebabkan oleh berbagai faktor, faktor teknis, misalnya dari kondisi mobil yang menurun, kerusakan dalam mesin mobil, mesin yang sudah rusak dan lain sebagainya hingga faktor ekonomis, seperti penyusutan nilai mobil, harga perolehan dan lainnya.

Mari Kenali Program Asuransi Mobil 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Prosedur Klaim Asuransi Kendaraan yang Hilang]

 

Penyusutan harga mobil ini juga yang menjadi faktor pihak asuransi tidak akan mengganti 100% dari harga mobil.

Jadi bila di tahun 2018 Anda membeli mobil seharga Rp200 juta, dan hilang di tahun 2019, maka pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan di bawah Rp200 juta, misalnya Rp160 juta.

Jika Anda ingin mendapatkan penggantian 100%, salah satu caranya adalah dengan memperbarui polis asuransi setiap tahunnya yang berarti jumlah premi Anda pun akan berbeda.

Polis asuransi tersebut akan diperbarui dengan masa jaminan 365 hari. Dengan cara ini, pertanggungan jaminan yang didapatkan dari asuransi TLO akan tetap 100% setiap tahun.

Namun hal ini akan sangat merepotkan, premi yang harus Anda bayar akan selalu meningkat. Jika memang Anda tahu pihak asuransi tidak akan mengganti 100% uang mobil Anda, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan asuransi all risk.

 

Pilih Asuransi TLO dengan Kondisi Tertentu

Tentu produk asuransi pasti diciptakan untuk melindungi dan mengurangi kerugian pemiliknya.  Begitu pula dengan asuransi TLO. Banyak kondisi yang membuat asuransi TLO menjadi lebih baik dibandingkan asuransi all risk.

Sebagai contoh jika Anda tinggal di wilayah yang rawan bencana alam, maka asuransi TLO akan memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh.

Selain itu, Anda juga dapat memiliki asuransi TLO dengan perluasan pertanggungan misalnya untuk banjir, huru hara dan lainnya.

anda-pemilik-mobil-ketahui-cara-klaim-asuransi-mobil-korban-banjir-finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahukah Anda Tentang Asuransi Mobil Comprehensive? Seperti Apa Asuransinya?]

 

Jika Anda sering menggunakan kendaraan untuk aktivitas sehari-hari, mobilitas Anda tinggi dan jalanan yang Anda lalui memiliki risiko kecelakaan yang tinggi, maka asuransi TLO kurang tepat untuk Anda.

 

Sesuaikan Kebutuhan Asuransi dengan Keperluan

Agar Anda dapat memaksimalkan perlindungan yang didapatkan dari asuransi, sebaiknya pilih asuransi yang paling tepat untuk kondisi kendaraan serta lingkungan Anda.

 

Sudahkah Anda memiliki asuransi kendaraan? Di antara asuransi TLO dan asuransi comprehensive, yang mana yang Anda pilih untuk kendaraan Anda dan mengapa?

Bagikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini dan selamat menentukan asuransi yang pas untuk Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Aulia Akbar. 15 Maret 2018. 3 Kerugian Memilih Asuransi Kendaraan TLO Buat Mobil Baru. Moneysmart.id – https://goo.gl/YNbP6n

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kendaraan Mobil, Asuransi TLO 01 – https://goo.gl/NKz5Sf
  • Asuransi Kendaraan Mobil, Asuransi TLO 02 – https://goo.gl/WF4wG8
Summary
Ini 3 Kerugian Membeli Asuransi Kendaraan TLO Untuk Mobil Baru
Article Name
Ini 3 Kerugian Membeli Asuransi Kendaraan TLO Untuk Mobil Baru
Description
Asuransi kendaraan dibagi menjadi asuransi mobil comprehensive dan asuransi TLO. Kedua asuransi ini memiliki kekurangan dan kelebihan
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Ellen Chandra
Ellen Chandra, B. Sc, B. Econ, adalah seorang penulis freelance dengan fokus pada bidang finansial dan gaya hidup. Ellen Chandra menyelesaikan studi di jurusan Financial Mathematics dari universitas Xian Jiatong Liverpool

Leave A Comment